Hari/Tanggal                              : Rabu, 6 Nov 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Pengukuran 

2. Bahasa Indonesia         : Ekspresi Diri Melalui Hobi

Media Pembelajaran                  : Video, alat tulis, tali kur,

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen 

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini Bu Guru harap kalian menghitung keliling dengan benar, menulis surat dengan memperhatikan penulisan surat yang benar, dan menemukan karya seni makrame, dan menguraikan aneka bahan yang dapat digunakan dalam karya seni makrame.

   Matematika
Keliling Bangun Datar



Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!
Keliling persegi panjang di atas yaitu . . .
A. 19 cm
B. 26 cm
C. 36 cm
D. 38 cm

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut!
Keliling persegi di atas yaitu . . .
A. 22 cm
B. 36 cm
C. 44 cm
D. 46 cm

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut!
Keliling trapesium di atas yaitu . . .
A. 18 cm
B. 23 cm
C. 26 cm
D. 28 cm

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut!
Keliling bangun datar di atas yaitu . . .
A. 18 cm
B. 24 cm
C. 34 cm
D. 36 cm

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!
Keliling bangun datar di atas yaitu . . .
A. 36 cm
B. 38 cm
C. 40 cm
D. 42 cm


Bahasa Indonesia
Menulis Surat Pribadi 


Masih ingatkah kalian cara menulis surat yang baik? Nah, jurnal membaca kali ini memberikan contoh bagaimana menuliskan surat pribadi kepada tokoh pada artikel yang sedang kalian baca. Seandainya dapat menulis surat kepada tokoh utama, apakah yang akan kalian katakan dan tanyakan kepada tokoh tersebut? Tulislah surat pada selembar kertas. Perhatikan unsur penulisan surat pada contoh.
Bagian SuratKalimat
Tempat dan tanggal penulisan suratJudul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Penulis : Juarana
Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020
Tokoh Utama : Jefri
(1) Surabaya, 16 Agustus 2020
Nama dan alamat penerima suratUntuk: Jefri Mamantouw
Jalan Walanda Maramis 123A
Manado
Nama pengirimHai, Jefri, apa kabar? (3)
Kalimat pembuka suratKenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4)
Isi suratAku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5)
Kalimat penutupKuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6)
Salam penutup Salam, Teman barumu (7)

Doni Waluyo

Tugas
Buatlah surat pribadimu dengan memperhatikan penulisan surat.


Seni Rupa

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan karya seni makrame untuk membuat gelang tangan dengan kreativitas sendiri, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Membuat Makrame
  1. Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
  2. Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau kaitkan dengan paku, lem, isolasi, dan lain-lain;
  3. Buatlah dengan menerapkan simpul ganda seperti pada unit sebelumnya;
  4. Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas dan seterusnya sampai dengan panjang yang diinginkan;
  5. Ikatlah pada bagian akhir simpul denga ikatan mati agar tidak mudah terlepas;
  6. Potonglah sisa tali yang tidak di gunakan agar terlihat lebih rapi;
  7. Cobalah pada tangan untuk mengukur panjang simpulan yang dibutuhkan;
  8. Karya seni makrame gelang tali dengan simpul ganda telah selesai.


 Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendeknya.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





Kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran Bahasa indonesia peserta didik sudah dapat memahami apa itu surat pribadi dan surat resmi 

pembelajaran matematika ada 2 siswa yang belum memahami pembelajaran karna terkendala belum hapal nya perkalian dengan lancar 
guru memberikan soal tambahan