Hari : Selasa, 1 Oktober 2024
Fase/Kelas: C/5
Muatan Pembelajaran
- Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
- IPAS : Sistem Pernapasan
- Pend. Pancasil : Gotong Royong
Media Pembelajaran : Video
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya;
Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
IPAS
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Cahaya dapat dipantulkan
2. Cahaya dapat dibiaskan
3. Cahaya merambat ke segala arah
4. Cahaya merambat lurus
Pernyataan yang tepat terkait sifat cahaya ditunjukkan oleh pernyataan nomor...
A. 1,2, dan 3 B. 1,2, dan 4
C. 2,3, dan 4 D. 1,3, dan 4
2. Salah satu cara mata kita tetap basah dan menghindari dari benda masuk dalam mata adalah….
A. memejamkan mata B. mengucek mata
C. berkedip D.membelalakkan mata
3. Andre dan teman-temanya menonton di bioskop. Suara para tokoh dalam film tersebut begitu jelas terdengar. Hal ini terjadi karena dinding gedung bioskop dilapisi oleh ……. tebal dan lantainya dilapisi dengan …..
A. besi dan karpet B. busa dan karpet
C. kayu dan keramik D. tembok dan tikar
4. Bunyi akan merambat paling baik pada medium yang partikel-partikel penyusunnya sangat berdekatan. Medium yang dimaksud yaitu....
A.Cair B. gas C.Padat D. ruang vakum
5. Perhatikan bagian-bagian telinga berikut!
1) saluran eustachius
2) daun telinga
3) saluran telinga
4) rumah siput
Bagian telinga yang berfungsi menjaga tekanan udara supaya tetap imbang ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
6. Dara berteriak di suatu ruangan yang kosong. Bunyi pantulannya terdengar kembali setelah ia selesai berteriak. Peristiwa tersebut disebut ....
A.gema B. gaung
C. penyerapan D. polarisasi
7. Pernapasan terjadi dengan melibatkan organ-organ pernapasan, berikut adalah urutan jalannya pernapasan pada manusia, yaitu…
A.rongga hidung →trakea →faring→laring→paru-paru→bronkus
B. rongga hidung →trakea →laring→faring→bronkus →paru-paru
C. rongga hidung →faring →laring→trakea→bronkus →paru-paru
D. rongga hidung →laring →faring→trakea→bronkus →paru-paru
8. Berikut proses pernafasan dada pada manusia ketika udara dihirup maka ….
A. Tulang rusuk terangkat dan rongga dada membesar
B. Tulang rusuk mengendur dan rongga dada membesar
C. Tulang rusuk terangkat dan rongga dada mengecil
D. Tulang rusuk mengendur dan rongga dada mengecilegiatan manusia yang dapat mengakibatkan polusi udara….
9. Kita bernapas untuk menghirup oksigen. Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok mencemari udara. Udara tercemar menyebabkan ketersediaan oksigen menipis sehingga kita merasa sesak napas. Kondisi tersebut merupakan gangguan pernapasan karena disebabkan….
A.faktor fisik B.faktor lingkungan
C.faktor penyakit D.faktor umum
10. Pada sebuah ekosistem terdapat komponen biotik yang terdiri dari ulat, elang,, tanaman strawberry, jamur dan burung pipit. Gambarkan sebuah rantai makanan berdasarkan ilustrasi tersebut!
Bahasa Indonesia
Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih. Pilihlah kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk...
A. Titi membaca buku di perpustakaan.
B. Ibu memasak di dapur dan adik bermain di taman.
C. Ayah sedang bekerja di kantor.
D. Udin suka bermain bola.
Perhatikan kalimat dibawah ini!
1. Dian adalah anak baik.
2. Cici suka makanan pedas, tetapi Caca lebih suka makanan manis.
3. Mereka bermain bola di lapangan, sedangkan kami memilih bermain di dalam rumah.
4. Siska dan Riri adalah anak yang cerdas.
Berdasarkan kalimat di atas yang merupakan kalimat majemuk setara berlawanan adalah...
A. 1 dan 2 C. 1 dan 4
B. 2 dan 4 D. 2 dan 3
Di bawah ini adalah kalimat majemuk, kalimat yang bukanmerupakan kalimat majemuk...
A. Ibu memasak di dapur dan Ayah membaca koran.
B. Saya belajar di rumah atau di perpustakaan.
C. Ayah bekerja keras supaya kami bisa hidup dengan nyaman.
D. Rani bermain di taman.
Randi bertanya, “Apakah Dion ada di kamar?”
Apabila kalimat langsung diatas diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka bunyinya adalah...
A. Randi bertanya apabila Dion ada di kamar
B. Randi menanyakan, kalau Dion ada di kamar
C. Randi menanyakan, apakah Dion ada di kamar.
D. Randi bertanya bahwa Dion ada di kamar.
Pend. Pancasila
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah
Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar berjalan dengan baik, Peserta didik dapat memahami soal yang diberikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar