Tema 3 : Tubuh Mengolah Makanan
Subtema 1 : Tubuh Mengolah Makanan
Pembelajaran : 1
Muatan Pembelajaran :
1. Dengan menuliskan hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu melaporkan hasil pengamatannya.
2. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu memukan iinformasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
3. siswa mampu menjelaskan organ-organ
pencernaan hewan dan fungsinya
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!Apakah kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?
Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
Makanan sehat adalah makanan yang bisa menjaga tubuh kita agar bebas dari segala penyakit. Contoh makanan sehat yakni:
- Makanan pokok: nasi, nasi merah, ubi, roti, dan roti gandum
- Lauk hewan: telur, ayam, ikan, daging, susu, dan keju
- Lauk nabati: kacang-kacangan, tempe, dan tahu
- Sayur: wortel, brokoli, kembang kol, buncis, jagung, dan tomat
- Buah: pepaya, semangka, jeruk, alpukat, buah naga, dan mangga.
Apakah kriteria dari makanan yang sehat?
Kriteria makanan sehat yakni makanan yang memenuhi kriteria gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna: vitamin, mineral, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, lemak.
Makanan sehat baik
untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang
bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk lebih jelasnya,
bacalah dialog di bawah ini dengan saksama!
Dayu | : | “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.” |
Edo | : | “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.” |
Dayu | : | “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.” |
Siti | : | “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.” |
Dayu | : | “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?” |
Siti | : | “Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.” |
Edo | : | “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik. Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik itu. |
Dayu | : | ”Wah, kedengarannya menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk. Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.”. |
Ayo Mengamati
Makanan
sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat
kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan
sehat. Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para
pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.
Kalimat-kalimat
yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik
atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis
atau disarankan oleh pembuat iklan. Amatilah iklan di atas dengan
saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak
tersebut!
Aku menemukan:
No. | Gambar | Tulisan yang kulihat |
---|---|---|
1 | Gambar irisan buah | 'Makanan sehat dan bergizi, solusi untuk hidup sehat dan awet muda'. |
2 | Gambar seorang anak menyantap buah semangka | 'Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak Anda'. |
3 | Gambar sayur & buah-buahan | 'Cintailah jantung Anda, konsumsi sayur dan buah segar. Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat'. |
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut.
- Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
- Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
- Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.
Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.
Kata kunci adalah sebuah kata dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.Ciri-ciri Kata Kunci
- Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk sebuah frase kata.
- Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan.
- Mewakili sebagain besar/keseluruhan topik/konsep/informasi dari sebuah iklan
Kata kunci yang aku temukan dalam iklan adalah pentingnya makanan sehat dan bergizi.Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah karena kata tersebut mewakili kunci utama atau informasi utama dalam iklan.
Kata kunci adalah sebuah kata dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.
Selanjutnya, pilihlah pasangan temanmu yang lain dan bandingkan hasil diskusi kamu dengan pasanganmu tersebut.
Dengan
menemukan kata kunci pada iklan-iklan makanan sehat, kita jadi tahu
bahwa masyarakat kita sudah banyak yang peduli tentang pentingnya
makanan sehat.Penyempurna makanan sehat adalah susu. Seperti kita
ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh sapi. Apa yang dimakan oleh sapi
hingga dapat menghasilkan susu?
Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang organ pencernaan hewan dalam bentuk pertanyaan.
- Apakah organ pencernaan hewan dan manusia sama?
- Apakah organ pencernaan hewan yang terdapat dalam mulut seperti gigi dan lidah, fungsinya sama seperti manusia?
- Mengapa hewan mamalia memamah makanannya dua kali?
- Apakah lambung hewan sama dengan lambung manusia?
- Apakah usus yang dimiliki hewan sama dengan usus manusia?
- Apakah proses mengeluarkan sisa makanan hewan sama dengan proses pada manusia?
- Apakah fungsi gigi hewan sama dengan fungsi gigi pada manusia?
- Apakah panjang usus hewan panjangnya sama dengan panjang usus pada manusia?
Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia? Simak penjelasan berikut ini.
Hewan
ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan)
dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak. Contoh hewan ruminansia
ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang.
Sistem
pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan
hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung
dengan fungsi yang spesifik. Selain itu, pencernaan makanan pada hewan
ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob
tersebut dapat membantu mencerna rumput
Coba kamu perhatikan penjelasan mengenai proses pencernaan pada hewan ini dengan saksama.
Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Seperti
yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia
ialah sapi. Mari kita baca informasi mengenai organ pencernaan pada
sapi. Makanan seperti rumput, pertama kali masuk ke dalam mulut sapi. Di
dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.
- Gigi : gigi sapi tersusun dari gigi seri yang berguna untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
- Lidah : lidah sapi berguna untuk merenggut rumput (makanan) dan mendorong makanan yang sudah dikunyah menuju lambung.
- Saliva: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut. Saliva berperan dalam proses pencernaan kimiawi.
Berikut bagian-bagian dari lambung sapi
No. | Nama Bagian | Keterangan |
---|---|---|
1. | Rumen (perut besar) | Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala). |
2. | Retikulum (perut jala) | Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab). |
3. | Omasum (perut kitab) | Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum. |
4. | Abomasum (perut masam) | Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum. |
Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.
Ayo Berdiskusi
Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas! Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakata-kosakata tersebut.
Kosa kata baru yang aku temukan:
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
---|---|---|
1. | Ruminansia | Hewan pemamah biak |
2. | Sistem | Suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama |
3. | Kompleks | Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan |
4. | Spesifik | Khusus; bersifat khusus; khas |
5. | Mikrob | Organisme yang sangat kecil ukurannya |
6. | Mekanisme | Cara kerja suatu organisasi |
7. | Kimiawi | Secara atau berkenaan dengan kimia |
8. | Fermentasi | Penguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang menghasilkan energi, peragian |
9. | Anaerob | Organisme yang dapat hidup secara baik tanpa oksigen |
10. | Absorpsi | Penyerapan |
Diagram
di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan
ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari,
lengkapilah diagram berikut.
Ayo Berkreasi
Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.
No. | Nama Organ | Keterangan |
---|---|---|
1. | Mulut | Dalam rongga mulut hewan ruminansia, terdapat 2 organ sistem pencernaan yang memiliki fungsi penting, yaitu gigi dan lidah. Gigi ruminansia berbeda dengan susunan gigi mamalia lain. |
2. | Esofagus | Esofagus atau kerongkongan adalah saluran organ penghubung antara rongga mulut dan lambung. Di saluran ini, makanan tidak mengalami proses pencernaan. |
3. | Rumen | Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. |
4. | Mulut | Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala). |
5. | Retikulum | Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab). |
6. | Omasum | Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum. |
7. | Abomasum | Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum. |
8. | Usus Halus dan Anus | Setelah makanan telah halus, dari ruang abomasum makanan tersebut kemudian didorong masuk ke usus halus. Di organ inilah sari-sari makanan diserap dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Selanjutnya ampas atau sisa makanan keluar melalui anus. |
Ayo Berkreasi
Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.
- Memberi nama setiap bagian organ pencernaan pada hewan sapi.
- Memberi tanda panah (gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi.
- Warnai gambarmu sebaik dan semenarik mungkin.
Dengan
bimbingan guru kelas, presentasikanlah hasil karya kelompokmu di depan
kelas.Jelaskan secara rinci nama-nama organ pencernaan sapi dan jelaskan
juga arah tanda panah yang kamu buat pada gambar sapi tersebut.
Perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai panduan dalam presentasimu!
- Jelaskan dengan suara yang jelas.
- Sebutkan dan tunjukkan organ-organ pencernaan sapi dengan tepat dan lengkap.
- Jelaskan dan tunjukkan arah anak panah yang menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi dengan tepat dan jelas.
Berikan kesempatan bagi kelompok lain untuk bertanya dan memberikan komentar yang positif tentang hasil karya kelompokmu.
Ayo Renungkan
Menurutmu, mengapa kita perlu belajar tentang organ pencernaan hewan? Apakah akan berguna bagimu? Jelaskan!
Kita perlu belajar tentang organ pencernaan hewan karna dengan mempelajari tentang organ pencernaan hewan kita mengetahui bagaimana hewan dapat menghasilkan daging dan susu yang sangat berguna bagi kesehatan kita
Kegiatan apa yang paling menarik kamu lakukan hari ini di sekolah? Apa yang membuatnya menarik?
Kegiatan yang menarik pada pembelajaran kali ini adalah bagaimana cara sapi mencerna makanan, hal ini menarik karena cara mencerna hewan sapi berbeda dengan hewan lainnya.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama
dengan orang tuamu, carilah informasi tentang organ pencernaan hewan
selain sapi. Apakah menurutmu organ pencernaan sapi akan berbeda dengan
organ pencernaan burung?Tuliskan dan gambarkan informasi yang kamu
peroleh dalam buku latihanmu.
Burung
adalah kelompok hewan yang masuk kedalam bangsa aves. Organ pencernaan
pada aves mirip dengan mamalia, namun ada perbedaan yang mendasar, organ
tersebut antara lain:
1. Mulut (Paruh)
Awal
sistem pencernaan dimulai dari mulut, pada burung mulut berbentuk
paruh, selain berfungsi untuk makan juga berfungsi sebagai alat daya
tarik lawan jenis. Bentuk paruh juga berbeda-beda tergantung jenis
makanan dari si burung.
2. Kerongkongan (Esofagus)
Adalah organ pencernaan yang menghubungkan mulut dengan tembolok.
3. Tembolok
Merupakan
organ yang berada sebelum lambung, dimana organ ini berfungsi untuk
menyimpan makanan sementara sebelum masuk dan dicerna di dalam lambung.
Makanan yang tersimpan di dalam tembolok sedikit demi sedikit akan
dimasukan kedalam lambung.
4. Lambung kelenjar
Sama
halnya dengan mamalia, pada burung juga terdapat lambung dan makanan
akan diproses secara kimiawi di dalamnya dengan bantuan enzim.
5. Empedal (Ampela)
Sering
disebut dengan lambung pengunyah, pada organ ini terjadi pencernaan
secara mekanik dengan melumatkan serta menghacurkan makanan oleh dinding
empedal.
6. Usus Halus
Zat makanan
yang selesai dicerna oleh empedal akan masuk kedalam usus halus dan
terjadi pencernaan secara kimiawi, dalam usus halus juga terjadi
penyerapan sari-sari makanan oleh kapiler darah.
7. Usus Besar
Sisa
zat makanan yang telah dicerna dalam usus halus akan masuk kedalam usus
besar. Dalam usus besar terjadi pencernaan secara biologis dengan
bantuan bakteri.
8. Kloaka
Pada organ ini tidak terjadi pencernaan, sama seperti anus, kloaka berperan sebagai organ pembuangan zat sisa pencernaan.
Jadi proses pencernaan hewan sapi berbeda dengan proses pencernaan pada burung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar