Sabtu, 11 Oktober 2025

Kisi kisi STS kelas 3 , Senin 12 Oktober 2025

SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

KISI-KISI SOAL

SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS) GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Kelas/Semester: III (Tiga) / Ganjil
Hari/Tanggal: Senin, 13 Oktober 2025
Jumlah Soal: 50 Soal (35 Pilihan Ganda, 10 Isian, 5 Uraian)

 

NoTujuan PembelajaranButir SoalTingkat KognitifNomor SoalJenis Soal





1Siswa mampu menerapkan sikap sopan santun dalam berkenalan dan bertemanMenentukan sikap yang tepat saat bertemu teman baruC3
(Penerapan)1 (PG)PG




2Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur identitas diri yang perlu disebutkan saat berkenalanMenentukan identitas diri yang disebutkan saat berkenalanC2
(Pemahaman)2 (PG),
1 (Isian)PG & Isian



3Siswa mampu memahami pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuanMenentukan bahasa yang digunakan saat berkenalan dengan teman berbeda daerahC2
(Pemahaman)3 (PG)PG




4Siswa mampu mengidentifikasi asal daerah seseorang berdasarkan informasi yang diberikanMenentukan siswa yang berasal dari pulau JawaC1
(Pengetahuan)4 (PG)PG




5Siswa mampu menerapkan sikap menghargai dan menghormati keragaman identitas diriMenentukan sikap yang tepat dalam menghadapi keragamanC3
(Penerapan)5 (PG),
9 (PG),
10 (PG),
11 (PG),
12 (PG),
10 (Isian)PG & Isian
6Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis dokumen identitas diriMenentukan jenis-jenis dokumen identitas (Akta Kelahiran, KIA, dll)C1
(Pengetahuan)6 (PG),
7 (PG)PG



7Siswa mampu memahami komponen-komponen identitas diri (fisik dan sosial)Mengklasifikasikan yang termasuk identitas diriC2
(Pemahaman)8 (PG),
3 (Isian)PG & Isian



8Siswa mampu memahami manfaat memiliki banyak teman dari berbagai latar belakangMenjelaskan manfaat berkenalan dan memiliki banyak temanC2
(Pemahaman)1 (Uraian)Uraian




9Siswa mampu memahami pentingnya mengetahui identitas diri dan alamat lengkapMenjelaskan pentingnya anak mengetahui identitas diri dan alamat rumahC4
(Analisis)2 (Uraian)Uraian




10Siswa mampu memahami tingkatan wilayah administrasi di Indonesia (RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota)Menentukan tingkatan wilayah administrasi berdasarkan deskripsiC2
(Pemahaman)13 (PG),
14 (PG),
15 (PG),
16 (PG),
6 (Isian)PG & Isian
11Siswa mampu mengidentifikasi suku bangsa yang berasal dari berbagai pulau di IndonesiaMenentukan suku bangsa berdasarkan pulau asalnyaC1
(Pengetahuan)17 (PG),
5 (Isian)PG & Isian



12Siswa mampu mengidentifikasi rumah adat dari berbagai daerah di IndonesiaMenentukan asal daerah rumah adat berdasarkan gambarC1
(Pengetahuan)18 (PG)PG




13Siswa mampu mengidentifikasi pakaian adat dari berbagai daerah di IndonesiaMenentukan pakaian adat Lampung dan daerah lainnyaC1
(Pengetahuan)19 (PG),
4 (Isian)PG & Isian



14Siswa mampu menerapkan cara melestarikan budaya IndonesiaMenentukan cara yang tepat dan tidak tepat dalam melestarikan budayaC3
(Penerapan)20 (PG)PG




15Siswa mampu menunjukkan sikap mencintai keberagaman budaya IndonesiaMenganalisis sikap yang mencerminkan kecintaan terhadap keberagaman budayaC4
(Analisis)21 (PG),
2 (Isian)PG & Isian



16Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai wilayah tempat tinggal di IndonesiaMenentukan karakteristik wilayah (pesisir, pegunungan, perkotaan, pedesaan)C2
(Pemahaman)22 (PG),
24 (PG),
25 (PG),
9 (Isian),
3 (Uraian)PG, Isian & Uraian
17Siswa mampu memahami kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauanMenentukan julukan Indonesia berdasarkan kondisi geografisnyaC2
(Pemahaman)23 (PG)PG




18Siswa mampu membaca dan memahami denah sederhanaMenentukan lokasi dan rute berdasarkan denahC3
(Penerapan)26 (PG),
27 (PG),
28 (PG),
29 (PG),
7 (Isian)PG & Isian
19Siswa mampu memahami arah mata angin pada denahMenentukan arah mata angin yang benarC2
(Pemahaman)8 (Isian)Isian




20Siswa mampu menerapkan sikap yang tepat saat berada di lingkungan baru atau tidak mengenal jalanMenentukan sikap yang tepat saat tersesat atau tidak tahu jalanC3
(Penerapan)30 (PG),
35 (PG)PG



21Siswa mampu menerapkan sikap bertanggung jawab dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hariMenentukan sikap yang menunjukkan tanggung jawab dan sopan santunC3
(Penerapan)31 (PG),
32 (PG)PG



22Siswa mampu memahami manfaat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakatMenentukan dampak positif dari kegiatan gotong royongC2
(Pemahaman)33 (PG)PG




23Siswa mampu memahami manfaat mengenal lingkungan tempat tinggalMenentukan manfaat mengenal daerah lingkungan tempat tinggalC2
(Pemahaman)34 (PG)PG




24Siswa mampu mengidentifikasi fasilitas umum dan manfaatnya di lingkungan tempat tinggalMenyebutkan contoh fasilitas umum beserta manfaatnyaC1
(Pengetahuan)4 (Uraian)Uraian




25Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dan mata pencaharian penduduk berdasarkan wilayah geografisMenentukan nama wilayah dan mata pencaharian berdasarkan gambarC3
(Penerapan)5 (Uraian)Uraian





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI KISI SENI RUPA KELAS 3 , RABU 15 OKTOBER 2025

SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG KISI-KISI SOAL  SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS) GANJIL TAHUN PELAJARAN 2025/2026 Mata Pelajaran : Pendidikan Panc...