Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
Pembelajaran : 5
Muatan Pembelajaran : Bahasa indonesia, IPA
Ayo Membaca
Perpindahan Kalor secara Radiasi
Bagaimana
panas matahari dapat sampai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak
dapat berpindah secara konduksi, karena udara yang terdapat dalam
atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari matahari pun
tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara matahari dan bumi
terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari
matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.
Proses
perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan
radiasi. Dapatkah kamu memberikan contoh lainnya perambatan kalor secara
radiasi? Ketika kamu dan teman-temanmu pergi berkemah ke pegunungan,
udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu
membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke
tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini
dikatakan secara radiasi.
Pernahkah kamu pergi
ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam?
Apa yang kamu rasakan? Ketika kamu keluar rumah pada siang hari yang
terik dengan menggunakan baju hitam, badanmu akan terasa panas. Hal ini
disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling
baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan
memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda yang
berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang
memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenakan
baju putih. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut
dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang
dikeluarkan tubuh.
Ayo Menulis
Buatlah
daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam
bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat
lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Paragraf | Hal-hal Penting dari Bacaan |
---|---|
Satu |
|
Dua |
|
Tiga |
|
Lalu,
buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf
seperti yang telah dicontohkan pada pembelajaran kedua. Tentukanlah
pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan. Buatlah garis dari
judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok
pikiran dari masingmasing paragraf. Berilah keterangan bagaimana isi
baca berhubungan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya. Lakukanlah
bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang
disediakan di bawah ini.
Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?
1. Apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?
Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara
2. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi?
Perbedaannya adalah jika perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya jika perpindahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara
3. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi?
Perbedaannya adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat perantara berupa benda logam.
4. Jelaskan paling sedikit tiga contoh perpindahan panas secara radiasi yang kamu ketahui!
Api unggun, panas api dari kompor, dan panas matahari.
Jelaskanlah
diagram yang kamu buat dengan menjelaskan hubungan setiap pokok pikiran
yang kamu temukan di dalam bacaan tersebut di dalam kelompok kecil!
Bandingkanlah hasil pekerjaan temanmu yang lain. Lakukanlah diskusi
ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.
Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh peristiwa radiasi adalah ketika dekat api unggun panas dari api unggun berpindah secara radiasi. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.
Lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu untuk membuktikan cara perpindahan panas secara radiasi. Persiapkanlah alat dan bahan yang diperlukan dan ikutilah langkah percobannya. Jangan lupa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan ini!
Alat dan Bahan:
1. satu batang lilin
2. korek api
3. penggaris
Cara Kerja:
- Nyalakan lilin dengan menggunakan korek api yang telah disiapkan.
- Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kamu rasakan dan catatlah!
- Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
- Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
Pertanyaan:
1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?
Tangan terasa agak panas.
2. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm?
Tangan terasa agak hangat.
3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?
Hangatnya tidak begitu terasa
4. Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan?
Panas dari lilin kita rasakan karena adanya radiasi
5. Perpindahan panas seperti yang kamu lakukan pada percobaan di atas disebut ?
Perpindahan panas secara radiasi
6. Sebutkan 3 contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita!
Beberapa contoh perpindahan panas secara radiasi di sekitar kita adalah
- Radiasi panas dari bola lampu.
- Radiasi panas dari tungku perapian.
- Menetaskan telur ayam atau bebek menggunakan sinar lampu.
- Menjemur pakaian di siang hari.
- Menjemur bahan makanan mentah di siang hari.
Ayo Berlatih
Masih
ingatkah kamu dengan beberapa macam pola lantai yang digunakan penari
pada beberapa tari daerah? Pelajari kembali contoh pola lantai tersebut.
Cobalah untuk membedakan pola lantai tersebut berdasarkan jenis tari
tunggal atau berkelompak dan ukuran tarian. Apakah ditarikan dalam
kelompok kecil atau kolosal yang melibatkan lebih banyak orang?
Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.
- Pilihlah sebuah tari daerahmu yang paling kamu tahu.
- Pelajari pola lantai yang digunakan pada tari tersebut. Apakah semua pola lantai yang kamu ketahui ada pada tari tersebut?
- Perhatikanlah kembali gerakan-gerakan tari pada pola lantai tertentu.
- Ubahlah pola lantai pada beberapa gerakan tari dengan pola lantai yang mungkin belum ada sebelumnya. Kamu juga dapat mengubah urutan pola lantai pada tari tersebut.
- Cobalah pola lantai yang telah kamu ubah pada tari tersebut. Perhatikan apakah pola tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan rencana awalmu. Jika pola lantai tersebut kamu anggap tidak cukup baik diterapkan pada tari tersebut, kamu dapat melakukan perubahan kembali.
- Demikian seterusnya hingga kamu dapat mencoba semua pola lantai yang kamu modifikasi dari tari tersebut.
- Tunjukkan pola lantai yang telah kamu kembangkan pada tari daerah pilihanmu di depan kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar