Hari/Tanggal : Kamis, 28 Agustus 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas/Fase : 3/B
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan pend. Pancasila
Materi : Kalimat Fakta dan Fiksi
Metode Penbelajaran : tanya jawab, penugasan
Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Selamat pagi anak sholih dan sholihah, apa kabarnya hari ini? Ibu guru harap kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat ya. Hari ini kita kan kembali melanjutkan pembelajaran di kelas 3. Namun sebelum itu silahkan persiapkan diri kalian dengan melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.
BAHASA INDONESIA
Anak saleh dan salehah simak video berikut ya:
Dari video di atas kita dapat mengetahui bahwa yang dimaksud fakta dan fiksi yaitu:
1. Fakta
Pengertian: Fakta adalah informasi atau peristiwa yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Ciri-ciri: Dapat dibuktikan dengan data, bersifat nyata, tidak dibuat-buat.
Contoh: "Gunung Merapi terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta."
2. Fiksi
Pengertian: Fiksi adalah cerita atau informasi yang dibuat berdasarkan imajinasi atau khayalan penulis, tidak selalu benar-benar terjadi.
Ciri-ciri: Bersifat rekaan, mengandung unsur imajinasi, sering ditemukan dalam cerita, dongeng, atau novel.
Contoh: "Kancil menipu Buaya untuk menyeberangi sungai."
Latihan Soal:
PANCASILA
Silahkan simak video di bawah ini!
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Tujuan denah adalah memberikan gambaran dan informasi mengenai tata letak suatu tempat.
manfaat denah
- Memudahkan dalam mencari lokasi
- Mengurangi kebingungan ketika mencari lokasi
- Mempercepat seseorang untuk mencapai tempat yang di tuju
Unsur Denah
- Judul denah
- Gambar lokasi
- Petunjuk gambar mata angin
- Nama Jalan
- Arah menuju lokasi
Demikian pembelajaran hari ini, semoga apa yang telah dipelajari dapat menjadi ilmu yang bermanfaat. Tetap semangat dalam belajar dan selalu ceria.
Wasalaamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar