Kamis, 15 Agustus 2024

Materi Ajar Jumat 16 Agustus 2024

Hari/Tanggal : Jumat 16 Agustus 2024

Fase/Kelas : C/5

Mata Pelajaran : IPAS 


Capaian Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi dan sifatnya


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih/Sholihah?

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.


IPAS

Bunyi dan Sifatnya

Ketika gaya bekerja pada suatu benda dan membuat benda tersebut bergetar maka akan terbentuk bunyi. Getaran benda ini membuat udara di sekelilingnya menjadi ikut bergetar. Getaran udara inilah yang merambat sampai di telinga sehingga kita bisa mendengar bunyi. Berbeda seperti cahaya, bunyi memerlukan medium untuk merambat. Medium tersebut bisa berupa benda padat, cair, atau gas. Hal ini menyebabkan tidak adanya bunyi yang dihasilkan di ruang vakum (termasuk di luar angkasa). Bunyi juga tidak bergerak secepat cahaya. Berikut ini yang termasuk sifat-sifat bunyi.


1. Merambat ke segala arah

Berbeda dengan cahaya yang merambat lurus, bunyi merambat ke segala arah. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa mendengar bunyi walaupun tidak melihat langsung sumber bunyinya. Media padat merupakan penghantar bunyi yang paling baik karena kerapatan partikel yang tersusun pada benda padat. Oleh karena itu, bunyi yang dirambatkan pada media padat akan terdengar lebih keras dan cepat. Adapun udara memiliki kerapatan partikel paling renggang sehingga udara bukan menjadi penghantar bunyi yang paling baik.

2. Bunyi dapat dipantulkan

Walaupun dinding dan lantai di kelas atau di rumah terbuat dari benda yang keras, kita tidak mendengarkan gaung atau gema. Hal ini dikarenakan ruangan tersebut terisi dengan benda-benda lain yang menyerap suara, seperti tirai, karpet, buku, tas, bantal, baju, dan benda-benda lainnya. Namun, hasil yang berbeda bisa terjadi jika ruangan tersebut kosong.


3. Tinggi Rendah dan Intensistas Bunyi

Energi bunyi merambat melalui sebuah medium dalam getaran yang terus berulang. Jumlah getaran yang dihasilkan setiap detiknya disebut frekuensi. Jumlah frekuensi ini akan memengaruhi tinggi rendah nada. Semakin tinggi frekuensi bunyi maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz (Hz).

Bunyi yang dapat didengar oleh manusia berupa bunyi audiosonik (dengan rentang frekuensi 20 - 20.000 Hz). Di bawah frekuensi tersebut termasuk bunyi infrasonik. Seismograf adalah alat pendeteksi gempa dan menangkap bunyi infrasonik yang dihasilkan oleh getaran pergerakan lempeng Bumi. Ada juga bunyi ultrasonik dengan frekuensi lebih besar dari 20.000 Hz. Kelelawar, anjing, lumba-lumba merupakan contoh hewan yang bisa mendengar bunyi ini.


Kerjakan latihan berikut!

1. Perhatikan pernyataan berikut!Dapat dipantulkan

Tidak dapat dipantulkan

Merambat lurus

Merambat ke segala arah Pernyataan di atas yang termasuk sifat-sifat bunyi yaitu ....

A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4


2. Beberapa astronot pergi ke luar angkasa. Di tempat hampa udara tersebut, mereka

tidak dapat mendengar suara apapun. Penyebab fenomena ini bisa terjadi yaitu karena....

A. tidak ada medium untuk merambat C. tidak ada sumber bunyi

C. B tidak ada cahaya yang cukup D. tidak ada benda yang bergerak


3. Denita memukul garpu tala dengan keras lalu disentuhkan dengan air. Hasilnya

ditunjukkan oleh gambar di atas. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa bunyi

merambat.... A. lurus B. ke segala arah C. satu arah D. tidak beraturan


4. Bunyi akan merambat paling baik pada suatu medium yang partikel-partikel penyusunnya sangat berdekatan. Medium yang dimaksud yaitu....

A. cair B. gas C. padat D. ruang vakum


5. Perhatikan !




Percobaan yang dilakukan oleh Tono dan Banu pada gambar di atas, menunjukkan

bahwa....

A. bunyi merambat tanda medium B. bunyi merambat pada zat padat

C. bunyi merambat pada zat cair D. bunyi merambat pada gas


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.


Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?


Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jumat 20 September 2024

Hari : Jumat, 20 September 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Ekosistem Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami hubungan antar kompone...