Hari : Senin, 23 September 2024
Fase/Kelas : C/5
Muatan Pembelajaran :
- Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
- Matematika : Bilangan Pecahan
- Seni Rupa : Jenis Ritme
Media Pembelajaran : Video/PPT, game interaktif wordwall
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Capaian Pembelajaran Seni Rupa
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik
menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Bahasa Indonesia
Teks fiksi dan non fiksi
Mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku.
1. Sampul Buku
Perhatikan dua sampul buku berikut. Manakah yang termasuk buku fiksi dan nonfiksi? Bagaimana cara kalian mengenalinya?
2. Daftar Isi
Bagian dalam buku terdiri atas banyak halaman. Di dalamnya, terdapat daftar isi dan juga teks. Sekarang, perhatikan daftar isi dari teks berikut ini. Manakah yang merupakan daftar isi dari buku fiksi dan manakah yang merupakan daftar isi dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
3. Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Ayo Berlatih!
Matematika
Membandingkan Pecahan
Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar.
Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
Menemukan Penyebut yang Sama
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.
5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Ayo Berlatih!
SOAL NO. 1
Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai...
A. ⅛ B. 3 C. ⅓ D. 4/8
SOAL NO. 2.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO. 3.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO 4
13 . . . 53
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO.5
. 4/5 …. 7/10.
Tanda yang tepat diletakkan di tengah angka 4/5 dan 7/10 yaitu…
A. < B.= C.+ D.>
Seni Rupa
Menggambar batik dengan jenis ritme
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah
Ibu guru akhiri wassalammualaikum wr.wb
Kesimpulan : Alhamdulillah pada materi bahasa indonesia siswa dapat menentukan jenis buku fiksi dan non fiksi, dan pada materi matematika 22 dari 24 siswa sudah memahami bentuk pecahan campuran dan pecahan murni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar