Tema 5 : Komponen Ekosistem
Subtema 1 : Komponen Ekosistem
Pembelajaran : 1 dan 2
Pada Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem akan
mempelajari tentang menemukan pokok pikiran dalam bacaan, membuat
pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan, menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya, membuat teks nonfiksi tentang penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya.
Ayo Mengamati
Amatilah kedua gambar ekosistem di bawah ini
Perbedaan
apa saja yang dapat kamu jelaskan dari kedua gambar di atas? Jelaskan
hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut
Gambar 1 menunjukkan komponen tak hidup yang ada dalam sebuah lingkungan. Komponen yang ada di gambar di antaranya tanah, bukit, air hingga cahaya yang berasal dari matahari. Sedangkan gambar 2 mwnunjukkan komponen hidup dalam lingkungan yang saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain.
Udin
sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman hadiah dari
bibinya di kota. Sebuah buku pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar
ingin menunjukkannya kepada teman-temannya.
Udin : “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan kepada kalian.”
Lani : ”Apakah itu, Udin? Kelihatannya sesuatu hal yang menarik!”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan bergambar! Bibiku mengirimkannya untukku.”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin
: ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalam buku
ini, ada berbagai jenis hewan khas yang hidup di tiap-tiap ekosistem!”
Beni : ”Apakah ekosistem itu, Udin? Dapatkah kamu menjelaskannya untuk kami?”
Udin
: “Menurut pendapatku, lebih baik kita baca saja buku ini bersama-sama!
Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan
yang menarik tentang ekosistem.”
Ayo Membaca
Ekosistem
Semua
makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi
kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar
makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik)
dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan
terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian
lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan
tanah.
Cahaya matahari dapat menghangatkan
udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup
makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan.
Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang
turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini
akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup
kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian
hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling
bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan
benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem
tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu
adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung,
dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat.
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah
tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi
tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas adalah
populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah
komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
Berdasarkan
bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta
informasi yang kamu anggap penting. Tuliskanlah pikiran utama dan
informasi penting tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini.
Paragraf | Pikiran Utama | Informasi Penting |
---|---|---|
1 | Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya | Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). |
2 | Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. | Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air di dalam tanah dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah. |
3 | Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. | Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas. |
4 | Individu adalah makhluk hidup tunggal | Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. |
Ayo Membaca
Jenis Makanan Hewan
Jenis
makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang berupa
tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain. Hewan yang memakan tumbuhan
memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanan. Ada hewan
yang hanya memakan daun tumbuhaa. Ada pula hewan yang hanya memakan
batang, buah, atau hanya biji tumbuhan. Namun, ada beberapa jenis hewan
yang memakan lebih dari satu bagian tumbuhan tersebut.
Bagian
tumbuhan yang paling sering dijadikan makanan hewan adalah daun. Hewan
seperti ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa contoh hewan yang
memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai batang tumbuhan.
Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai batang tanaman padi dan
jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang pohon bambu. Bagian
tanaman berupa buah juga disukai hewan. Belatung senang memakan bagian
dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan.
Burung-burung menyukai bagian tumbuhan yang berupa biji. Biji padi
sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para
tupai.
Beberapa
hewan memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanannya. Hewan kecil
ini menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Serangga menjadi makanan
bagi hewan-hewan seperti katak atau cecak. Tikus menjadi makanan bagi
kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi makanan bagi burung
elang.
Setelah kamu membaca teks
bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan
juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Tuliskanlah
pertanyaanmu di tempat yang tersedia di halaman berikut ini.
- Apa sebutan untuk hewan pemakan tumbuhan?(Herbivora)
- Apa pula sebutan untuk hewan pemakan hewan lain?(Karnivora)
- Hewan apa yang menyukai biji kenari? (Tupai)
- Mengapa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda?(Setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda sesuai kebutuhannya)
- Mengapa ada hewan yang memakan hewan lain?(Agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga)
Ayo Mengamati
Amatilah
hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan
teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut! Alat-alat dan bahan yang
diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat
kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas. Langkah-langkah
kegiatan:
- Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
- Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut
- Letakkan gambar hewan yang sudah digunting lalu rekatkan pada kolom pertama tabel dengan menggunakan lem. Tuliskanlah nama hewan di bawah gambarnya.
- Tuliskanlah nama atau jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut di kolom tengah.
- Tuliskanlah jenis makanan tersebut, apakah termasuk tumbuhan atau hewan lain.
- Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di tempat yang mudah dilihat.
- Lakukanlah gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama dengan kelompok-kelompok lain untuk melihat dan saling belajar.
- Kembalilah ke kelompokmu, lalu tuliskanlah kesimpulanmu tentang hewan dan jenis makanannya pada kotak di bawah ini.
Kesimpulan
Makanan setiap hewan berbeda-beda karena setiap hewan memiliki ciri khusus yang berbeda.
Ayo Menulis
Kesimpulan
apakah yang kamu dapat dari kegiatan di atas? Tahukah kamu mengapa
hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda? Setiap hewan memiliki
ciri khas yang juga memengaruhi jenis makanan yang dimakannya. Bacaan di
atas merupakan bentuk teks nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang
berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan
hasil imajinasi kita.
Buatlah sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
- Pilihlah dua hewan yang memiliki jenis makanan yang berbeda. Satu hewan pemakan tumbuhan dan satu hewan pemakan hewan lain.
- Tuliskanlah penjelasan tentang hewan tersebut termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.
- Gunakanlah hasil pengamatan dan informasi penting yang telah kamu dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
- Kamu juga dapat melengkapi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu maksud.
- Tuliskanlah penjelasan tentang kedua hewan tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang rapi.
Jenis
makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang berupa
tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain. Hewan yang memakan tumbuhan
memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanan. Hewan
pemakan hewan lain memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanannya.
Salah
satu hewan pemakan tumbuhan adalah kelimci. Kelinci merupakan salah
satu hewan yang sering diternak oleh manusia. Kelinci hidup di kandang
buatan manusia, sedangkan habitat kelinci liar biasanya di daerah padang
rumput, hutan, atau perbukitan yang dekat dengan sumber makanan.
Kelinci termasuk hewan herbivora karena makanannya berupa dedaunan atau
rerumputan. Kelinci liar mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang
ada di sekitarnya. Kelinci yang dipelihara, sumber makanan diperoleh
dari pemilik hewan.
Contoh hewan
pemakan hewan lainnya adalah kucing. Kucing dipelihara manusia karena
tingkahnya yang lucu. Habitat asli kucing adalah di kawasan sabana,
hutan terbuka, dan stepa. Kucing termasuk hewan karnivora karena
makanannya berupa hewan lainnya. Kucing liar mendapatkan makanan dari
hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Kucing yang dipelihara, sumber
makanan diperoleh dari pemilik hewan.
Ayo Renungkan
Pengetahuan
apakah yang telah kamu pelajari hari ini? Apakah pembelajaran yang
menurutmu paling menarik? Mengapa demikian? Sikap apakah yang harus kamu
kembangkan selama mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini?
Hari ini saya belajar tentang, pokok pikiran dalam bacaan, membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya, dan membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan makananya. Pembelajaran yang paling menarik adalah membuat pertanyaan sehubungan dengan bacaan.
Apakah
keluargamu memiliki hewan piaraan di rumah? Jika kamu tidak punya hewan
piaraan, hewan apakah yang paling kamu sukai? Ambillah foto hewan
piaraanmu, lalu tempelkan pada secarik kertas ukuran A4. Tuliskan nama
hewan, nama panggilan hewan dan artinya, makanan kesukaan, dan kebiasaan
hewan piaraanmu yang paling menarik dan kamu sukai. Jika kamu tidak
punya hewan piaraan, kamu dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya
tentang hewan yang ingin kamu miliki dan alasanmu ingin memiaranya.
Ceritakan tentang hewan piaraanmu di depan kelas esok harian jenis
makanannya. Beberapa sikap yang dikembangkan selama mengikuti
pembelajaran adalah cermat dan teliti.
Hewan
piaraan yang ada di rumah adalah kucing. Kucingku kuberinama Memeng,
daia kuberi nama memeng karena selalu mengeong saat bertemu denganku.
Makanan kesukaan Mememng adalah wiskas. Hal yang menarik dari hewan
peliharaanku adalah sikapnya yang lucu dan menggemaskan, misalnya saat
dia lapar Memeng akan mengikutiku ke mana saja aku pergi sampai aku
memberinya makanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar