Selasa, 08 Agustus 2023

pembelajaran Matemtika Kelas V dan Penilaian Harian , Rabu 9 Agustus 2023

 Pada pembelajaran Matemtika Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka


Tujuan pembelajaran : 
 peserta didik dapat memastikan cara menghitung penjumlahan pecahan yang penyebutnya sama serta memikirkan cara menghitung penjumlahan pecahan yang penyebutnya berbeda.
 
 
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa dengan Penyebut Sama
Penjumlahan dan pengurangan pecahan-pecahan berpenyebut sama dikerjakan dengan menjumlahkan atau mengurangkan pembilang-pembilangnya. Jika jawaban dapat disederhanakan, kamu harus menyederhanakannya menjadi pecahan yang paling sederhana.

Mengurangi dan Menjumlahkan Pecahan Biasa Penyebut Berbeda
Pada pengurangan dan penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut yang berbeda dilakukan dengan cara menyamakan penyebut yang dapat dilakukan dengan menghitung KPK penyebut dari pecahan yang dihitung. Jika jawaban dapat disederhanakan, kamu harus menyederhanakannya menjadi pecahan yang paling sederhana.

Penjumlahan Pecahan 
1. Wadah berikut berisi 2/5 l dan 1/5 l jus jeruk. Jika keduanya kita gabungkan, Berapa liter jumlah seluruhnya?

❶ Ayo, menulis kalimat matematika!
Kalimat
❷ Ayo, berhitung!
2+1=3
555

2. Wadah berikut berisi 1/3 l dan 1/2 l jus jeruk. Berapa liter jumlah seluruhnya?

❶ Tulislah kalimat matematika dari gambar berikut!
Wadah
❷ Ayo, pikirkan bagaimana cara menghitungnya!
Penjumlahan pecahan yang penyebutnya berbeda, yaitu dengan mengubahnya menjadi pecahan senilai yang mempunyai penyebut yang sama
1+1=2+3=5
32666
❸ Ayo, jelaskan bagaimana cara menghitung 1/2 + 1/3 dengan menggunakan gambar di bawah!
Penyebut sama
Untuk menjumlahkan pecahan yang penyebutnya berbeda, kita harus mengubahnya menjadi pecahan senilai yang mempunyai penyebut yang sama.

3. Ayo, pikirkan bagaimana cara menghitung 1/6 + 3/10!
Sederhana
Jika jawaban dapat disederhanakan, kamu harus menyederhanakannya menjadi pecahan yang paling sederhana.

Latihan
 
 
PENILAIAN HARIAN TEMA 1 SUTEMA 2 KELAS 5A 

1. Ide pokok paragraf pertama adalah ….
a. Makan makanan yang begizi penting bagi tulang
b. Tulang merupakan salah satu organ yang sangan penting bagi tubuh
c. Tulang manusia dapat tumbuh dan berkembang seiring umur manusia
d. Tulang merupakan organ gerak pasif bagi tubuh manusia

2. Paragraf kedua banyak membahas tentang ….
a. Hidup enak dan nyaman
b. Otot-otot pada tulang manusia
c. Olaharga untuk tulang tetap sehat
d. Fungsi tulang manusia

3. Ide pokok paragraf ketiga adalah ….
a. Fungsi tulang untuk mengangkat benda dan berjalan
b. Cara menjaga tulang tangan dan tulang kaki yang sering digunakan setiap hari
c. Cara menjaga kesehatan otot-otot pada tangan manusia
d. Aktifitas manusia sangat butuh tulang kaki

4. Pernyataan di bawah ini yang benar menurut bacaan di atas adalah …..
a. Tulang merupakan organ gerak aktif
b. Tulang berfungsi sebagai penopang tubuh
c. Makanan tidak berpengaruh untuk tulang
d. Otot merupakan organ gerak pasif

5. Salah satu fungsi tulang manusia adalah untuk melindungi organ vital di bawah ini, kecuali ….
a. Otak
b. Kulit

c. Jantung
d. Paru-paru

6. Alat gerak aktif manusia berupa ….
a. Tulang
b. Daging
c. Otot
d. Kulit

7. Tulang betis dan tulang kering terdapat pada ….
a. Kaki
b. Tangan
c. Pundak
d. Kepala

8. Tulang yang menghubungkan antara ruas siku dan ibu jari adalah tulang ….
a. Hasta
b. Tempurung
c. Pengumpil
d. Betis

9. Tulang yang berfungsi untuk menstabilkan tubuh ketika berdiri, menyangga otot-otot tungkai bawah, menopang berat badan dan menggerakkan pergelangan kaki adalah tulang ….
a. Rusuk
b. Betis
c. Pa

d. Kering 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jumat 20 September 2024

Hari : Jumat, 20 September 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Ekosistem Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami hubungan antar kompone...