Hari/Tanggal : Senin, 4 novembe 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri Melalui Hobi
3. Seni Budaya : Karya Seni Makrame
Media Pembelajaran : Video/PPT,
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik diharapkan dapat mengubah berbagai bentuk pecahan, peserta didik dapat mengekspresikan diri melalui hobi, menjawab pertanyaan dan mengenal makrame dan jenis ikatan dan simpul
Matematika
Operasi Hitung Pecahan
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama
Ayo Berlatih!
Setelah menyimak video di atas sekarang mari kita mencoba sejauh mana pemahaman materi yang sudah disampaikan
1. kerjakan soal 1-4 berikut dengan benar!
5. Kerjakan no 5-7 berikut!
8. Perhatikan soal berikut!
9. Bacalah soal berikut dengan saksama, lalu kerjakan dengan benar!
.Sebuah taman kota, 4/6 luas tanah ditanami bunga mawar dan 1/6 luas lainnya ditanami bunga melati. Berapa total bagian tanah yang ditanami bunga?
10. Vina mempunyai seutas tali masing-masing panjangnya 2 meter. Kemudian tali itu dipotong sebanyak 1/4 meter. Panjang sisa tali Vina adalah... meter
SENI BUDAYA
Mengenal jenis -jenis ikatan dan sampul
Simaklah video berikut ini!
Setelah menyimak video di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Ikatan adalah ......
2. Simpul adalah ......
3. Tuliskan 10 jenis ikatan dan gunanya!
4. Tuliskan 10 jenis simpul dan gunanya!
PAS
Siklus Air
Siklus Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.
Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.
Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang. Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar untuk materi pengurangan pecahan biasa masih ada lima siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan soal pengurangan pecahan biasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar