Hari/Tanggal : Selasa, 29 Oktober 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Siklus Air
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Media pembelajaran : video/PPT, alat peraga siklus air
Capaian Pembelajaran IPAS
1. Elemen Pemahaman IPAS:
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
1. Elemen Membaca
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan proses siklus air, membuat kalimat dengan awalan me-, akhiran kan dan akhiran lah
IPAS
Ayo Berlatih!
1. Apa yang dimaksud dengan evaporasi?
2 2. Apa yang dimaksud dengan kondensasi?
3 3. Apa yang dimaksud dengan presipitasi?
4. Apa yang dimaksud dengan transpirasi?
5. Apa yang dimaksud dengan infiltrasi?
Akhiran Kan dan Lah
Akhiran adalah imbuhan yang dibubuhkan pada akhir sebuah kata. Dalam bahasa Indonesia,ada beberapa akhiran yang sering digunakan.
Akhiran -kan adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja.Kata kerja yang terbentuk menyatakan makna perintah. Contoh: ambilkan, dengarkan, pindahkan, tuangkan.
Akhiran -lah adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja. Kata kerja yang terbentuk menekankan kata dasarnya dan menyatakan perintah. Contoh: buatlah, gambarlah.
Latihan
Saatnya kalian melatih pemahaman tentang penggunaan imbuhan me- pada kalimat. Perhatikan gambar di bawah ini. Ini adalah Nina. Nina suka melukis. Ilustrasi di bawah ini menggambarkan urutan kegiatan Nina.
Sekarang, ubahlah kata-kata di dalam kurung dengan menambahkan imbuhan me-sehingga menjadi kalimat yang baik dan benar.
Pertama-tama, Nina menyiapkan alat-alat lukisnya. Kertas lukis, kuas, cat cair, segelas air, dan palet. Lalu, Nina (tuang) beberapa warna cat ke dalam palet. Nina (tambah) sedikit air di setiap warna cat lalu (aduk) cat hingga sedikit cair dan siap digunakan. Nina juga (buat) satu warna baru. Ia (campur) warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Setelah persiapan warna selesai, Nina siap (lukis) pada permukaan kertas lukis.
Latihan
Berikut adalah petunjuk membuat nasi goreng. Tambahkan imbuhan -lah atau -kan yang sesuai untuk kata-kata di dalam kurung.
- (siap) bahan-bahan yang di(perlu).
- (tuang) minyak ke dalam penggorengan.
- (masuk) bawang dan cabai iris saat minyak sudah panas.
- (tunggu) sampai bawang layu, lalu (masuk) telur.
- (tambah) nasi, kecap, dan sedikit garam, lalu aduk-aduk.
- (tata) nasi goreng di atas piring dengan tambahan kerupuk, potongan tomat, atau taburan bawang goreng.
Kesimpulan : Alhamdulillah pembelajaran hari ini belajar dengan baik dan menyenangkan anak anak mengerjakan tugas dengan melihat power point dan menggambar serta menentukan imbuhan kan- dan lah-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar