Hari : Selasa, 24 September 2024
Fase/Kelas: C/5
Muatan Pembelajaran
- Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
- IPAS : Sistem Pernapasan
- Pend. Pancasila : Gotong Royong dalam keberagaman
Media Pembelajaran : Video, Game Puzzle
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya;
Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia, mempelajari berbagai jenis buku baik fiksi maupun non fiksi dan membandingkan teks fiksi dan nonfiksi.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Bahasa Indonesia
Mengenal teks fiksi dan non fiksi berdasarkan isi
Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Jika kalian sudah memahami bentuk teks fiksi dan non fiksi ayo kerjakan latihan berikut.
IPAS
Tiap mahluk hidup pasti harus bernapas untuk tetaphidup. Coba kalian tarik napas kemudian tahan beberapasaat, apa yang kalian rasakan? Mengapa demikian?
Mari Simak video berikut
Berikut adalah Organ Pernapasan Manusia
Sekarang mari berlatih!
Pend. Pancasila
Gotong Royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara berasama-sama sesuai dengan pengamalan nya yaitu pancasila sila ke 3 berbunyi Persatuan Indonesia. Artinya kegiatan gotong royong ini memiliki makna yang dapat menyatukan masyarakat untuk menghasilkan nilai positif diantaranya Persatuan, Rela Berkorban, Tolong Menolong, Kekeluargaan.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah
Ibu guru akhiri wassalammualaikum wr.wb
Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar.
Pada Materi Bahasa Indonesia, peserta didik mampu membedakan perbedaan isi buku fiksi dan nonfiksi, tetapi ada 2 siswa yang belum dapat membedakan berdasarkan isi.
Pada materi IPAS, peserta didik seluruhnya bisa menyebutkan bagian organ pernafasan, namun masih ada 8 siswa yang masih belum dapat mengidentifikasi organ pernapasan secara runtut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar