Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Pancasila
3. Ipas
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :
(Elemen : Bhineka Tunggal Ika)
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila dan meneladani sikap para perumus Pancasila; memahami hubungan sila-sila Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh dan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi negara; mengidentifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban; mempraktikkan musyawarah membuat kesepakatan dan aturan bersama; menghormati, menjaga dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.
Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila : Peserta didik mengidentifikasi keragaman Indonesia.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah? Semoga disemester 2 ini anak sholih/sholihah lebih semangat dan rajin lagi belajarnya.
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Sudah melaksanakan sholat subuh hari ini, ibu guru yakin anak-anak hebat ibu guru sudah melaksanakan sholat subuh semua. Hari ini kita akan belajar pendidikan pancasila dan matematika. Yuk kita mulai bel
a. Nenek moyang
b. Tuhan Yang Maha Esa
c. Presiden Tanah Air
d. Kedua orang tua
2. Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan berbunyi ....
a. Tut Wuri Handayani
b. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
c. Bhinneka Tunggal Ika
d. Ing Ngarsa Sung Tuladha
3. Asal bahasa semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" adalah dari ....
a. Jawa
b. Merauku
c. Latin
d. Sansekerta
4. Arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu ....
a. Perbedaan tetap harus disatukan
b. Perbedaan akan membawa kemajuan bila bersatu
c. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua
d. Keanekaragaman akan membawa kejayaan negara
5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....
a. Rakyat Indonesia Bersatu
b. Banyaknya konflik antar suku
c. Persenjataannya lengkap
d. Pemerintahan Indonesia kuat
Bahasa Indonesia
Menjelaskan kembali ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks yang dibacakan.
Nama Paragraf | Letak Ide Pokok dalam Paragraf |
---|---|
deduktif | Awal Paragraf |
induktif | Akhir paragraf |
deduktif induktif (campuran) | Awal dan akhir paragraf |
ineratif | Tengah paragraf |
Ipas
Asesmen kognitif
Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu...
A. Indonesia memiliki iklim subtropis
B. bentang alam Indonesia yang sempit
C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas
D. Indonesia negara kepulauan yang luas
Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...
A. jenis B. genetic C. flora D. ekosistem
3. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu. . .
A. Indonesia memiliki iklim subtropis
B. bentang alam Indonesia yang sempit
C. Indonesia memiliki gurun pasir yang luas
D. Indonesia negara kepulauan yang luas
Perhatikan tabel berikut!
4. Hewan
1Burung Cendrawasih
2Burung Maleo
3Burung Celepuk Rinjani
4Burung Kakaktua Putih
Fauna khas Papua ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
5.Putri liburan ke Bali bersama keluarganya. Dia membeli sebuah boneka yang
berbentuk fauna khas daerah setempat. Boneka tersebut menyerupai . . .
A. macam tutul B. anjing kintamani
C. orang utan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar