Senin, 21 Juli 2025

MATERI AJAR KELAS 3 ABDULLAH BIN UMAR RABU 23 JULI 2025

 Hari/Tanggal                     : Rabu, 23 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran       :  

1. Matematika (Bilangan cacah ) 

2. Pancasila (identitas diri)

Model Pembelajaran      : Kooperatif

Metode Penbelajaran    : Diskusi,tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran     : video/PPT

 

Apa kabar anak sholih sholihah.......

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....

Capaian Pembelajaran Matematika

Murid menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. 

Kita akan belajar mengenai bilangan, perhatikan cerita di bwah ini!

Meutia berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama temanteman. Jarak rumah Meutia ke sekolah adalah 671 meter. Meutia sangat senang berjalan kaki. Berjalan kaki menyehatkan badan.



Jarak rumah Mutea ke sekolah adalah 671 jika dibaca dalam nama bilangannya adalah "enam ratus tujuh puluh satu". 

Apakah kalian mengetahui jarak rumah ke sekolah? Kalian akan menemukan suatu bilangan. 

Ayo, kita cari tahu tentang bilangan tiga angka. Dapatkah kalian menemukannya?

Perhatikan gambar di bawah ini!

Gani  menyiapkan tongkat dan bendera untuk kegiatan Pramuka. 

Panjang tongkat Pramuka adalah 160 cm. Tahukah kalian cara membaca bilangan 160?

Ayo, pelajari cara menyatakan bilangan 160. Untuk panjang tongkat Pramuka dapat kita nyatakan:


yok perhatikan vidio dibawah ini :



PANCASILA

Capaian Pembelajaran :

Mengkaji Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. Mengkaji nilai-nilai Pancasila, proses perumusan Pancasila, implementasi Pancasila dari masa ke masa, serta reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Penerapan nilai-nilai Pancasila secara kolektif dalam beragam kegiatan kelompok dengan membangun kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Mengembangkan potensi sebagai kualitas personal yang bermanfaat dalam kehidupannya, memberi bantuan yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas dalam konteks Indonesia dan kehidupan global.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaan

Kita akan belajar identitas diri!
perhatikan vidio dibawah ini 

setelah menonton vidio diatas silahkan kerjakan tugas dibawah ini :



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat 17 oktober 2025

Hari/Tanggal : Jumat, 17 Oktober 2025 Muatan Pembelajaran :   1. Pendidikan 50 SOAL LATIHAN PERSIAPAN STS IPAS KELAS 3 A. PILIHAN GANDA (35 ...