Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Perjuangan Bangsa melawan penjajah
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD
Model Pembelajaran : PJBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran : story telling, Diskusi, ceramah
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengomunikasikan hasil penyelidikan tentang sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggal, membuat poster hario bumi dan mengenal wilayah kabupaten dan provinsi sebagai bagian NKRI
IPAS
Kerjakan latihan berikut di buku tugasmu!
1. Bangsa Portugis datang ke Malaka (Indonesia) awalnya dengan tujuan untuk..
A. Melakukan penjajahan C. Berdagang atau jual beli
B. Mengembangkan pertanian D. Menyebarkan budaya
2. Contoh rempah-rempah yang dicari oleh bangsa Eropa di Indonesia adalah...
A. Lada, cengkeh, kayu manis C. Perak, tembaga, berlian
B. Topeng, gamelan, keris D. Jati, gaharu, mahoni
3. Berapa lama bangsa Belanda menjajah Indonesia?
a. 100 tahun b. 200 tahun c. 300 tahun d. Hampir 350 tahun
4. Apa yang menjadi salah satu tujuan utama bangsa Belanda selama menjajah Indonesia?
a. Misi agama dan penyebaran kebudayaan Belanda
b. Penguasaan wilayah koloni untuk ekspansi ekonomi
c. Perlindungan keberagaman budaya Indonesia
d. Peningkatan kerjasama ekonomi dengan pribumi
5. Kapan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) dibentuk?
a. 1590 b. 1600 c. 1602 d. 1610
6. Apa yang dilakukan VOC terhadap tanaman rempah-rempah milik rakyat Indonesia?
a. Mengimpor tanaman rempah-rempah secara bebas
b. Melarang tanaman rempah-rempah tumbuh di wilayah tertentu
c. Melakukan penebangan tanaman rempah-rempah milik rakyat
d. Memberikan dukungan teknis untuk pertanian rempah-rempah
7. Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Indonesia antara lain Belanda, Inggris, Portugis, dan Spanyol. Urutan kedatangan mereka ke Indonesia adalah...
A. Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris
B. Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda
C. Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris
D. Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris
8. Motivasi Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia yaitu :
a. Semangat 3G (Gold, Gospel, Glory)
b. Mencari rempah
c. Perjanjian-perjanjian
d. Berdagang
9. Glory adalah tujuan dari kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia. Apa yang
dimaksud dengan glory?
A. Mengumpulkan kekayaan material
B. Mencapai kejayaan dan superioritas
C. Menyebarkan agama
D. Menguasai wilayah politik
10. Politik balas budi dikenal juga dengan istilah...
A. Politik etis
B. Politik sosial
C. Politik praktis
D. Politik ekonomi
Bahasa Indonesia
Membuat poster Hari Bumi
Sebelum membuat poster silakan simak caranya pada video berikut!
Tugas
Buatlah sebuah poster hasil kreativitasmu tentang menjaga lingkungan
poster dibuat pada HVS/buku gambar, lalu guntinglah dan tempelkan pada buku tugasmu!
Pendidikan Pancasila
Pilihan GandaSoal No.1
Pada awal kemerdekaan, wilayah Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi. Salah satu dari 8 provinsi tersebut yaitu. . .
A. Aceh
B. Bali
C. Papua
D. Sunda Kecil
Soal No.2
Beberapa provinsi di Indonesia mengalami pemekaran, sehingga jumlah provinsi di Indonesia bertambah. Banyak provinsi yang ada di Indonesia saat ini yaitu. . .
A. 33 provinsi
B. 35 provinsi
C. 38 provinsi
D. 39 provinsi
Soal No.3
Provinsi di Indonesia dipimpin oleh kepala daerah yaitu gubernur dan wakil gubernur. Pasangan gubernur dan wakil gubernur dipilih secara langsung setiap. . . .
A. 1 tahun sekali
B. 3 tahun sekali
C. 4 tahun sekali
D. 5 tahun sekali
Soal No.4
Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang. Pernyataan tersebut merupakan bunyi UUD Negara Kesatuan Indonesia Tahun 1945 pasal. . .
A. 17 ayat (1)
B. 18 ayat (1)
C. 19 ayat (1)
D. 20 ayat (1)
Soal No.5
Perhatikanlah gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan lambang provinsi. . .
A. DKI Jakarta
B. Jawa Barat
C. Nusa Tenggara Timur
D. Sulawesi Tenggara
Soal No.7
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki keistimewaan tersendiri. Pemilihan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan dengan cara. . .
A. dipilih secara langsung oleh rakyat
B. dipilih oleh presiden dan wakil presiden
C. dipilih melalui musyawarah mufakat
D. dipilih dari keturunan keluarga yang berkuasa
Soal No.8
Dalam melaksanakan pemerintahan di wilayahnya, kepala daerah dan DPRD provinsi dibantu oleh perangkat daerah. Berikut ini yang merupakan perangkat daerah provinsi yaitu. . .
A. Inspektorat Daerah Provinsi
B. Komisi Pemilihan Umum Provinsi
C. Kepolisian Daerah Provinsi
D. Kejaksaan Tinggi Provinsi
Soal No.9
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan peninggalan sejarah yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Peninggalan sejarah itu ada di . . .
A. Provinsi D.I Yogyakarta
B. Provinsi Jawa Tengah
C. Provinsi Jawa Timur
D. Provinsi Jawa Barat
Soal No.10
Secara geografis, provinsi yang terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Barat yaitu. . .
A. Provinsi Maluku
B. Provinsi Bali
C. Provinsi Banten
D. Provinsi Sulawesi Selatan
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Kesimpulan : alhamdulillah peserta didik dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar