Senin, 02 September 2024

Materi Ajar, Selasa 03 September 2024

Hari : Selasa, 03 September 2024

Fase/Kelas: C/5

Muatan Pembelajaran

  1. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
  2. IPAS : Ekosistem
  3. Pend. Pancasila : Hubungan Sila-Sila dalam Pancasila

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem;

Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Bahasa Indonesia

Bacalah teks berkut dengan saksama

Anak-Anak Merapi

Langit masih semburat merah. Hawa dingin masih menggigit tulang. Yono, Panji, dan Ratna berjalan beriringan menuju sekolah. Mereka berangkat lebih pagi untuk tugas piket.


 “Semoga Merapinya baik-baik saja,” gumam Panji.


Anak-anak ini tinggal di lereng Gunung Merapi. Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang se-Indonesia. 


Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. Seluruh penduduk desa harus mengungsi sampai kondisi membaik kembali. Wajar jika Panji memiliki harapan seperti itu.


“Kata bapakku, Gunung Merapi itu penting bagi kehidupan masyarakat di sini. Kalau Merapi akan meletus, kita sebaiknya menyingkir sebentar. Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. 


 “Iya,” imbuh Yono. “Buktinya, sekarang sawah dan kebun kita makin subur.”


 “Tapi kalau meletus lagi, menakutkan sekali. Gara-gara wedus gembel itu, Si Blendhung meninggal.” Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya.


Ratna dan Yono ikut sedih, tetapi tertawa mendengar Panji mengucapkan kata “meninggal” untuk sapinya. Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu.


“Bekas aliran lava Merapi malah menjadi pemikat wisatawan, ya. Pamanku sering mengantar mereka dengan jip,” ujar Yono.

Anak-Anak Merap

“Aku belum pernah naik jip. Kapan-kapan, ajak aku, ya?” Ratna memohon kepada Yono. Dia sedikit iri. Banyak wisatawan datang ke Merapi untuk bertualang naik jip menyusuri Gunung Merapi. Namun, dia sendiri belum pernah mencobanya.


“Nanti aku bilang pamanku. Biar kita bertiga diajak berkeliling Merapi naik jip,” janji Yono.


Ratna dan Panji bersorak. Panji sudah melupakan Si Blendhung gara-gara janji Yono.


“Kita terlambat!” Yono mengejutkan kedua temannya. 


Mendengar itu, mereka berlarian menuju sekolah.

Cerita oleh B.E. Priyanti


Berikut ini kalimat yang menggunakan majas metafora dalam teks “Anak-Anak Merapi”, tentukan artinya

 

NOKALIMATJENIS MAJASARTI SEBENARNYA

   
1Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia.  
2Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya.  
3“Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara.   
4Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu.  
5Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya  






IPAS

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk karena ada hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan.

Semua makhluk hidup yang ada di suatu ekosistem saling berinteraksi satu sama lain untuk bisa bertahan hidup.

Interaksi yang dilakukan keduanya itu disebut dengan transfer energi. Dimulai dari lingkungan dan makhluk hidup.

Transfer energi adalah rangkaian dari urutan pemindahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Ini dimulai dengan sinar matahari, berpindah ke produsen, lalu ke konsumen tingkat I,II,III, dan seterusnya

Mari Kita Simak Video Berikut

Pendidikan Pancasila

Mari Kerjakan Latihan Berikut!

1. Perilaku berikut ini yang mencerminkan sila pertama pancasila, yaitu....

A. Menyelesaikan masalah secara mufakat

B. Belajar dengan tekun

C. Beribadah tepat waktu

D. Berbagi mainan dengan adik

2. Melakukan perundungan terhadap teman merupakan sikap tidak sesuai dengan sila pancasila, yaitu....

A. Ketuhanan Yang Maha Esa

B. Kemanusiaan yang adil dan beradab

C. Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan

3. Saat melaksanakan upacara di sekolah, kita harus melaksanakan dengan....

A. Hikmat

B. Sedih

C. Malu

D. Bersama

4. Saat mendapatkan permasalahan bersama, kita harus menyelesaikannya dengan....

A. Berdoa

B. Bersatu

C. Musyawarah

D. Santai

5. Ayah melakukan donasi ke sebuah panti asuhan. Perilaku Ayah sesuai pengalaman pancasila terutama sila ke....

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

6. Nilai pancasila harus diterapkan oleh...

A. Orang dewasa

B. Semua warga Indonesia

C. Semua siswa Indonesia

D. Semua orang

7. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah....

A. Mengerjakan ujian bersama

B. Memberikan jawaban ujian ke teman yang tidak dapat mengerjakan

C. Membersihkan kelas bersama-sama

D. Makan bersama di kantin sekolah

8. Mengikuti teman lain yang berbeda agama dan ikut melaksanakan ibadahnya karena dipaksa merupakan....

A. Pengamalan sila pertama Pancasila

B. Pelanggaran terhadap sila pertama Pancasila

C. Wujud toleransi beragama

D. Wujud kesetiakawanan

9. Nilai kerakyatan merupakan nilai yang terkandung dalam sila....

A. Ketuhanan Yang Maha Esa

B. Kemanusiaan yang adil dan beradab

C. Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan

10. Melaksanakan upacara di sekolah dengan hikmat, merupakan salah satu pengamalan sila ke ..

A. Satu

B. Dua

C. Tiga

D. Empat

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wb

Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, anak sudah memahami apa yang dimaksud dengan transfer energi sesama makhluk hidup




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jumat 20 September 2024

Hari : Jumat, 20 September 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Ekosistem Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami hubungan antar kompone...