Selasa, 01 Oktober 2024

Materi Ajar, Rabu 2 Oktober 2024

Hari : Rabu, 2 Oktober 2024

Fase/Kelas: C/5

Muatan Pembelajaran :

  1. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
  2. Matematika : Bilangan Pecahan 
  3. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong

Media Pembelajaran : Video, Flash Card “Pecahan”

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. 

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih/Sholihah?

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Matematika

Apa itu pengurutan pecahan?

Mengurutkan pecahan adalah menyusun sekumpulan pecahan dari terkecil hingga terbesar ( urutan menaik ) atau dari terbesar ke terkecil ( urutan menurun ).

Mari simak video berikut:

Cara mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama seperti mengurutkan bilangan cacah pada umumnya.

Misalnya pecahan 3/9, 5/9, 1/9 diurutkan dari yang terkecil menjadi 1/9, 3/9, 5/9.

Contoh pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, sehingga cara mengurutkannya hanya perlu melihat pembilang atau nilai angka yang di atas.

Langkah mengurutkan pecahan dengan penyebut yang tidak sama seperti berikut. 

1. Mencari nilai KPK dari penyebut pecahan yang ingin diurutkan.

2. Mengalikan setiap penyebut pecahan dengan angka lain untuk menghasilkan nilai KPK tersebut.

3. Pembilang juga dikalikan sama dengan angka perkalian penyebut.

Baiklah sekarang Ayo kita berlatih mengurutkan pecahan!

Soal no.1 Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!


Soal no.2 Urutkan pecahan berikut dari pecahan terbesar ke pecahan terkeil!


Soal no 3 

perhatikan penyebutnya, lalu urutkan pecahan tersebut dari pecahan terbesar ke pecahan terkecil!


Soal no.4 Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!


Bahasa Indonesia

Meresensi Identitas buku

Identitas buku adalah ciri atau bagian yang melekat dari sebuah buku. Selain untuk memberi informasi kepada pembaca, identitas buku juga diperlukan agar pembaca bisa mengidentifikasi buku yang diresensi.

Secara garis besar, unsur dan jenis identitas buku memuat hal yang sama, yakni judul, penulis, tahun terbit, halaman buku, penerbit serta ISBN. Berikut unsur indentitas buku:  

Identitas buku yang dapat diidentifikasi antara lain:

  1. Judul buku
  2. Nama penulis
  3. Penerbit buku
  4. Tahun terbit buku
  5. Jumlah halaman atau tebal buku
  6. Ukuran buku
  7. ISBN (International Standard Book Number) 

Judul Judul menjadi unsur terpenting dalam identitas buku. Judul biasanya dituliskan di urutan pertama atau yang paling atas. 

Halaman buku 

Unsur penting lainnya dalam identitas buku ialah jumlah halaman buku. Hal ini cukup penting untuk menjadi referensi para pembaca ketika berminat untuk membeli buku tersebut. 

Penerbit 

Penerbit buku mengacu pada pihak yang mencetak buku tersebut.

ISBN 

Beberapa pembuat resensi juga mencantumkan ISBN atau International Standard Book Number. ISBN terdiri atas 13 digit nomor yang berbeda pada tiap bukunya

Pend Pancasila


Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah

Kesimpulan : Peserta didik antusias bermain game menggunakan media flashcard materi mengurutkan dan membandingkan pecahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jum’at 4 Oktober 2024

Hari : Jumat, 4 Oktober 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Sistem Pencernaan Media Pembelajaran : Video dan Wordwall Capaian Pembelajaran IPAS ...