Rabu, 03 September 2025

Materi ajar kelas 3, kamis 4 September 2025

Hari/Tanggal : Kamis 4 September 2025

Muatan Pembelajaran :  

1. PANCASILA (Tempat tinggalku di NKRI)

2 BAHASA INDONESIA (Ide Pokok)

Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan

Alat Peraga/Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar

Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 


Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan 
sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.

Pendidikan Pancasila 

Perhatikan video di bawah ini!




Bangsa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas mulai dari Sabang sampai Merauke. Wilayah ini menggambarkan adanya persatuan dan kesatuan. Wilayah Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang mempunyai identitas berbeda-beda. Hal ini disebabkan letak wilayahnya sangat dipengaruhi pada keadaan alam suatu wilayah.

Rumah kita adalah tempat tinggal kita berkumpul bersama keluarga. Lingkungan terdekat kita adalah tetangga. Untuk itu, kita juga harus hidup rukun dengan tetangga. Rumah kita adalah tempat tinggal kita berkumpul bersama keluarga. Lingkungan terdekat kita adalah tetangga. Untuk itu, kita juga harus hidup rukun dengan tetangga. Gabungan dari beberapa Kepala Keluarga (KK) dalam suatu desa/kelurahan akan membentuk Rukun Tetangga (RT). Beberapa Rukun Tetangga (RT) dalam suatu desa/kelurahan akan terbentuk Rukun Warga (RW).

RT merupakan sebutan untuk sekumpulan warga yang tinggalnya saling berdekatan. Dengan pengengelompokan ini dapat memudahkan komunikasi dan kerukunan antarwarga. RT akan dipimpin oleh Ketua RT.

Selanjutnya, RW merupakan sebutan dari kumpulan beberapa RT. RW dipimpin oleh Ketua RW. Kumpulan beberapa RW dalam wilayah menjadi sebuah desa/kelurahan yang merupakan bagian dari NKRI. Alamat rumahmu merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


B.Indonesia 



Ide Pokok Paragraf

Paragraf 1

Pagi hari udara terasa sangat sejuk. Matahari mulai muncul dari arah timur. Burung-burung berkicau di pohon mangga dekat rumah Rani. Di halaman rumah, bunga mawar dan melati terlihat mekar dengan indah. Rani menyapu halaman sambil menikmati udara segar. Ayah sedang membersihkan motor sebelum berangkat kerja. Ibu menyiapkan sarapan di dapur. Suasana pagi itu membuat semua anggota keluarga merasa bersemangat.

Pertanyaan:

  1. Apa ide pokok paragraf 1?
  2. Tuliskan tiga kalimat penjelas dari paragraf 1!

Paragraf 2

Hari Minggu adalah hari yang ditunggu-tunggu Andi. Pada hari itu, ia tidak pergi ke sekolah. Andi bisa bermain lebih lama bersama teman-temannya. Pagi hari ia biasanya bersepeda di sekitar kompleks perumahan. Setelah itu, ia bermain sepak bola di lapangan dekat rumah. Siang harinya, Andi membantu ayah mencuci mobil. Sore hari, ia ikut ibu berbelanja ke pasar. Hari Minggu menjadi hari yang menyenangkan bagi Andi dan keluarganya.

Pertanyaan:

  1. Apa ide pokok paragraf 2?
  2. Tuliskan tiga kalimat penjelas dari paragraf 2

Latihan Soal

Bacalah paragraf berikut, lalu tentukan ide pokoknya!

  1. Setiap hari udara pagi terasa sejuk. Banyak orang memanfaatkannya untuk berolahraga. Ada yang jogging, bersepeda, atau hanya berjalan santai.
  2. 👉 Ide pokok: ......................................................................................
  3. Mangga adalah buah tropis yang rasanya manis. Buah ini banyak tumbuh di Indonesia. Mangga dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus.
  4. 👉 Ide pokok: ......................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Senin 20 Oktober 2025

Hari/Tanggal : Senin, 20 Oktober 2025 Muatan Pembelajaran :   1. IPAS (Simbiosis) 2. Bahasa Indonesia (Majas Hiperbola) Metode Penbelajaran ...