Hari/Tanggal : Rabu, 30 April 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Keliling dan Luas Bangun Datar
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pancasila : Keragaman Budaya di Indonesia
Model pembelajaran : PBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran :Eksplorasi, diskusi kelompok , drill ceramah, tanya jawab Media Pembelajaran :Video/PPT
CP Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA :
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menentukan luas dan keliling bangun datar dan gabungan bangun datar, menulis menemukan informasi pada sebuah pengumuman, dan mengidentifikasi keragaman di Indonesia
Matematika
Tentukan Keliling dan Luas bangun berikut
2. Tentukan luas dan keliling persegi panjang berikut!
6. Sebuah taman berbentuk persegi panjang, panjangnya 25 cm dan lebarnya 15 cm. setiap 2 m akan dipasang lampu hias. berapa lampu hias yang diperlukan untuk mengelilingi taman tersebut!
- Sila Ketiga:Sila ketiga, yang berbunyi "Persatuan Indonesia", menjadi dasar bagi persatuan bangsa Indonesia.
- Kebersamaan:
- Persatuan dan kesatuan menekankan pentingnya kebersamaan dan semangat kerja sama.
- Perbedaan:
- Meskipun berbeda, setiap individu dan kelompok harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
- Pondasi Bangsa:
- Persatuan dan kesatuan adalah pondasi utama bagi kekuatan dan keberlanjutan bangsa Indonesia.
- Contoh:
- Contoh pengamalan sila ketiga di lingkungan sekolah adalah dengan menghargai perbedaan teman, bekerja sama dalam kelompok, dan menjaga lingkungan sekolah tetap bersih.
- 1. Soal Contoh:Mengapa persatuan dan kesatuan penting bagi bangsa Indonesia?
- Bagaimana kita dapat mengamalkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari?
- Apa contoh perbuatan yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan?
- Mengapa perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa tidak seharusnya menjadi penghalang persatuan dan kesatuan?
- Apa arti "Persatuan Indonesia" dalam Pancasila?Jawaban Contoh:
- Kita dapat mengamalkan persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan, bekerja sama, dan menjaga kerukunan.
- Contoh perbuatan yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah diskriminasi, pertengkaran, dan perpecahan.
- Perbedaan justru menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Dengan saling menghargai, kita bisa menciptakan keragaman yang harmonis.
- "Persatuan Indonesia" dalam Pancasila berarti seluruh bangsa Indonesia harus bersatu, meskipun berbeda suku, agama, budaya, dan bahasa.
C. hukum yang mengikat D. ideologi bangsa
- Individualis dan adil
- Mengutamakan golongan tertentu
- Cinta tanah air dan rela berkorban
- Saling menyayangi sesama manusia
A. 1 dan 2 B. 2 dan 3
A. lingkungan sekolah B. lingkungan rumah
C. lingkungan masyarakat D. lingkungan negara tetangga
A. terpaksa dan senang B. senang dan bersyukur
C. sukarela dan pamrih D. ikhlas dan sukarela
A. meningkatkan rasa indivualis
A. pertama B. kedua
A. nilai spiritual B. nilai kesatuan
A. perbedaan menjadi penghambat gotong royong
B. gotong royong hanya dilakukan oleh satu suku
C. keanekaragaman bukan penghalang gotong royong
D. pekerjaan lama selesai jika ada perbedaan ras
- Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa
- Gotong royong hanya dapat dilakukan di desa
- Gotong royong menciptakan ketentraman hidup
- Gotong royong merupakan budaya negara sahabat
A. 1 dan 4 B. 2 dan 4
- Memerlukan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya
- Dapat hidup sendiri pada berbagai situasi
- Suka berkumpul dan mengobrol bersama
- Berkompetisi bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama
A. satu B. dua
A. menyelesaikan PR B. menghias kelas
C. memindahkan meja guru D. mengerjakan soal ulangan
A. bahasa persatuan
B. suku bangsa
C. warna kulit
D. lagu daerah
A. terpuji B. tercela
A. berbuat aniaya B. menepati janji
C. rendah hati D. berjiwa besar
A. prasangka B. toleransi
Semboyan bangsa Indonesia yang mewajibkan kita untuk menghargai dan mencintai keberagaman dan perbedaan dalam masyarakat adalah ....
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
- Tut wuri handayani
- Bhinneka Tunggal lka
- Kartika eka paksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar