Selasa, 17 September 2024

Materi Ajar, Rabu 18 September 2024

Hari : Rabu, 18 September 2024

Fase/Kelas: C/5

Muatan Pembelajaran :

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Matematika
  3. Pendidikan Pancasila 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.

Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Langsung

1. Ayah berkata, "Antarkan paket ini ke tempat jasa pengiriman!"

2. "Kak, kau dipanggil Ibu," kata Heni, "disuruh membeli makanan."

Contoh Kalimat Tidak Langsung

1. Ayah menyuruhku untuk mengantarkan paket ini ke tempat jasa pengiriman.

2. Heni mengatakan bahwa kakak dipanggil ibu untuk menyuruhnya membeli makanan.

Ubahlah kalimat berikut ini menjadi kalimat tidak langsung! 

1. "Ayo, anak-anak, duduk dengan rapi, ya!" ucap Bu Guru.

2. Budi mengatakan, “Baju yang kupakai ini hadiah ulang tahunku.”

3.  Ayah berkata, “Rapikan dulu meja belajarmu sebelum kamu tidur!”

4.  “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.

5. “Adi, tunggu!” panggilku.

Matematika

Mari kerjakan latihan soal berikut:

  1. Terdapat tiga buah jam weker di rumah Rina. Jam pertama berdering setiap 15 menit, jam kedua berdering setiap 45 menit, dan jam ketiga berdering setiap 75 menit. Kapan ketiga jam weker di rumah Rina akan berdering bersamaan kembali setelah dering bersamaan yang pertama?
  2. Suatu hari dalam rangka memperingati hari ulang tahun Konoha, Boruto bersama Sarada ingin membagikan hadiah kue serta coklat (satu paket) kepada beberapa teman dekatnya. Jika kuenya ada 100 sedangkan coklatnya ada 150, berapa paket yang akan dibagikan?

Pendidikan Pancasila

Nilai-nilai positif yang terkandung dalam kegiatan gotong royong, antara lain: 

Kebersamaan 

Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tercipta dalam lingkungan masyarakat. 

Persatuan 

Gotong royong menciptakan rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan sekitar. 

Rela berkorban 

Gotong royong mengajarkan setiap orang untuk rela berkorban. 

Tolong menolong 

Gotong royong menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, dan saling membantu. 

Selain itu, gotong royong juga memiliki manfaat, seperti: 

Menjaga rasa solidaritas atau kepedulian antar sesama, Mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan sesama warga, Memperingan atau mempermudah pekerjaan, Menghemat biaya, Menciptakan kehidupan masyarakat dan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, serta tenteram untuk ditinggali

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah

Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar, peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan FPB & KPK, peserta didik juga dapat mengubah kalimat tidak langsung menjadi langsung, pada pend. pancasila peserta didik dapat menyebutkan manfaat gotong royong dan nilai nilai positif dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jumat 20 September 2024

Hari : Jumat, 20 September 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Ekosistem Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami hubungan antar kompone...