Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Pembelajaran : 6
Muatan Pembelajaran :BAHASA INDONESIA, PKN , SBdp
Tujuan Pembelajaran :
1. menuliskan perilaku gotong royong dan kekeluargaan yang sudah mereka
tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah, menjelaskan manfaat semangat kekeluargaan dan gotong royong,
2. membuat
teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong dalam
kegiatan masyarakat ,
3. menampilkannya secara sederhana di depan kelas
dengan menggunakan properti dan alat musik ritmis secara percaya diri
Ayo Mengamati
Mmanusia adalah makhluk Tuhan Yang
Maha Esa, selain sebagai makhluk individu (pribadi) juga sebagai makhluk
sosial. Sebagai makhluk pribadi setiap manusia berbeda dengan manusia
yang lain. Meski begitu, karena manusia adalah makhluk sosial, manusia
selalu mempunyai keinginan untuk berhubungan dengan manusia lain.
Demikian
juga bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah keluarga besar di dalam
rumah bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang
masyarakatnya bercorak Bhinneka Tunggal Ika. Masyarakat Indonesia selalu
bergaul dan bekerja sama serta saling bantu membantu antara sesamanya.
Sebagai keluarga besar, bangsa Indonesia harus bahu-membahu yang dijiwai
oleh semangat kekeluargaan dan gotong royong. Semangat kekeluargaan dan
gotong royong harus selalu dikembangkan dan dipraktikkan dalam
kehidupan bermasyarakat.
Udin : “Persatuan dan kesatuan adalah hal yang utama. Bayangkan jika kita semua saling bermusuhan.”
Beni
: “Aku setuju, Din. Salah satu pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa
adalah dengan mencintai dan melestarikan semua bentuk kebudayaan yang
terdapat di Indonesia kita tercinta ini. Kebudayaan kita yang begitu
beragam dengan jumlah penduduk yang amat besar justru merupakan kekuatan
bangsa. Seperti yang ada pada poster itu, ya, Din?”
Siti
: “Aku setuju dengan kalian semua, juga dengan poster itu. Dengan
melestarikan kebudayaan Indonesia, kita menghargai jerih payah para
pahlawan bangsa yang telah berjuang keras untuk mendapatkan
kemerdekaan.”
Beni : ”Ya, dan salah satu budaya
bangsa kita adalah semangat bergotong royong dan saling membantu.
Kebetulan aku punya artikel menarik tentang budaya gotong royong itu.
Kita baca bersama, yuk!”
Ayo MembacaMerajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
“Gotong
royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama,
perjuangan bantu-membantu sesama. Amal semua buat kepentingan semua,
keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah penggalan pidato
Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni
1945 untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat membangun
bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan
bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah
menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah
ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan
masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan,
dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan
nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan
semangat kekeluargaan? Keluarga dapat dilihat sebagai mereka yang
memiliki hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada
di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap
saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki,
turut merasakan penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan
contoh dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa
Indonesia sejak dulu kala.
Di tengah terpaan
modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk
tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong
yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua
sikap positif ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan
terpelihara.
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.
1. Melengkapi TabelGunakan
tabel berikut untuk mencatat beberapa contoh semangat gotong royong dan
kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan
rumahmu.
Lingkungan Sekolah | Lingkungan Rumah |
---|
- Mempelajari tarian tradisional dari daerah lain.
- Bersama-sama menengok ke rumah teman yang sedang sakit.
- Mengerjakan tugas secara berkelompok antar siswa-siswa bersamaan
- Bersama-sama melaksanakan tugas piket di ruang kelas.
- Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran di sekolah.
| - Bekerja sama membersihkan lingkungan rumah
- Bersama-sama membantu ibu menyiapkan makanan di dapur
- Membantu ibu membereskan alat makan sesudah selesai makan.
- Belajar bersama dengan teman-teman di dekat lingkungan rumah
- Bekerja sama memelihara tanaman di lingkungan sekitar rumah
|
2. Melakukan WawancaraBentuklah
sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara
dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah
terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang
tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta
kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan
sekolah dan di lingkungan rumah. Catatlah hasil wawancaramu pada tabel
berikut ini.
Lingkungan Sekolah | Lingkungan Rumah |
---|
- Kepala sekolah dan para guru saling membantu dalam tugas melaksanakan pembelajaran di sekolah.
- Penjaga sekolah dan siswa bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
- Sekolah bersama komite sekolah saling membantu dalam memajukan pendidikan di sekolah.
- Sekolah mengundang wali siswa untuk musyawarah tentang kegiatan di sekolah.
- Sekolah, komite, sekolah, dan warga sekolah bekerjasama membangun lingkungan pendidikan yang baik.
| - Para guru, kepala sekolah, dan pegawai sekolah saling menengok jika ada yang sakit.
- Jika ada siswa yang sakit mereka bersama-sama menengok.
- Orang tua siswa bekerja sama membentuk kelompok peduli pendidikan di sekolah.
- Para siswa mengumpulkan dana secara sukarela untuk ikut membantu siswa yang mengalami kesulitan biaya sekolah.
- Siswa belajar kelompok supaya bisa saling membantu dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru di sekolah.
|
3. Mendiskusikan Hasil WawancaraDiskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Bagi
bangsa Indonesia semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan
modal dasar dalam membentuk negara dan menjalankan kehidupan bernegara.
Sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam masyarakat Indonesia bukan
hanya didasarkan oleh ikatan darah. Sikap kekeluargaan sudah ada dalam
masyarakat Indonesia sejak dulu.
b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Berbagai
tindakan yang perlu kita lakukan untuk memperkuat semangat kekeluargaan
dan gotong royong adalah : Pertama meningkatkan semangat kekeluargaan,
gotong-royong; dalam berbagai aspek kehidupan. Kedua meningkatkan
semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketiga menghindari sikap mengutamakan
kelompok atau golongan sendiri karena bangsa Indonesia terdiri dari
berbagai macam suku, bahasa, agama serta adat-istiadat kebiasaan yang
berbeda-beda.
4. Mempresentasikan Hasil WawancaraPresentasikan
hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan
untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain dengan saksama.
Ayo Menulis
Buatlah
teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong yang
terdapat di daerahmu. Untuk memperkaya tulisanmu, carilah
artikel-artikel yang membahas tentang kegiatan masyarakat yang
mengetengahkan semangat kekeluargaan dan gotong royong. Kamu dapat
mencari artikel di koran, majalah, atau internet. Gunakan kalimatmu
sendiri. Tuliskan di selembar kertas A4 dengan rapi. Pastikan
menggunakan tata bahasa dan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Di Lingkungan Tempat Tinggalku
Semangat
kekeluargaan dan gotong royong telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat
di sekitar lingkunganku. Semangat kekeluargaan dan gotong royong telah
dipraktikkan dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Gotong royong
berarti bekerja bersama-sama, tolong menolong dan bantu-membantu secara
ikhlas baik untuk kepentingan bersama maupun untuk keperluan
orang-perorang.
Segala pekerjaan akan lebih
ringan bila dikerjakan secara bersama-sama yang dijiwai rasa saling
memerlukan dan saling membantu. Praktik semangat kekeluargaan dan gotong
royong dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan dan kehidupan
masyarakat. Misal di lingkungan keluarga, rukun tetangga (RT), rukun
warga (RW), desa, sekolah bahkan masyarakat, bangsa dan negara.
Semangat
kekeluargaan dan kegotongroyongan juga dikembangkan dalam
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bidang keagamaan, keamanan,
pertanian dan lainnya. Dalam bidang keagamaan terlihat saat akan
memperingati hari besar agama. Warga dengan sukarela menyiapkan tempat
dan juga konsumsi untuk acara tersebut. Dalam bidang keamanan semangat
gotong royong ditunjukan dengan melakukan kegiatan siskamling secara
bersama-sama. Dalam bidang pertanian semangat gotong-royong ditunjukkan
pada saat musim tanam tiba. Warga bergantian saling membantu menanam
tanaman tanpa meminta upah.
Semangat
kekeluargaan dan gotong royong mengandung nilai-nilai luhur yang patut
dilestarikan oleh bangsa Indonesia yang beragam. Nilai-nilai luhur
gotong royong yang dimaksud, antara lain: adanya sikap kerja sama yang
tinggi, menjunjung tinggi sikap kekeluargaan , sikap hormat menghormati
teman kerja, mengutamakan kerja keras, dan mengutamakan kepentingan
bersama Kepentingan diri sendir menjadi nomor dua.
Ayo Mencoba
Mempelajari
budaya dan adat istiadat yang berbeda dengan kita dapat
menumbuhsuburkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh, dengan kita
berupaya mempelajari bahasa daerah dari daerah lain atau tarian
tradisional daerah lain, kita dapat menumbuhkan rasa saling memiliki
budaya tradisional Indonesia. Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah
mencoba memelajari gerakan Tari Turuk Laggai. Bahkan, kelompokmu telah
mencoba menciptakan beberapa gerakan yang diilhami alam di sekitar kita.
Kini tibalah saatnya bagimu untuk menampilkan kreasimu di depan kelas
dengan iringan alat musik ritmis. Cobalah untuk menampilkan tarian
dengan penuh percaya diri di depan kelas.
Setelah tampil di depan kelas, bersama dengan anggota kelompokmu, lakukanlah diskusi tentang beberapa hal berikut ini.
1. Apa pendapat kelompokmu tentang tari tradisional Turuk Laggai?
Pendapat
tentang tari tradisional Turuk Laggai adalah tarian khas suku Mentawai
yang berhubungan dengan alam.Turuk Laggai merupakan tarian yang
gerakannya adalah peniruan dari gerak binatang-binatang di alam sekitar
masyarakat suku Mentawai.
2. Apa pendapat kelompokmu tentang gerakan tari yang ditarikan oleh anggota kelompokmu?
Gerakan tarian yang dilakukana kelompokku sudah cukup bagus meski masih ada beberapa kesalahan.
3. Apakah setiap anggota kelompok telah mampu bekerja dalam kelompok dengan baik?
Semua anggota kelompok telah bekerja dengan baik
4. Apa yang harus ditingkatkan dalam kerja kelompokmu?
Salah satu yang harus ditingkatkan adalah kekompakkan dalam membawakan Tari Turuk Langga.
Ayo Berlatih
1. Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan gotong royong?
Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan
2. Adakah kegiatan gotong royong yang sering kamu lakukan? Jelaskanlah.
Saat
berada di sekolah beberapa kegiatan gotong royong yang sya lakukan
diantaranya adalah kut serta dalam menyelesaikan tugas kelompok dan
melaksanakan tugas piket bersama kelompok piket kelas saya.
3. Bagaimana dengan kegiatan gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
Kegiatan gotong royong di sekolah dan rumahku adalah sebagai berikut :
Sekolah
: Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, gotong royong
mengerjakan tugas kelompok, dan gotong royong untuk menyelenggarakan
acara sekolah.
Rumah : Kerja bakti membersihkan lingkungan,
gotong royong membantu warga yang mengadakan hajatan, dan gotong royong
mengurusi pemakaman warga yang meninggal dunia.
4. Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?
Cara
untuk meningkatkan semangat gotong royong di sekolahku antara lain
dengan membiasakan untuk selalu bekerja sama. Semangat gotong royong
dan kekeluargaan menjadi salah modal untuk memajukan sekolah.
5. Apakah kegiatan piket kelas merupakan contoh penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.
Kegiatan
piket kelas merupakan penerapan semangat gotong royong karena piket
kelas dikerjakan secara bersama-sama dan piket kelas menjadi tujuan
semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Ayo Renungkan
Pelajaran
penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah
pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu. Pertanyaan apa sajakah yang
belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu
kembangkan pada hari ini?
Pada hari ini saya
telah belajar tentang melakukan wawancara komunitas sekolah dan
menarikan tari Turuk Langgai. Sedangkan sikap yang saya kembangkan
adalah Cermat, Teliti, dan Mandiri
Kerja Sama dengan Orang TuaSemangat
gotong royong bermula dari dalam sebuah keluarga. Keluarga
merupakan kelompok masyarakat yang paling kecil. Diskusikan
kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh keluargamu untuk
makin
menyuburkan semangat gotong royong di lingkungan rumahmu.
Beberapa contoh kegiatan telah diberikan untukmu.
- Mencari dan membuang sampah yang terdapat di sekeliling pemukiman.
- Menyapu jalanan depan rumah
- Menmbersihkan kandang hewan peliharaan
- Diadakan musyawarah untuk menentukan keputusan
- Bersama-sama mencari barang milik salah satu anggota keluarga
- Mengerjakan masing-masing tugas rumah yang telah disepakati
- Semua anggota keluarga menjaga kebersihan rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar