Minggu, 19 Januari 2025

MATERI AJAR KELAS 5 SELASA 21 JANUARI 2025

 

Hari/Tanggal : Selasa 21 Januari 2025
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Pancasila 
2. Bahasa Indonesia 
3. Ipas 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :
(Elemen : Bhineka Tunggal Ika)
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila dan meneladani sikap para perumus Pancasila; memahami hubungan sila-sila Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh dan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi negara; mengidentifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban; mempraktikkan musyawarah membuat kesepakatan dan aturan bersama; menghormati, menjaga dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila : Peserta didik mengidentifikasi keragaman Indonesia.

Assalamualaikum wr.wb


Apa kabar anak sholih/Sholihah? Semoga disemester 2 ini anak sholih/sholihah lebih semangat dan rajin lagi belajarnya.

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Sudah melaksanakan sholat subuh hari ini, ibu guru yakin anak-anak hebat ibu guru sudah melaksanakan sholat subuh semua. Hari ini kita akan belajar pendidikan pancasila dan matematika. Yuk kita mulai bel

Pendidikan Pancasila



Perhatikan vidio pembel;ajaran berikut :


 Kerjakan latihan berikut!
   1. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan pemberian dari....

a. Nenek moyang

b. Tuhan Yang Maha Esa

c. Presiden Tanah Air

d. Kedua orang tua


2. Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan berbunyi ....

a. Tut Wuri Handayani

b. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

c. Bhinneka Tunggal Ika

d. Ing Ngarsa Sung Tuladha


3. Asal bahasa semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" adalah dari ....

a. Jawa

b. Merauku

c. Latin

d. Sansekerta

4. Arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu ....

a. Perbedaan tetap harus disatukan

b. Perbedaan akan membawa kemajuan bila bersatu

c. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua

d. Keanekaragaman akan membawa kejayaan negara

5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....

a. Rakyat Indonesia Bersatu

b. Banyaknya konflik antar suku

c. Persenjataannya lengkap

d. Pemerintahan Indonesia kuat


Bahasa Indonesia


 

Menjelaskan kembali ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks yang dibacakan.

Ide pokok adalah topik yang menjadi pokok pengembangan sebuah paragraf. Dengan kata lain, ide pokok adalah intisari dari sebuah paragraf. Ide pokok diperkuat oleh ide pendukung. Artinya, ide pendukung memperkuat dan melengkapi ide pokok.

Untuk menemukan ide pokok, kalian perlu membaca sebuah paragraf dengan saksama. Temukan kalimat yang mewakili isi paragraf tersebut. Posisi kalimat yang menjadi ide pokok tersebut dapat di awal, di akhir, di awal dan akhir, dan di tengah paragraf. Kadang, kalian harus menyimpulkan ide pokok tersebut dengan kalimat kalian sendiri. Karena itu, kalian harus mencermati bacaan dengan sebaik-baiknya.
Nama ParagrafLetak Ide Pokok dalam Paragraf
deduktifAwal Paragraf
induktifAkhir paragraf
deduktif induktif (campuran)Awal dan akhir paragraf
ineratifTengah paragraf

IPAS



Asesmen kognitif

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu...

A. Indonesia memiliki iklim subtropis

B. bentang alam Indonesia yang sempit

C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas

D. Indonesia negara kepulauan yang luas

Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...

A. jenis                     B. genetic C. flora D. ekosistem

3. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu. . .

A. Indonesia memiliki iklim subtropis

B. bentang alam Indonesia yang sempit

C. Indonesia memiliki gurun pasir yang luas

D. Indonesia negara kepulauan yang luas

Perhatikan tabel berikut!

4. Hewan

1Burung Cendrawasih

2Burung Maleo

3Burung Celepuk Rinjani

4Burung Kakaktua Putih

Fauna khas Papua ditunjukkan oleh nomor. . .

A. 1 B. 2 C. 3 D. 4

5.Putri liburan ke Bali bersama keluarganya. Dia membeli sebuah boneka yang

berbentuk fauna khas daerah setempat. Boneka tersebut menyerupai . . .

A. macam tutul B. anjing kintamani

C. orang utan


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Senin 10 Maret 2025

Hari/Tanggal                              : Senin, 10 Maret 2025 Muatan  Pembelajaran              :   1.  Matematika                       ...