Rabu, 21 Mei 2025

Materi Ajar Kamis 22 Mei 2025

    Hari/Tanggal                              : Kamis, 22 Mei 2025

    Muatan  Pembelajaran              :  

    1. IPAS                              : Bagaiman Kita Hidup dan Bertumbuh

    2. Bahasa Indonesia         : Sayangi Bumi

    Media pembelajaran         : Video/PPT, LKPD   

    Model Pembelajaran         : PBL, Kooperatif

    Metode Pembelajaran       : Diskusi, ceramah

                                                                                                                                                                                                   

    Capaian  Pembelajaran IPAS

    Elemen Pemahaman IPAS:

    Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuhnya dengan benar.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

    Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.



    Apa kabar anak sholih sholihah.........
    semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
         Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat  mendeskripsikan prosesnya bertumbuh, mengidentifikasi masa pubertas, mengenal teks eksposisi, menjelaskan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah kabupaten / kota
        
      IPAS
                             


    Perubahan pada masa pubertas:










    Kerjakan latihan berikut!

     
     1. Jelakan perbedaan pertumbuhan dan 

     perkembangan!


      2. Tuliskan 3 Faktor penyebab pertumbuhan manusia!
      
      3. Tuliskan fase-fase pertumbuhan yang dialami oleh

     manusia berikut usianya!
      
      4. Tuliskan 3 ciri pubertas pada laki-laki dan 3 ciri

     pubertas pada perempuan!
      
      5.  Tuliskan 3 cara bersikap yang bijak saat pubertas!



      Bahasa Indonesia
      
      Teks Eksposisi

       



Kerjakan latihan berikut!
Pilihan Ganda
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Wiwin membaca sekilas suatu teks yang panjang untuk mendapatkan gambaran tentang isi teks tersebut. Kegiatan membaca yang dilakukan Wiwin disebut. . .
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting

2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan

   Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.

Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas

3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.

Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai


4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan

5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya

Kesimpulan : pada pembelajaran bahasa indonesia peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik dan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi kisi Ipas Senin 2 Mei 2025

Hari/Tanggal             : Senin, 2 Juni 2025 Muatan SAS                : 1. IPAS  2. B. LAMPUNG                                            ...