Tema 4 : Sehat Itu Penting
Subtema 3 : Gangguan kesehatan pada organ Peredaran darah
Pembelajaran : 2
Muatan Pembelajaran :
1.IPA : macam penyakit yang mempengaruhi organ
peredaran darah manusia
3. B.Indo : berbalas pantun
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :
Tujuan Pembelajaran : 1. mengidentifikasikan berbagai gambar cerita sesuai bacaan,
2. menjelaskan
langkah-langkah pembuatan gambar cerita, membuat contoh gambar cerita
satu adegan sesuai kalimat penggalan cerita,
3. menyebutkan berbagai
penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada hewan, dan
menyebutkan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.
Ayo Menulis
Sore
hari Edo bermain ke rumah Udin. Edo melihat banyak buku cerita di rumah
Udin. Edo bermaksud meminjam satu buku cerita yang berjudul “Kancil dan
Siput”. Udin pun meminjami buku ceritanya kepada Edo. Edo bergegas
pulang setelah Udin meminjaminya buku. Tidak lupa Edo mengucapkan terima
kasih dan berpamitan sebelum meninggalkan rumah Udin.
Sikap
baik apakah yang perlu kamu teladani dari diri Udin? Sikap baik apa
pula yang perlu kamu teladan dari diri Edo? Mengapa kamu harus
meneladan, sikap baik dari Udin dan Edo? Tuliskan jawabanmu pada kolom
berikut!
1. Sikap baik Udin yang perlu diteladan adalah :
Sikap baik udin yang perlu diteladani adalah bersedia berbagi dengan meminjamkan buku cerita kepada Edo.
2. Sikap baik Edo yang perlu diteladan adalah.
Sikap
baik Edo yang perlu diteladan adalah meminta izin ketika akan meminjam
buku, mengucapkan terima kasih, serta berpamitan ketika meninggalkan
rumah Udin.
3. Alasan meneladan sikap Udin dan Edo karena
Salah satu alasan meneladan sikap Udin dan Edo karena mereka berdua menjaga kerukunan dan saling menghormati satu sama lain.
Ayo Mengamati
Perhatikan cerita bergambar berikut ini!
Alkisah,
diceritakan bahwa Raja Siput mengetahui akan kedatangan makhluk paling
cerdik, yaitu Si Kancil di perkampungannya. Raja Siput mengumpulkan
warganya untuk bersiap-siap menghadapi kecerdikan Si Kancil.
Saat
Si Kancil datang, Raja Siput menyambutnya. Dengan kepongahan dan
kesombongannya, Si Kancil bercerita tentang kecerdikannya yang berhasil
mengelabui harimau dan manusia. Siput yang mendengarkan kesombongan Si
Kancil, merasa geram ingin segera menguji kecerdikan Si Kancil.
Setelah
mendengarkan cerita kecerdikan Si Kancil, Raja Siput menyampaikan
maksudnya yang ingin menguji kecerdikan Si Kancildengan menantangnya
berlomba lari sampai ke hulu sungai. Sebelumnya, Raja Siput sudah
memerintahkan bawahannya siap berbaris sepanjang sungai hingga ke hulu.
Mereka sepakat bahwa jika kancil yang berencana lari di daratan
memanggil Siput, maka Siput yang ada di depan Kancil menjawab “uuuu. .
.”.
Kesepakatan antara Raja Siput dan Kancil pun dibuat.
Mereka sepakat berlomba lari ke hulu sungai. Kancil berlari lewat
daratan, Raja Siput lari di lumpur sungai. Tepat pada waktunya,
datanglah Si Kancil. Dia menuntut agar perlombaan segera dimulai. Raja
siput yang sudah lama bersiap segera beringsut ke pinggir sungai.
Sementara itu, beberapa ekor siput yang lain berada di pinggir sungai
ingin menyaksikan perlombaan itu. “Satu, dua, tigaaaa!” si Kancil
memberi komando tanda perlombaan dimulai.
Dengan sigap
Kancil melompat, berlari sekencang-kencangnya. Setiap lima puluh
langkah, dia berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu., uuuu!” jawab siput
yang berada di depannya. Si kancil semakin mempercepat larinya. Lalu
terdengar lagi si Kancil berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu, uuuu
...!” kembali terdengar jawaban siput telah berada di depannya.
Si
Kancil menjadi marah dan kian memperkuat larinya. Setiap kali dia
berseru, selalu dijawab oleh siput yang telah berada di depannya.
Demikian seterusnya. Si Kancil tidak dapat mengalahkan siput dalam
perlombaan itu. Dia tidak dapat menerka taktik yang dipakai oleh Raja
Siput dan anak buahnya. Akhirnya, dia merasa kelelahan. Sambil
menggerutu dengan napas terengah-engah, sang Kancil pun berkata, “Hai
siput, mulai hari ini aku nyatakan bahwa engkaulah binatang paling
cerdik dan dapat mengalahkan aku, selamat tinggal!” Setelah itu, sang
Kancil pun melompat dan lari menghilang dari perkampungan siput.
Sekarang,
tinggallah siput-siput itu bergembira ria. Mereka yang telah bekerja
keras, bergotong royong, serta dapat membina persatuandan kesatuan.
Berdasarkan
cerita bergambar di atas, siapakah yang memiliki sikap sombong dan
pongah? Bagaimanakah pendapatmu terhadap sikap tersebut?
Hasil simpulan
Berdasarkan
cerita bergambar di atas yang memiliki sikap sombong dan pongah adalah
kancil. Sikap tersebut merupakan sikap yang tidak baik, karena memandang
rendah orang lain dan menganggap dirinya yang paling hebat. Sikap ini
tidak boleh ditiru, karena kesombongannya pula kancil berhasil
dikalahkan oleh siput dengan kecerdikannya.
Kamu
telah membaca sebuah cerita bergambar atau disingkat cergam. Kamu tentu
bisa juga membuat cerita bergambar seperti di atas. Apa sebenarnya
cerita bergambar itu? Bagaimanakah cara membuat cerita bergambar?
Cergam
merupakan kependekan dari cerita bergambar. Cergam mengandung
pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan
serta mengandung keindahan dan cerita yang bermakna. Itulah yang
dimaksud dengan cerita bergambar. Apakah yang dimaksud dengan gambar
bercerita? Ungkapkan pendapatmu mengenai gambar cerita. Tuliskan dalam
kolom berikut.
Ayo Menulis
Carita bergambar adalah :
Cerita
bergambar atau sering juga disebut komik adalah suatu bentuk seni yang
menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa
sehingga membentuk jalinan cerita. Gambar tersebut dapat bercerita
terntang persoalan kehidupan sehari-hari, ataupun peristiwa tertentu.
Sebuah gambar bercerita harus dapat menunjukkan proses suatu kejadian
yang saling terkait atau berkesinambungan dari sebuah kejadian.
Ada
beberapa langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat gambar
cerita. Beberapa langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut.
- Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.
- Tentukan karakter tokoh utamanya dan karakter dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.
- Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.
- Mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat
Ayo Berkreasi
Kamu
telah memahami langkah-langkah membuat gambar cerita. Sekarang coba
kamu praktikkan membuat gambar cerita satu adegan gambar saja. Ceritanya
sebagai berikut. “Suatu hari kancil sedang berbicara serius dengan
kura-kura”. Gambarlah pada kolom kosong berikut.
Tahukah
kamu, kancil termasuk hewan mamalia. Kancil memiliki jantung yang
terdiri atas 4 ruang, yaitu 2 atrium dan 2 ventrikel. Jantung mamalia
telah dilengkapi dengan sekat-sekat yang sempurna serta cabang-cabang
dari pembuluh aorta lebih banyak. Bagaimanakah peredaran darah pada
hewan mamalia seperti kancil? Bagaimana cara memelihara kesehatan pada
organ peredaran darah hewan seperti kancil?
Ayo Menulis
Organ
peredaran darah pada hewan berbeda-beda. Coba kamu cari informasi
mengenai organ peredaran darah hewan dan cara memeliharanya. Tuliskan
hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut
No | Nama Hewan | Organ Peredaran Darah | Gangguan Pada Organ Peredaran Darah | Cara Memelihara Kesehatan OrganPeredaran Darah |
---|
1. | Ikan | Jantung dan Pembuluh Darah | Amubiasis | Memberi makanan yang sehat untuk ikan |
2. | Burung | Jantung dan Pembuluh Darah | Gangguan jantung | Rutin menjaga kesehatan, memberi makanan yang sehat, rajin membersihkan kandang, serta memberi vaksin |
3. | Kucing | Jantung dan Pembuluh Darah | Kolesterol | Memberi vaksin, rajin membersihkan kandang, dan memberi makanan yang sehat |
4. | Ayam | Jantung dan Pembuluh Darah | Asites (Gangguan katup jantung) | Rajin membersihkan kandang, dan memberi makanan yang sehat |
5. | Kelinci | Jantung dan Pembuluh Darah | Kardiomipati (pembesaran dan pelemahan otot jantung) | Memberi vaksin, rajin membersihkan kandang, dan memberi makanan yang sehat |
Ayo Renungkan
Apa
saja yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran ini? Apakah kamu sudah
memahami semua yang kamu pelajari? Tuliskan pada kolom berikut?
Hasil renungan :
Pada
hari ini saya telah belajar cerita bergambar, langkah-langkah pembuatan
gambar cerita, membuat contoh gambar cerita satu adegan, peredaran
darah pada hewan, dan menyebutkan cara memelihara kesehatan organ
peredaran darah. Belum semua materi tersebut dipahami dengan baik.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan
kepada orang tuamu cerita yang paling mereka sukai. Kemudian, gambarlah
secara sederhana tokoh dari cerita yang disukai orang tuamu pada kolom
berikut. Bekerjasamalah dengan orang tuamu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar