Hari : Rabu, 25 September 2024
Fase/Kelas: C/5
Muatan Pembelajaran :
- Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
- Matematika : Bilangan Pecahan
- Pendidikan Pancasila : Gotong Royong
Media Pembelajaran : Video, Buku Fiksi dan Non Fiksi
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat membandingkan pecahan dan mengidentifikasi buku fiksi dan non fiksi
Matematika
Mari simak video berikut
SOAL NO. 1
Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai...
A. ⅛ B. 3 C. ⅓ D. 4/8
SOAL NO. 2.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO. 3.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO 4
13
. . .
53
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO.5
. 4/5 …. 7/10.
Tanda yang tepat diletakkan di tengah angka 4/5 dan 7/10 yaitu…
A. < B.= C.+ D.>
Pancasila
Berdasarkan video di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Gotong royong adalah .......
2. Tuliskan 5 makna gotong royong sesuai sila-sila pancasila!
3. Tuliskan 3 contoh penerapan gotong royong di kota!
4. Tuliskan 3 contoh penerapan gotong royong di kabupaten!
5. Tuliskan 3 manfaat gotong royong!
Bahasa Indonesia
Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Jika kalian sudah memahami bentuk teks fiksi dan non fiksi ayo kerjakan latihan berikut.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah
Ibu guru akhiri wassalammualaikum wr.wb
Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik mampu membandingkan bilangan pecahan dengan penyebut yang sama dan berbeda, namun masih ada 3 orang peserta didik yang kurang teliti mengubah penyebut yang berbeda hal itu dilihat dari saat mereka mengerjakan latihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar