Rabu, 03 Desember 2025

kisi kisi ipas kelas 3 Kamis 4 Desember 2025

1. Pancaindra dan Fungsinya

Apa itu Pancaindra?
Pancaindra adalah lima alat indra yang dimiliki manusia untuk mengenali lingkungan sekitar.

5 Pancaindra Manusia:

👁️
MATA
Indra Penglihatan
Untuk MELIHAT
👂
TELINGA
Indra Pendengaran
Untuk MENDENGAR
👃
HIDUNG
Indra Penciuman
Untuk MENCIUM BAU
👅
LIDAH
Indra Pengecap
Untuk MENGECAP RASA
KULIT
Indra Peraba
Untuk MERABA/MERASAKAN
🏠 Contoh Penggunaan Pancaindra:
• Mata: Melihat warna buku, menonton TV, membaca
• Telinga: Mendengar musik, suara guru, alarm
• Hidung: Mencium bau bunga, parfum, makanan
• Lidah: Mengecap rasa manis, asin, pahit, asam
• Kulit: Merasakan panas, dingin, halus, kasar
2. Bagian Pancaindra dan Fungsinya
👁️ MATA (Indra Penglihatan)
Bagian-bagian Mata:
• Kelopak mata: Melindungi mata dari kotoran dan debu
• Bulu mata: Melindungi mata dari benda asing
• Alis: Mencegah keringat masuk ke mata
• Kornea: Melindungi bagian dalam mata
• Pupil: Lubang hitam di tengah mata untuk masuknya cahaya
• Retina: Menangkap bayangan benda yang dilihat
• Lensa: Memfokuskan cahaya ke retina
👂 TELINGA (Indra Pendengaran)
Bagian-bagian Telinga:
• Daun telinga: Menangkap suara dari luar
• Lubang telinga: Tempat masuknya suara
• Gendang telinga: Bergetar saat ada suara
• Saluran telinga: Meneruskan getaran suara
• Rumah siput: Mengubah getaran menjadi sinyal ke otak
👃 HIDUNG (Indra Penciuman)
Bagian-bagian Hidung:
• Lubang hidung: Tempat udara dan bau masuk
• Bulu hidung: Menyaring kotoran dan debu
• Rongga hidung: Ruang di dalam hidung
• Selaput lendir: Menangkap bau dan melembabkan udara
👅 LIDAH (Indra Pengecap)
Bagian-bagian Lidah:
• Papila/Kuncup pengecap: Sensor rasa di permukaan lidah
• Ujung lidah: Lebih peka terhadap rasa manis
• Samping lidah: Lebih peka terhadap rasa asin dan asam
• Pangkal lidah: Lebih peka terhadap rasa pahit
✋ KULIT (Indra Peraba)
Bagian-bagian Kulit:
• Epidermis: Lapisan kulit luar
• Dermis: Lapisan kulit dalam
• Ujung saraf: Merasakan sentuhan, panas, dingin, nyeri
• Kelenjar keringat: Mengeluarkan keringat
• Pori-pori: Lubang kecil tempat keluar keringat
3. Cara Menjaga Kesehatan Pancaindra
👁️ Menjaga Kesehatan MATA:
✅ Jangan membaca dalam cahaya redup
✅ Jaga jarak minimal 30 cm saat membaca
✅ Istirahatkan mata setelah lama melihat layar
✅ Tidak menggosok mata dengan tangan kotor
✅ Makan makanan bergizi (wortel, bayam)
✅ Periksa mata secara rutin
❌ Jangan melihat cahaya terang langsung (matahari, las)
❌ Jangan menonton TV terlalu dekat
👂 Menjaga Kesehatan TELINGA:
✅ Bersihkan telinga dengan hati-hati
✅ Hindari suara keras dan bising
✅ Keringkan telinga setelah mandi
✅ Jangan memasukkan benda tajam ke telinga
✅ Gunakan penutup telinga di tempat bising
❌ Jangan mendengarkan musik terlalu keras
❌ Jangan membersihkan telinga dengan cotton bud terlalu dalam
👃 Menjaga Kesehatan HIDUNG:
✅ Bersihkan hidung secara teratur
✅ Hindari udara kotor dan asap
✅ Jangan mengorek hidung dengan kuku
✅ Gunakan masker di tempat berdebu
✅ Hirup udara segar
❌ Jangan menghirup bau menyengat terlalu lama
❌ Jangan memasukkan benda ke hidung
👅 Menjaga Kesehatan LIDAH:
✅ Sikat lidah saat menyikat gigi
✅ Minum air putih yang cukup
✅ Hindari makanan/minuman terlalu panas
✅ Kurangi makanan pedas berlebihan
✅ Periksa ke dokter jika lidah sakit
❌ Jangan makan makanan terlalu panas
❌ Jangan makan makanan yang tidak bersih
✋ Menjaga Kesehatan KULIT:
✅ Mandi secara teratur (2 kali sehari)
✅ Gunakan sabun yang lembut
✅ Keringkan badan setelah mandi
✅ Pakai pakaian bersih dan kering
✅ Gunakan tabir surya saat di luar
✅ Minum air putih yang cukup
❌ Jangan menggaruk kulit terlalu keras
❌ Hindari terlalu lama di bawah sinar matahari
Pancaindra sangat penting untuk kehidupan kita! Jaga kesehatan pancaindramu agar bisa terus belajar dan bermain dengan baik.

Bab 2: Siklus Hidup Makhluk Hidup

1. Siklus Hidup Manusia

Tahapan Siklus Hidup Manusia:

👶
BAYI
(0-2 tahun)
🧒
ANAK-ANAK
(2-12 tahun)
🧑
REMAJA
(12-20 tahun)
👨
DEWASA
(20-60 tahun)
👴
LANSIA
(>60 tahun)
Ciri-ciri Setiap Tahapan:

👶 Bayi: Tidak bisa berjalan, minum ASI, tidur banyak, berat 3-5 kg
🧒 Anak-anak: Belajar berjalan dan bicara, sekolah, bermain, gigi susu tumbuh
🧑 Remaja: Tubuh tumbuh cepat, suara berubah, mulai dewasa, gigi permanen lengkap
👨 Dewasa: Bekerja, menikah, punya anak, bertanggung jawab, tinggi badan maksimal
👴 Lansia: Rambut memutih, tenaga berkurang, bijaksana, kulit keriput
Setiap manusia pasti melewati tahapan ini. Hormati orang tua dan kakek nenek karena mereka sudah melewati banyak tahap kehidupan!
2. Siklus Hidup Tumbuhan

Tahapan Siklus Hidup Tumbuhan:

🌰
BIJI
🌱
KECAMBAH
(Biji berkecambah)
🌿
TUMBUHAN MUDA
(Punya daun)
🌳
TUMBUHAN DEWASA
(Tumbuh besar)
🌸
BERBUNGA
🍎
BERBUAH
(Ada biji baru)
Penjelasan Setiap Tahap:

1. Biji: Bagian tumbuhan yang bisa tumbuh menjadi tumbuhan baru
2. Kecambah: Biji mulai tumbuh, keluar akar dan tunas
3. Tumbuhan Muda: Sudah punya daun, batang, dan akar kecil
4. Tumbuhan Dewasa: Tumbuh besar dan kuat
5. Berbunga: Muncul bunga untuk perkembangbiakan
6. Berbuah: Bunga berubah jadi buah yang berisi biji baru
Contoh Tumbuhan:
• Kacang hijau: Biji → Kecambah (3 hari) → Tumbuhan kecil (1 minggu) → Berbunga → Berbuah
• Pohon mangga: Biji → Kecambah → Bibit → Pohon besar (3-5 tahun) → Berbunga → Berbuah
Tumbuhan memerlukan air, cahaya matahari, udara, dan tanah yang subur untuk tumbuh dengan baik. Jangan lupa menyiram tanaman di rumah!
3. Siklus Hidup Hewan
🥚 HEWAN BERTELUR (Ovipar)

Pengertian: Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur

Siklus Hidup Ayam:

🥚
TELUR
(21 hari dierami)
🐣
ANAK AYAM
(Berbulu kuning)
🐔
AYAM DEWASA
(Bisa bertelur lagi)
Contoh Hewan Bertelur:
• Burung: Ayam, bebek, burung merpati, elang
• Reptil: Ular, buaya, kura-kura, kadal
• Ikan: Ikan mas, ikan lele, ikan hiu
• Serangga: Kupu-kupu, nyamuk, lalat, lebah
• Amfibi: Katak, kodok (bertelur di air)
👶 HEWAN BERANAK (Vivipar)

Pengertian: Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak

Siklus Hidup Kucing:

🤰
DALAM KANDUNGAN
(60-65 hari)
🐱
ANAK KUCING
(Minum susu ibu)
🐈
KUCING DEWASA
(Bisa beranak lagi)
Contoh Hewan Beranak:
• Hewan Darat: Kucing, anjing, sapi, kambing, kelinci, gajah, harimau
• Hewan Air: Lumba-lumba, paus, anjing laut
• Hewan Terbang: Kelelawar
• Ciri khusus: Menyusui anaknya dengan air susu
Semua hewan menyusui (mamalia) pasti beranak. Tapi tidak semua hewan bertelur adalah mamalia. Contoh: Ayam bertelur tapi bukan mamalia.
4. Metamorfosis

Apa itu Metamorfosis?
Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan dari kecil sampai dewasa.

📊 Perbedaan Metamorfosis:
AspekMetamorfosis SempurnaMetamorfosis Tidak Sempurna
Jumlah Tahap4 Tahap3 Tahap
TahapanTelur → Larva → Pupa → DewasaTelur → Nimfa → Dewasa
Ada Fase Pupa?✅ Ada (kepompong)❌ Tidak ada
Bentuk LarvaSangat berbeda dari dewasaMirip dewasa (hanya lebih kecil)
ContohKupu-kupu, nyamuk, lalat, katakBelalang, jangkrik, kecoak, capung
🦋 CONTOH 1: Metamorfosis Kupu-kupu (Sempurna)

🥚
1. TELUR
Diletakkan di daun
🐛
2. LARVA
(Ulat)
Makan daun banyak
🥜
3. PUPA
(Kepompong)
Diam, berubah bentuk
🦋
4. DEWASA
(Kupu-kupu)
Bersayap, terbang
Penjelasan:
• Telur menetas jadi ulat (larva)
• Ulat makan daun terus sampai besar
• Ulat membuat kepompong (pupa)
• Di dalam kepompong, ulat berubah total
• Keluar dari kepompong jadi kupu-kupu cantik
🐸 CONTOH 2: Metamorfosis Katak (Sempurna)

🥚
1. TELUR
Di air
🐟
2. BERUDU
(Larva)
Berekor, hidup di air
🦎
3. KATAK MUDA
Tumbuh kaki
Ekor mengecil
🐸
4. KATAK DEWASA
Berkaki 4
Tanpa ekor
Penjelasan:
• Telur katak di air menetas jadi berudu
• Berudu punya ekor, bernapas dengan insang
• Berudu tumbuh kaki belakang, lalu kaki depan
• Ekor mengecil dan hilang
• Jadi katak dewasa dengan 4 kaki, tanpa ekor
🦟 CONTOH 3: Metamorfosis Nyamuk (Sempurna)

🥚
1. TELUR
Di air
🐛
2. JENTIK
(Larva)
Hidup di air
🥜
3. PUPA
Di air
Tidak makan
🦟
4. NYAMUK DEWASA
Bersayap
Terbang
🪰 CONTOH 4: Metamorfosis Lalat (Sempurna)

🥚
1. TELUR
Di tempat kotor
🐛
2. BELATUNG
(Larva)
Putih, lembek
🥜
3. PUPA
Keras
Cokelat
🪰
4. LALAT DEWASA
Bersayap
Hitam
Ingat: Metamorfosis SEMPURNA ada 4 tahap dan ada kepompong/pupa. Metamorfosis TIDAK SEMPURNA ada 3 tahap dan TIDAK ada kepompong. Bentuk nimfa sudah mirip dewasa, hanya lebih kecil dan belum bersayap sempurna.

Bab 3: Hubungan Antar Makhluk Hidup

1. Individu → Populasi → Komunitas → Ekosistem
🐟
INDIVIDU

Makhluk hidup tunggal
Contoh: Seekor ikan mas

🐟🐟🐟
POPULASI

Kumpulan individu sejenis di satu tempat
Contoh: Sekumpulan ikan mas di kolam

🐟🦐🌱
KOMUNITAS

Kumpulan populasi berbeda yang hidup bersama
Contoh: Ikan mas, udang, dan tanaman air di kolam

🐟🦐🌱💧🌞
EKOSISTEM

Komunitas + lingkungan (air, udara, tanah, cahaya)
Contoh: Ekosistem kolam (ikan, udang, tanaman, air, cahaya matahari)

Contoh Lain:

Di Hutan:
• Individu: Seekor harimau
• Populasi: Sekumpulan harimau di hutan
• Komunitas: Harimau, rusa, burung, pohon di hutan
• Ekosistem: Semua makhluk hidup + tanah, air, udara, cahaya

Di Sawah:
• Individu: Sebatang padi
• Populasi: Hamparan tanaman padi
• Komunitas: Padi, belalang, burung, cacing
• Ekosistem: Semua makhluk hidup + air, tanah, udara, cahaya
Urutan dari kecil ke besar: INDIVIDU → POPULASI → KOMUNITAS → EKOSISTEM. Ingat dengan cara: "Satu ikan → Banyak ikan → Ikan + makhluk lain → Semua + lingkungan"
2. Komponen Biotik dan Abiotik
🌱 KOMPONEN BIOTIK (Makhluk Hidup)

Pengertian: Semua makhluk hidup dalam ekosistem

Contoh Komponen Biotik:
• Manusia: Petani, nelayan, penduduk
• Hewan: Kucing, burung, ikan, serangga, sapi, kambing
• Tumbuhan: Pohon, rumput, bunga, padi, jagung
• Mikroorganisme: Bakteri, jamur (tidak terlihat mata)
💧 KOMPONEN ABIOTIK (Benda Mati)

Pengertian: Semua benda tidak hidup dalam ekosistem

Contoh Komponen Abiotik:
• Air: Sungai, laut, hujan, embun
• Udara: Oksigen, karbon dioksida, angin
• Tanah: Pasir, tanah liat, batu
• Cahaya Matahari: Sinar untuk fotosintesis
• Suhu: Panas atau dingin
• Mineral: Garam, zat besi dalam tanah
Hubungan Biotik dan Abiotik:
• Tumbuhan (biotik) butuh air dan cahaya (abiotik) untuk hidup
• Ikan (biotik) butuh air (abiotik) untuk bernapas
• Manusia (biotik) butuh udara (abiotik) untuk bernapas
• Semua makhluk hidup bergantung pada benda mati
Cara mudah mengingat: BIOTIK = Bernyawa (hidup). ABIOTIK = Tidak bernyawa (mati). Keduanya saling membutuhkan!
3. Rantai Makanan dan Piramida Makanan

Apa itu Rantai Makanan?
Peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu.

Piramida Makanan:

🦅
Konsumen Tingkat III
(Karnivora Besar)
Elang, Harimau
🐍
Konsumen Tingkat II
(Karnivora Kecil)
Ular, Kucing, Musang
🐰
Konsumen Tingkat I
(Herbivora)
Kelinci, Rusa, Tikus, Ulat
🌱
PRODUSEN
(Tumbuhan)
Rumput, Padi, Pohon, Alga
📝 Penjelasan Tingkatan:

1. PRODUSEN (Penghasil)
• Makhluk hidup yang bisa membuat makanan sendiri
• Semua TUMBUHAN hijau
• Membuat makanan dari cahaya matahari (fotosintesis)
• Contoh: Rumput, padi, jagung, pohon, ganggang
• Posisi: Paling bawah, paling banyak jumlahnya

2. KONSUMEN TINGKAT I (Herbivora)
• Hewan pemakan tumbuhan
• Makan langsung dari produsen
• Contoh: Kelinci, rusa, sapi, kambing, ulat, belalang
• Jumlahnya: Lebih sedikit dari produsen

3. KONSUMEN TINGKAT II (Karnivora Kecil)
• Hewan pemakan daging
• Makan herbivora
• Contoh: Ular, kucing, burung elang kecil, katak
• Jumlahnya: Lebih sedikit dari herbivora

4. KONSUMEN TINGKAT III (Karnivora Besar)
• Hewan pemakan daging yang lebih besar
• Makan karnivora kecil
• Contoh: Elang besar, harimau, singa, buaya
• Posisi: Paling atas, paling sedikit jumlahnya
• Disebut juga: Predator puncak (Top Predator)
Contoh Rantai Makanan:

Rantai Makanan di Sawah:
Padi → Belalang → Katak → Ular → Elang
(Produsen → Konsumen I → Konsumen II → Konsumen III → Konsumen IV)

Rantai Makanan di Hutan:
Rumput → Kelinci → Ular → Elang

Rantai Makanan di Laut:
Fitoplankton → Ikan kecil → Ikan sedang → Ikan hiu
Cara Mudah Mengingat:
• Produsen SELALU tumbuhan hijau
• Konsumen I SELALU hewan herbivora (makan tumbuhan)
• Konsumen II dan III adalah karnivora (makan daging)
• Bentuk piramida: Bawah lebar (banyak), atas sempit (sedikit)
• Tanda panah (→) artinya "dimakan oleh"
4. Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem
✅ PENGARUH POSITIF (Baik)

1. Reboisasi (Penghijauan)
• Menanam pohon di lahan gundul
• Manfaat: Mencegah banjir, udara bersih

2. Membuat Taman dan Hutan Kota
• Menyediakan tempat hidup hewan
• Manfaat: Udara sejuk, habitat satwa

3. Membuat Cagar Alam
• Melindungi hewan langka
• Manfaat: Hewan tidak punah

4. Daur Ulang Sampah
• Mengolah sampah jadi barang berguna
• Manfaat: Mengurangi pencemaran

5. Pertanian Organik
• Bertani tanpa pestisida kimia
• Manfaat: Tanah subur, sehat
❌ PENGARUH NEGATIF (Buruk)

1. Penebangan Hutan
• Menebang pohon sembarangan
• Akibat: Banjir, hewan kehilangan tempat tinggal, tanah longsor

2. Pencemaran Air
• Membuang limbah ke sungai/laut
• Akibat: Ikan mati, air tidak bisa diminum

3. Pencemaran Udara
• Asap pabrik, kendaraan bermotor
• Akibat: Udara kotor, penyakit pernapasan

4. Perburuan Liar
• Memburu hewan dilindungi
• Akibat: Hewan punah, rantai makanan rusak

5. Penggunaan Pestisida Berlebihan
• Menyemprot tanaman dengan racun
• Akibat: Serangga berguna mati, tanah rusak

6. Membuang Sampah Sembarangan
• Sampah di sungai, laut, tanah
• Akibat: Banjir, pencemaran, hewan makan plastik

Bab 4: Energi

1. Bentuk Energi di Sekitar Kita

Energi ada di sekitar kita dalam berbagai bentuk:

💡Energi Cahaya

Energi yang dapat kita lihat, berasal dari matahari, lampu, dan api. Membantu kita melihat benda di sekitar.

🔊Energi Bunyi

Energi yang dapat kita dengar, berasal dari alat musik, suara manusia, dan binatang. Dihasilkan dari getaran.

🔥Energi Panas

Energi yang membuat benda terasa hangat atau panas. Contoh: matahari, api, setrika.

Energi Listrik

Energi yang mengalir melalui kabel dan membuat alat elektronik bekerja. Contoh: televisi, kipas angin, lampu.

🏃Energi Gerak

Energi yang dimiliki benda yang bergerak. Contoh: mobil yang berjalan, bola yang menggelinding, angin bertiup.

2. Sumber Energi dan Pemanfaatannya

🔋 Sumber Energi Terbarukan

Energi yang tidak akan habis dan dapat digunakan terus-menerus:

  • Matahari - untuk mengeringkan pakaian, panel surya menghasilkan listrik
  • Angin - untuk menggerakkan kincir angin, berlayar
  • Air - untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • Panas Bumi - untuk PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi)

⛽ Sumber Energi Tidak Terbarukan

Energi yang jumlahnya terbatas dan bisa habis:

  • Minyak Bumi - untuk bahan bakar kendaraan, memasak
  • Gas Alam - untuk kompor gas, industri
  • Batu Bara - untuk pembangkit listrik
3. Perubahan Energi di Sekitar Kita

Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya:

🔦 Senter

Energi Kimia (baterai) → Energi Listrik → Energi Cahaya

💡 Lampu

Energi Listrik → Energi Cahaya + Energi Panas

🌬️ Kipas Angin

Energi Listrik → Energi Gerak

📻 Radio

Energi Listrik → Energi Bunyi

🎸 Gitar

Energi Gerak (petikan) → Energi Bunyi

☀️ Panel Surya

Energi Cahaya (matahari) → Energi Listrik

4. Cara Menghemat Energi Tidak Terbarukan

Mengapa harus menghemat? Karena energi tidak terbarukan jumlahnya terbatas dan bisa habis!

💡 Menghemat Listrik
  • Mematikan lampu saat tidak digunakan
  • Mencabut charger yang sudah tidak dipakai
  • Mematikan kipas angin dan AC saat meninggalkan ruangan
  • Menggunakan lampu hemat energi (LED)
🚗 Menghemat Bahan Bakar
  • Berjalan kaki atau bersepeda untuk jarak dekat
  • Menggunakan kendaraan umum
  • Berbagi kendaraan dengan teman atau keluarga
🔥 Menghemat Gas
  • Menutup panci saat memasak
  • Mematikan kompor setelah selesai memasak
  • Menggunakan api secukupnya
5. Perubahan Wujud Benda

Benda dapat mengalami perubahan wujud karena pengaruh suhu:

🧊 Membeku

Cair → Padat

Contoh: Air yang dimasukkan ke freezer menjadi es batu. Terjadi karena suhu dingin.

💧 Mencair

Padat → Cair

Contoh: Es krim yang meleleh, es batu yang dibiarkan di suhu ruangan. Terjadi karena suhu panas.

💨 Menguap

Cair → Gas

Contoh: Air yang mendidih mengeluarkan uap, pakaian basah yang dijemur menjadi kering. Terjadi karena suhu panas.

💦 Mengembun

Gas → Cair

Contoh: Butiran air di luar gelas berisi es, kaca jendela yang berembun di pagi hari. Terjadi karena suhu dingin.

❄️ Menyublim

Padat → Gas

Contoh: Kapur barus yang lama-lama habis tanpa meleleh, es kering (dry ice). Terjadi tanpa melalui wujud cair.

✨ Mengkristal (Deposisi)

Gas → Padat

Contoh: Uap air di udara yang berubah menjadi salju, embun beku di pagi hari. Terjadi tanpa melalui wujud cair.



lATIHAN SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER

ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) 

KELAS 3

A. PILIHAN GANDA (20 SOAL)

1. Andi sedang membaca buku di kamar yang gelap. Matanya terasa perih dan pusing. Indra yang digunakan Andi untuk membaca adalah....

A. hidung

B. mata

C. telinga

D. lidah


2. Andi sedang mengendarai sepeda motor. Saat berhembus debu dan angin, refleks matanya menutup. Bagian mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari benda asing adalah....

A. alis

B. bulu mata

C. retina

D. kelopak mata


3. Dina sering menonton TV sambil tiduran dan membaca buku di tempat gelap. Akibatnya matanya menjadi minus. Cara menjaga kesehatan mata yang benar adalah....

A. membaca di tempat yang terang

B. menonton TV dari jarak dekat

C. membaca sambil tiduran

D. mengucek mata dengan tangan kotor



4. Pak Tono menanam biji jagung di kebunnya. Beberapa hari kemudian, biji tersebut mulai tumbuh tunas kecil. Urutan siklus hidup tumbuhan yang benar adalah....

A. bunga - biji - tunas - pohon dewasa

B. biji - tunas - pohon dewasa - bunga

C. tunas - biji - bunga - pohon dewasa

D. pohon dewasa - tunas - biji - bunga


5. Bu Ani memelihara ayam dan kucing di rumahnya. Ayam bertelur di kandang, sedangkan kucing melahirkan anak. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah....

A. kucing

B. ayam

C. sapi

D. kambing


6. Rudi menemukan ulat di kebun yang kemudian berubah menjadi kepompong. Beberapa minggu kemudian, kepompong itu pecah dan keluar kupu-kupu. Metamorfosis sempurna memiliki tahapan....

A. telur - nimfa - dewasa

B. telur - larva - pupa - dewasa

C. telur - dewasa

D. larva - pupa - dewasa


7. Sinta mengamati katak di kolam. Katak bertelur, lalu berubah menjadi kecebong. Kemudian ia berkembang menjadi katak kecil dan katak dewasa. Selain katak, hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna adalah....

A. belalang

B. jangkrik

C. kupu-kupu

D. kecoak


8. Bayi Rian baru lahir dengan berat 3 kg. Sekarang Rian sudah berusia 8 tahun dan tingginya 120 cm. Manusia mengalami perubahan dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga....

A. mati

B. tua (lansia)

C. sakit

D. kuat



9. Di kolam sekolah terdapat 50 ekor ikan mas yang berenang bersama-sama. Mereka adalah satu jenis ikan yang hidup di tempat yang sama. Kumpulan ikan mas tersebut disebut....

A. individu

B. populasi

C. komunitas

D. ekosistem


10. Di taman terdapat rumput, kupu-kupu, belalang, burung, dan pohon yang hidup bersama. Mereka saling berinteraksi satu sama lain. Kumpulan dari beberapa populasi yang hidup bersama di suatu tempat disebut....

A. individu

B. komunitas

C. habitat

D. biosfer


11. Rina mengamati akuarium yang berisi ikan, tanaman air, batu, dan air jernih. Ikan dan tanaman air bergerak, sedangkan batu dan air tidak. Yang termasuk komponen biotik dalam akuarium adalah....

A. batu dan air

B. air dan tanaman

C. ikan dan tanaman air

D. batu dan pasir


12. Pak Budi menanam padi di sawah. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular. Dalam rantai makanan tersebut, padi berperan sebagai....

A. konsumen I

B. produsen

C. konsumen II

D. pengurai


13. Di kebun sekolah, lebah mengisap madu dari bunga. Bunga mendapat bantuan lebah untuk penyerbukan. Keduanya saling diuntungkan. Simbiosis antara lebah dengan bunga adalah contoh simbiosis....

A. parasitisme

B. komensalisme

C. mutualisme

D. kompetisi


14. Ikan remora menempel pada tubuh ikan hiu. Ikan remora mendapat makanan sisa dari ikan hiu, tetapi ikan hiu tidak dirugikan. Hubungan ini adalah contoh simbiosis....

A. mutualisme

B. komensalisme

C. parasitisme

D. kompetisi


15. Manusia membangun pabrik di dekat hutan. Asap pabrik membuat pohon-pohon mati dan hewan-hewan pergi. Pengaruh negatif manusia terhadap ekosistem adalah....

A. melestarikan hutan

B. menanam pohon baru

C. mencemari lingkungan

D. menjaga kebersihan


16. Setiap pagi, Ani menjemur pakaian basah di halaman rumah. Sore harinya, pakaian sudah kering karena terkena sinar matahari. Bentuk energi yang dihasilkan oleh matahari adalah energi....

A. cahaya dan panas

B. gerak dan bunyi

C. listrik dan kimia

D. pegas dan gravitasi


17. Desa Pak Hasan menggunakan kincir angin dan panel surya untuk menghasilkan listrik. Energi ini tidak akan habis meskipun terus digunakan. Sumber energi yang dapat diperbarui adalah....

A. air dan angin

B. batu bara

C. gas alam

D. minyak bumi


18. Ibu menyetrika baju menggunakan setrika listrik. Setrika yang awalnya dingin menjadi panas saat dialiri listrik. Perubahan energi yang terjadi pada setrika listrik adalah....

A. energi listrik menjadi energi gerak

B. energi listrik menjadi energi bunyi

C. energi listrik menjadi energi panas

D. energi panas menjadi energi listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kisi kisi ipas kelas 3 Kamis 4 Desember 2025

​ 1. Pancaindra dan Fungsinya Apa itu Pancaindra? Pancaindra adalah lima alat indra yang dimiliki manusia untuk mengenali lingkungan sekitar...