Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 : Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran : 5
Muatan Pembelajaran :
1. B. Indonesia : Menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi
2. SBdP : gambar cerita
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Tujuan pembelajaran
1. memelihara ketersediaan air bersih, membuat buklet untukmenjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih
2. langkah-langkah membuat gambar cerita.
Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat Pemborosan Air
- Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
- Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.
- Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
- Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
- Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
- Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.
Laporan Kegiatan Percobaan Mengetahui Tingkat Pemborosan Air | ||
---|---|---|
Tujuan Percobaan | : | Mengidentifikasi tingkat pemboroan air |
Alat dan bahan | : |
|
Langkah-langkah | : | Langkah-langkah Percobaan:
|
Hasil Percobaan | : | Ternyata
gelas penuh dalam waktu sekitar setengah jam saja. Jika kebocoran air
selama 24 jam maka akan ada 48 gelas air yang akan terbuang sia-sia |
Kesimpulan | : | Dari
pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali
pemborosan air yang terjadi di sekitar kita. Dari jumlah air yang
terbuang dapat kita ketahui tingkat pemborosan air. |
Ayo Membaca
Penghematan Air
Amatilah
penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian,
memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu
setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air
selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara
bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air
diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita
menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus
kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin
banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar.
Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan
air.
Ayo Berdiskusi
- Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.
- Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air.
- Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita
Tindakan yang dilakukan untuk menghemat pemakaian air antara lain :
- Memeriksa tagihan rekening untuk mengetahui ada kenaikan atau tidak
- Tidak perlu mandi terlalu lama
- Mematikan kran saat bersabun dan sikat gigi
- Mencuci baju saat mesin sudah penuh dengan cucian
- Menutup kran dengan sempurna sehingga tidak ada air yang menetes
- Menggunakan kembali air bekas cucian
- Menggunakan tombol setengah siram pada kloset
Buklet :
Ayo Membaca
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum
menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik
yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu,
persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan
tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat
dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri
dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah
menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa
sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari
beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling
baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak
perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar
tampak lebih hidup.
Jika sudah mantap, warnai
gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau
teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat
minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering
menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Ayo Berkreasi
Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada Pembelajaran 2.
Ayo Renungkan
Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.
Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?
Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:
Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan adalah pengetahuan cara memelihara ketersediaan air bersih. Dengan memelihara ketersediaan air bersih ketersedian air akan tetap terjaga
Sikap
baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu
menjadi lebih baik? Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan
lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:
Sikap baik yang dapat menjadikan kehidupan lebih baik adalah menghargai perbedaan pendapat. Dengan adanya sikap menghargai pendapat orang lain akan menghindarkan dari yang namanya perselisihan. Semua orang tidak akan memaksakan pendapatnya untuk diterima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar