Senin, 23 September 2024

Materi Ajar, Selasa 24 September 2024

Hari : Selasa, 24 September 2024

Fase/Kelas: C/5

Muatan Pembelajaran

  1. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
  2. IPAS : Sistem Pernapasan
  3. Pend. Pancasila : Gotong Royong dalam keberagaman

Media Pembelajaran : Video, Game Puzzle

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya;

Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia, mempelajari berbagai jenis buku baik fiksi maupun non fiksi dan membandingkan teks fiksi dan nonfiksi. 

Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih/Sholihah?

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Bahasa Indonesia

Mengenal teks fiksi dan non fiksi berdasarkan isi

Isi Buku

Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?

Jika kalian sudah memahami bentuk teks fiksi dan non fiksi ayo kerjakan latihan berikut.


IPAS

Tiap mahluk hidup pasti harus bernapas untuk tetaphidup. Coba kalian tarik napas kemudian tahan beberapasaat, apa yang kalian rasakan? Mengapa demikian?

Mari Simak video berikut

Berikut adalah Organ Pernapasan Manusia

Sekarang mari berlatih!

Pend. Pancasila

Gotong Royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara berasama-sama sesuai dengan pengamalan nya yaitu pancasila sila ke 3 berbunyi Persatuan Indonesia. Artinya kegiatan gotong royong ini memiliki makna yang dapat menyatukan masyarakat untuk menghasilkan nilai positif diantaranya Persatuan, Rela Berkorban, Tolong Menolong, Kekeluargaan.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah

Ibu guru akhiri wassalammualaikum wr.wb

Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar.

Pada Materi Bahasa Indonesia, peserta didik mampu membedakan perbedaan isi buku fiksi dan nonfiksi, tetapi ada 2 siswa yang belum dapat membedakan berdasarkan isi.

Pada materi IPAS, peserta didik seluruhnya bisa menyebutkan bagian organ pernafasan, namun masih ada 8 siswa yang masih belum dapat mengidentifikasi organ pernapasan secara runtut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jum’at 4 Oktober 2024

Hari : Jumat, 4 Oktober 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Sistem Pencernaan Media Pembelajaran : Video dan Wordwall Capaian Pembelajaran IPAS ...