Hari : Senin, 9 September 2024
Fase/Kelas : C/5
Muatan Pembelajaran :
- Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
- Matematika : KPK dan FPB
- Seni Rupa : Prinsip desain
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
Capaian Pembelajaran Seni Rupa
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik
menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Bahasa Indonesia
Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
Saat membaca teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”, kalian akan menemukan dua jenis kalimat. Ada yang dituliskan dengan tanda baca berupa tanda petik “.....” dan ada yang tidak. Hal serupa dapat kalian temui dalam sebuah cerita dari buku atau majalah. Apakah makna kedua jenis kalimat tersebut? Bagaimana cara menuliskan kalimat dengan tepat?
Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan langsung oleh pembicara kepada orang yang dituju.
Contoh:
- “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.
- “Adi, tunggu!” panggilku.
Kalimat Tidak Langsung
Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang mengutarakan kembali isi perkataan pembicara dalam bentuk kalimat berita.
Contoh:
- Kelinci Kecil mengatakan bahwa ia sedang bosan.
- Aku memanggil Adi agar menungguku.
Perubahan Kalimat Langsung menjadi Tidak Langsung
Perubahan kalimat langsung → kalimat tidak langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah perubahan kata ganti
- Saya/Aku → Dia
- Kami → Mereka
- Kamu → Saya
- Kalian/Kita → Kami
Perubahan kalimat tidak langsung → kalimat langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah:
- Perubahan subjeknya (kamu menjadi saya atau aku, kalian menjadi mereka);
- Tidak lagi menggunakan tanda petik ( “ )
- Dapat menambahkan kata “bahwa”.
Setelah membaca dan mendengarkan penjelasan dari guru, dapatkah kalian menjelaskan ciri-ciri kalimat langsung dan tidak langsung? Berikan contoh kalimat langsung dan tidak langsung lainnya yang kalian dapati pada teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”.
Matematika
SOAL CERITA KPK dan FPB
Ayo Mencoba
1. Udin dan Beni berenang bersama-sama pada tanggal 8 Desember 2017. Udin berenang setiap 4 hari sekali, dan Beni setiap 5 hari sekali. Pada tanggal berapa mereka akan berenang bersama-sama untuk kedua kalinya?
Faktor dari 4 = 2 x 2 = 2²
Faktor dari 5 = 5
KPK = 2² x 5 = 4 x 5 = 20 hari
Jadi Udin dan Beni pada tanggal = 8 Desember 2017 + 20 hari = 28 Desember 2017
2. ayu mempunyai 24 permen coklat dan 45 permen susu. Permen tersebut akan dimasukan dalam plastik dengan isi yang sama. (a) Ada berapa plastik untuk permen tersebut? (b) Berapa permen coklat dan permen susu pada masing-masing plastik?
Faktorisasi dari 24 adalah 2³ x 3,
Faktorisasi dari 45 adalah 3² x 5,
FPB dari 24 dan 45 adalah 3.
Banyak plastik untuk permen tersebut ada 3 plastik
24 : 3 = 8
45 : 3 = 9
Tiap plastik berisi 8 permen coklat dan 9 permen susu,
Mudahnya, untuk membedakan penggunaan KPK dan FPB dalam soal adalah dengan melihat kalimat dari soal tersebut. Soal cerita yang harus diselesaikan dengan perhitungan FPB mempunyai ciri, yaitu:
Ada kata ‘paling banyak’ atau ‘sebanyak-banyaknya’ atau ‘jumlah yang sama’ atau sama rata.
Ada kata-kata dibagi atau dikelompokkan
Sementara itu, soal cerita yang harus diselesaikan dengan perhitungan KPK mempunyai cerita, yaitu:
Ada kata ‘setiap’ atau ‘sekali’ atau ‘bersama’ atau ‘bersama-sama.
Ada kata atau waktu yang menunjukkan jam, hari, dan tanggal, seperti bulan Juli, jam 9.00, dan seterusnya.
SOAL LATIHAN
1. Daffa berjalan-jalan setiap 4 hari sekali sedangkan Bella berjalan-jalan setiap 6 hari sekali.
jika dafa dan bela berjalan-jalan pada 15 Juli 2024. Pada tanggal berapa mereka akan berjalan bersama-sama kembali untuk yang kedua kali?
2. Bu Ros memiliki 48 kue soes, 96 risoles, dan 60 lemper. Semuanya akan dimasukkan ke dus dengan jumlah setiap jenis kue sama banyak. Berapa dus terbanyak yang dibutuhkan Bu Ros?
Seni Rupa
Menggambar ekspresif adalah sebuah keterampilan seni yang memungkinkan kita untuk meng- ekspresikan perasaan, ide, atau cerita melalui gambar. Prinsip keseimbangan memiliki peran penting dalam proses menggambar ekspresif, karena dapat memberi ketegasan dan keindahan pada gambar tersebut. Menggambar ekspresif dengan prinsip keseimbangan akan memberikan kepuasan dalam mengungkapkan perasaan dan imajinasi kita.
Ragam hias di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah panjang yang mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dari sabang hingga merauke, pulau- pulau di kepulauan Indonesia memamerkan keragaman ragam hias yang unik dan menarik. Ragam hias adalah seni dekoratif yang mempercantik benda atau permukaan dengan pola, bentuk, dan warna. Lebih dari sekadar ornamen, ragam hias juga menyampaikan makna budaya dan nilai-nilai melalui bahasa visual. Seni ini terdapat dalam berbagai bentuk seperti batik, ukiran, arsitektur, dan seni lukis, menghubungkan masa lalu dan masa kini serta menggambarkan kreativitas manusia.
Berikut ini contoh soal Seni Rupa Kelas V :
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1.
Prinsip keseimbangan dalam seni rupa berfungsi untuk ….
A. membuat gambar terlihat rumit
B. menciptakan ketidakseimbangan visual
C. menyusun elemen-elemen agar terlihat seimbang dan harmonis
D. mengabaikan distribusi unsur-unsur dalam gambar
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip keseimbangan dalam seni rupa membantu menyusun elemen-elemen dalam gambar agar terlihat seimbang dan tidak terlalu berat di salah satu sisi, menciptakan harmoni visual.
2.
Jenis ragam hias yang memanfaatkan motif tumbuhan seperti daun, bunga, dan cabang pohon disebut ragam hias ….
A.fauna
B.geometris
C.flora
D.figuratif
Pembahasan :
Jawab: C. Ragam hias flora menggunakan motif-motif tumbuhan untuk menghiasi benda atau permukaan.
3.Prinsip proporsi dapat mempengaruhi gambar objek tumbuhan dengan cara ….
A.prinsip proporsi tidak berpengaruh pada gambar objek tumbuhan
B.prinsip proporsi memengaruhi perubahan warna objek tumbuhan
C.prinsip proporsi membantu menciptakan tampilan yang akurat dan estetis pada gambar objek tumbuhan
D.prinsip proporsi hanya berkaitan dengan ukuran objek tumbuhan
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip proporsi membantu menyusun ukuran, bentuk, dan posisi bagian-bagian objek tumbuhan sehingga menciptakan gambar yang akurat dan menarik.
4.Ragam hias memiliki makna dan budaya karena ….
A.ragam hias hanya berfungsi sebagai dekorasi visual
B.ragam hias mengabaikan nilai budaya
C.ragam hias mencerminkan kreativitas tanpa makna
D.ragam hias mengandung simbol dan cerita yang mendalam dari budaya masyarakat
Pembahasan :
Jawab: D. Ragam hias bukan hanya ornamen semata, tetapi juga sarana untuk menyampaikan makna, cerita, serta nilai-nilai budaya.
5.Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menggunakan prinsip ….
A.keseimbangan
B.kesatuan
C.keselarasan
D.irama
Pembahasan :
Jawab: A. Gambar tersebut menggunakan prinsip keseimbangan simetris.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wb
Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan 20 dari 24 siswa sudah bisa menentukan soal cerita matematika termasuk FPB/KPK , siswa juga dapat membedakan kalimat langsung dan tidak langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar