Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
Pembelajaran : 4 dan 5
Muatan Pembelajaran : B.indonesia , ips, pkn
Tujuan pembelajaran :
1.
Ayo Membaca
Kehidupan Nelayan Indonesia
Perhatikanlah
gambar di atas. Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat
pelelangan ikan di salah satu tempat di Banda Aceh, Provinsi Nangroe
Aceh Darusalam. Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para
pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan. Para pembeli di
pelelangan ikan, biasanya adalah para pedagang. Mereka akan menjual
kembali hasil tangkapan para nelayan ini, kepada para konsumennya.
Tempat
pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan. Akan tetapi,
jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk, tempat ini menjadi
sepi. Para nelayan tidak dapat melaut, sehingga mereka tidak punya hasil
tangkapan yang bisa dijual. Begitulah kehidupan para nelayan.
Para
nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Mereka
tidak menggunakan zat berbahaya seperti racun dan bom ikan yang akan
memusnahkan isi laut. Mereka menggunakan peralatan sederhana, seperti
jala ikan biasa dan menggunakan perahu nelayan tradisional. Ketika
perahu mereka telah penuh dengan muatan ikan, mereka akan kembali ke
pantai untuk menjual tangkapan mereka. Mereka harus memastikan laut
mereka tidak tercemar oleh zat-zat berbahaya yang dapat mengancam
kehidupan biota laut dan kehidupan mereka sendiri.
Kehidupan
para nelayan pun diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah
diturunkan dari nenek moyang mereka. Beberapa kegiatan seperti Perayaan
Petik Laut dilakukan untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa. Acara ini pun dimaksudkan agar mereka terlindung dari bahaya
dan laut menghasilkan banyak ikan untuk ditangkap.
Ayo Menulis
Buatlah
daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam
bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat
lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Paragraf | Hal-Hal Penting dari Bacaan |
---|---|
Pertama |
|
Kedua |
|
Ketiga |
|
Keempat |
|
Lalu, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan
isi bacaan di setiap paragraf, seperti yang telah dicontohkan pada
pembelajaran kedua. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam
bacaan. Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran
dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masing-masing paragraf. Berilah
keterangan hubungan antara isi bacaan dengan pokok pikiran di setiap
paragrafnya. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah
diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini
Garisbawahi
pokok pikiran di setiap paragraf dari bacaan di atas. Lalu buatlah
pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai. Kamu dapat
menggunakan kata tanya: apa, siapa, mengapa, kapan, bagaimana, dan di
mana.
Tuliskanlah pertanyaan dan jawabannya pada tempat yang tersedia berikut ini.
- Siapa saja yang bertemu di tempat pelelangan ikan? (Nelayan dan pedagang ikan)
- Kapan biasanya tempat pelelangan ikan ramai? (Setiap hari pada musim tangkap ikan)
- Bagaimana cara para nelayan harus memelihara laut tempat mencari ikan?(Tidak menggunakan zat berbahaya dan alat tangkap sederhana)
- Siapa yang mempengaruhi kehidupan para nelayan? (Nenek moyang mereka)
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.
Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan. Para nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Kehidupan para nelayan diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka.
Ayo Membaca
Kegiatan Pelelangan Ikan
Kegiatan
pelelangan ikan merupakan sebuah kegiatan pertemuan antara para nelayan
penangkap ikan sebagai penjual ikan dengan para pembeli, yang biasanya
adalah para pedagang ikan. Dalam pelelangan ikan, para pembeli akan
melakukan penawaran secara langsung yang dibantu oleh juru lelang. Para
juru lelang ini akan menawarkan harga, dari harga paling rendah yang
ditentukan penjual. Lalu para pembeli akan melakukan penawaran. Pembeli
dengan harga penawaran tertinggi akan mendapatkan barangnya.
Para
penjual adalah para nelayan yang biasanya menangkap ikan di laut secara
berkelompok. Hasil tangkapan ikan segar mereka, akan dibawa ke Tempat
Pelelangan Ikan (TPI) untuk ditimbang, lalu diletakkan berjajar dengan
hasil tangkapan nelayan yang lain. Setelah semua hasil tangkapan ikan
diletakkan dan semua pembeli siap melakukan pelelangan, juru lelang akan
memulai proses jual beli. Kegiatan pelelangan ini biasanya hanya
berlangsung beberapa jam saja, karena ikan segar harus segera
dipasarkan. Para nelayan penangkap ikan, berharap hasil tangkapannya
akan mendapatkan harga yang layak untuk memenuhi hidup keluarganya.
Hasil penjualan ikan ini pun, harus dibagi dengan nelayan dalam
kelompoknya.
Tempat Pelelangan Ikan
(TPI) biasanya dibangun di daerah pelabuhan ikan, dimana para nelayan
biasa berlabuh untuk membawa hasil tangkapannya. TPI biasanya dibangun
oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan
agar hasil tangkapannya mendapatkan harga yang baik untuk memenuhi
kehidupan keluarganya.
Pembeli ikan di tempat
pelelangan, biasanya adalah pedagang besar yang akan menjual kembali
hasil lelang ikan ke pasar-pasar. Para pembeli ikan ini tidak hanya
berasal dari daerah setempat, bisa juga berasal dari tempat yang lain.
Para pedagang ikan ini, akan menjual hasil laut terutama ke
daerah-daerah yang jauh dari pantai, seperti di kota atau di daerah
pegunungan. Oleh karenanya, para pedagang ini memerlukan alat
transportasi untuk membawa barang dagangannya ke daerah-daerah lain yang
membutuhkan.
Perhatikan kembali
gambar dan bacaan tentang kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan
di atas. Amatilah, siapa saja yang terlibat dalam kegiatan pelelangan
ikan tersebut? Apakah mereka mempunyai peran yang sama dalam kegiatan
tersebut? Bagaimana interaksi yang terjadi di antara mereka?
Bersama
dengan teman sebangkumu, cobalah untuk menentukan peran setiap orang
yang terlibat di dalam kegiatan pelelangan ikan tersebut. Tuliskanlah
hasil identifikasi di dalam tabel di bawah ini.
Hasil Pengamatan Gambar dan Bacaan | |
---|---|
Nelayan | Peran : Sebagai penjual ikan di TPI |
Juru Lelang | Peran : Menawarkan harga kepada calon pembeli |
Pedagang Besar | Peran : Menjual ikan ke daerah lain |
Penyedia alat transportasi | Peran : Membawa ikan dari TPI ke daerah lain |
Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari hasil pengamatanmu?
Setiap warga negara mempunyai peran berbeda serta memiliki hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.
Ayo Berlatih
Kamu
tentu tahu bahwa setiap warga negara, apa pun kegiatannya, memiliki hak
dan kewajiban tertentu. Setiap kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk
interaksi dengan lingkungannya, akan memberikan pengaruh secara ekonomi
dan sosial budaya dalam masyarakat tersebut.
Perhatikan
kembali kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan pada bacaan
sebelumnya. Banyak orang yang terlibat dalam kegiatan itu. Setiap yang
terlibat, memiliki peran yang berbeda agar kegiatan pelelangan itu
berjalan sesuai tujuannya. Orang-orang yang mempunyai peran berbeda
tersebut, juga memiliki hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang
lain.
Bersama dengan teman sekelompokmu,
lakukan pengamatan dan diskusi terhadap kegiatan pelelangan ikan
tersebut. Tentukanlah peran setiap orang yang terlibat di dalamnya, juga
hak dan kewajibannya. Gunakan peta pikiran berikut untuk menuliskan ide
dan pendapatmu.
Ayo Berdiskusi
Kegiatan
pelelangan ikan, merupakan salah satu contoh terjadinya interaksi
masyarakat terhadap lingkungannya untuk membangun perekonomian dan
kehidupan sosial budaya mereka. Kamu juga dapat mengamati bahwa setiap
kegiatan dalam masyarakat, melibatkan pemenuhan hak dan kewajiban setiap
orang di dalamnya.
Banyak kegiatan masyarakat
yang dapat kamu amati di sekitarmu. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan
berikut ini dalam kelompok. Setiap kelompok mendapatkan tugas mengamati
kegiatan masyarakat di tempat yang berbeda. Jika kamu tidak dapat
mengamati langsung kegiatan tersebut, kamu dapat mengamati melalui
gambar.
Ikutilah langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas paling sedikit 3-4 orang.
Setiap kelompok akan mengamati tempat-tempat berikut ini:
2.
Masing-masing kelompok diminta untuk membuat buku tentang hak dan
kewajiban dalam masyarakat sesuai tempat yang diamati. Buku tersebut
berisi :
Halaman 1 :
Sampul yang
berisi tempelan gambar sesuai topik kelompok. Gambar dapat diperoleh
dari majalah, koran, media lainnya atau bisa digambar sendiri.
Halaman 2 :
Amati
orang-orang yang terlibat dalam kegiatan di tempat-tempat tersebut,
misalnya di pasar ada pedagang, penjual, pengangkut sampah. Catat peran
orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam pembangunan
ekonomi di tempat tersebut.
Halaman 3 :
Diskusikan dan catat hak dan kewajiban orang-orang sesuai peran mereka.
Halaman 4 :
Buatlah sebuah peta pikiran yang mencakup semua hal penting yang dibahas dalam buku.
3. Bersama dengan kelompokmu presentasikan buku yang telah dibuat di depan kelas.
Individu dalam Komunitas
Pasar | |
---|---|
Pedagang | Peran : Menyediakan kebutuhan para pembeli |
Petugas Retribusi Pasar | Peran : Membantu menambah pendapatan daerah |
Buruh Angkut | Peran : Mengangkut barang pembeli dan penjual |
Petugas Kebersihan Pasar | Peran : Menjaga kebersihan pasar |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Pedagang | Mendapatkan tempat untuk berjualan/kios | Membayar retribusi dan biaya sewa kios |
Petugas Retribusi Pasar | Mendapatkan gaji/upah | Menyetorkan hasil retribusi kepada pemerintah: |
Buruh Angkut | Memperoleh uang atas jasa yang diberikan | Mengantarkan barang sampai tujuan dengan selamat |
Petugas Kebersihan Pasar | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan lingkungan pasar |
2. Balai Desa
Individu dalam Komunitas
Pasar | |
---|---|
Kepala Desa | Peran : Mengkordinasikan kegiatan pemerintahan di desa |
Perangkat Desa | Peran : Membantu pelaksanaan tugas kepala desa |
Petugas Kebersihan | Peran : Menjaga kebersihan lingkungan balai desa |
Penjaga Keamanan | Peran : Menjaga keamanan balai desa |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Kepala Desa | Mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa | Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa; |
Perangkat Desa | Mendapat gaji atas pekerjaan yang dilakukan | Membantu tugas kepala desa sesuai bidangnya |
Petugas Kebersihan | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan balai desa |
Penjaga Keamanan | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga keamanan lingkungan balai desa |
3. Puskesmas
Individu dalam Komunitas
Puskesmas | |
---|---|
Dokter | Peran : Memerikan layanan kesehatan kepada pasien Puskesmas |
Perawat | Peran : Membantu dokter merawat pasien |
Petugas Kebersihan | Peran : Menjaga kebersihan rumah sakit/puskesmas |
Tenaga Administrasi | Peran : Mengadministrasikan kegiatan Puskesmas |
Hak dan Kewajiban
Puskesmas | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Dokter | Memperoleh gaji dari pekerjaannya | Memberikan pelayanan medis sesuai standar profesi |
Perawat | Berhak untuk mendapatkan penghargaan dan imbalan yang layak atas jasa profesi yang diberikannya | Memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan sesuai dengan standar profes |
Petugas Kebersihan | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit/puskesmas |
Tenaga Administrasi | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Mengadministrasikan kegiatan Puskesmas dengan baik |
4. Kantor Pos
Individu dalam Komunitas
Kantor Pos | |
---|---|
Kepala Kantor Pos | Peran : Melayani kebutuhan surat menyurat dan kebutuhan lainnya |
Petugas Pengantar Surat | Peran : Mengantar surat sampai ke alamat tujuan |
Tenaga Administrasi | Peran : Mengadministrasikan kegiatan di kantor pos |
Satpam | Peran : Menjaga keamanan dan ketertiban kantor pos |
Hak dan Kewajiban
Kantor Pos | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Kepala Kantor Pos | Memperoleh gaji dari pekerjaannya | Melayani kebutuhan semua pengunjung kantor pos |
Pengantar Surat | Mendapat gaji atas pekerjaan yang dilakukan | Mengantar surat sampai tujuan |
Tenaga Administrasi | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Mengadministrasikan kegiatan yang ada di kantor pos |
Satpam | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga keamanan dan ketertiban pengunjung kantor pos |
Ayo Renungkan
- Apa saja hak dan kewajiban yang telah kamu ketahui dan lakukan pada pembelajaran hari ini?
- Apa saja hak dan kewajiban yang dapat kamu lihat pada kegiatan pembelajaran di kelas hari ini? Adakah interaksi sosial yang terjadi? Apakah manfaatnya buatmu sebagai siswa?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar