Selasa, 05 September 2023

Materi Ajra Tema 2 subtema 3 pembelajaran 3 , Rabu 5 September 2023



Tema 2                      : Udara Bersih Bagi Kesehatan

Subtema 3                 : Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pembelajaran            : 3

Tujuan pembelajaran :
 
1. siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi jika masyarakat tidak bertanggung jawab atas masalah sampah. 

2. Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis usaha ekonomi yang dikelolah

3. Dengan membaca teks bacaan menyimak penjelasan guru dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan cara menghargai usaha ekonomi orang lain.

Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah
Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).
 
Gerakan Pungut Sampah
Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampahAyo Menulis
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?
Lokasi daerah pada berita adalah di Kelurahan Babakanpasar.
2. Apa masalah yang dihadapi?
Masalah yang dihadapi adalah masalah kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah.
3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
Cara penyelesaian yang diambil Pemerintah Kota adalah mengajak warga dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).
4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?
Semua warga masyarakat bertangging jawab atas masalah sampah karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat, karena semuanya ikut andil dalam membuang sampah sehingga semuanya harus ikut bertanggung jawab.
5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?
Jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik, selain indah dipandang, lingkungan akan menjadi bersih, asri, dan masyarakat pun akan terhindar dari penyakit.

Ayo Berdiskusi
Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah maka lingkungan akan menjadi kumuh, kotor, dan bau. Selain itu juga bisa menyebabkan banjir yang diakibatkan dari sungai yang tersumbat oleh tumpukan sampah.

Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Tahukah kamu ada orang yang kegiatan sehari-harinya adalah mengumpulkan sampah yang dapat diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung.

Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang dapat mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang.

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Coba temukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar, Jumat 20 September 2024

Hari : Jumat, 20 September 2024 Muatan Pembelajaran IPAS : Ekosistem Capaian Pembelajaran IPAS Peserta didik memahami hubungan antar kompone...