Hari/Tanggal : Rabu, 6 Nov 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengukuran
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Media Pembelajaran : Video, alat tulis, tali kur,
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
A. 19 cm
B. 26 cm
C. 36 cm
D. 38 cm
A. 22 cm
B. 36 cm
C. 44 cm
D. 46 cm
A. 18 cm
B. 23 cm
C. 26 cm
D. 28 cm
A. 18 cm
B. 24 cm
C. 34 cm
D. 36 cm
A. 36 cm
B. 38 cm
C. 40 cm
D. 42 cm
Bagian Surat | Kalimat |
---|---|
Tempat dan tanggal penulisan surat | Judul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi Penulis : Juarana Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020 Tokoh Utama : Jefri (1) Surabaya, 16 Agustus 2020 |
Nama dan alamat penerima surat | Untuk: Jefri Mamantouw Jalan Walanda Maramis 123A Manado |
Nama pengirim | Hai, Jefri, apa kabar? (3) |
Kalimat pembuka surat | Kenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4) |
Isi surat | Aku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5) |
Kalimat penutup | Kuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6) |
Salam penutup | Salam, Teman barumu (7) Doni Waluyo |
- Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
- Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau kaitkan dengan paku, lem, isolasi, dan lain-lain;
- Buatlah dengan menerapkan simpul ganda seperti pada unit sebelumnya;
- Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas dan seterusnya sampai dengan panjang yang diinginkan;
- Ikatlah pada bagian akhir simpul denga ikatan mati agar tidak mudah terlepas;
- Potonglah sisa tali yang tidak di gunakan agar terlihat lebih rapi;
- Cobalah pada tangan untuk mengukur panjang simpulan yang dibutuhkan;
- Karya seni makrame gelang tali dengan simpul ganda telah selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar