MATERI AJAR TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARN 2
KELAS 5
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1 : Organ Gerak Hewan
Pembelajaran :3
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPA ,Pkn
Tujuan Pembelajaran :
Ayo Mengamati
pada Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan akan mempelajari
tentang mengamati teks, siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara
tepat. Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa sikap-sikap yang
sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri. Dengan membaca
teks, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena
perilaku manusia secara benar. Dengan membaca dan menulis, siswa mampu
menentukan ide pokok dari teks secara benar. Sebagai catatan tulisan
ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
bersama Bapak/Ibu guru.
Selesai bermain, Pak Rudi
mengajak Edo mengumpulkan air seni kelinci. Air seni kelinci tersebut
oleh Pak Rudi disalurkan melalui saluran-saluran air dan dikumpulkan ke
dalam satu wadah penampungan.
“Ih, bau sekali, Pak,” kata Edo.
“Benar,
Edo. Meskipun bau, tetapi air seni kelinci ini sangat baik digunakan
sebagai bahan pupuk cair organik untuk tanaman. Sayuran akan tumbuh
dengan subur, tanaman buah akan cepat berbuah, dan tanaman bunga akan
cepat berbunga,” jawab Pak Rudi.
Tiba-tiba, Pak
Eko datang ke kandang kelinci. Pak Eko meminta air seni kelinci milik
Pak Rudi untuk memupuk sayuran di belakang rumahnya.
Dengan ikhlas, Pak Rudi pun memberikan sebagian air seni kelinci tersebut kepada Pak Eko.
“Pak, kenapa air seni kelinci itu diberikan kepada Pak Eko? Kan Sayang, Pak?” tanya Edo penasaran.
“Iya,
tidak apa-apa, Edo. Kita harus saling membantu. Jika ada orang yang
membutuhkan bantuan, kita harus secara ikhlas dan suka rela memberikan
bantuan. Karena kita makhluk sosial, artinya tidak dapat hidup sendiri
dan membutuhkan bantuan orang lain,” jawab Pak Rudi.
“Dan ingat, saling membantu dan tolong-menolong adalah bentuk dari pengamalan sila Pancasila juga lho,” tambah Pak Rudi.
“Benar sekali, Pak. Jika tidak salah, Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,” kata Edo.
Ayo Membaca
Untuk lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, bacalah bacaan berikut dengan seksama.
Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila
Pancasila
sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi
masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang
sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita.
Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih
tetap dipelihara sampai saat ini.
Nilai-nilai
Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya.
Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai,
dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai
semua itu.
1. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Beriman
kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang
dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita
untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang
berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan
kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam
menjalankan ibadah.
2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap
warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban
antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan
persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan
kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersamasama akan mampu
menegakkan dan juga memelihara kebersamaan.
Penerapan
nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa
saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi
nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta
berani menegakkan kebenaran dan keadilan.
3. Persatuan Indonesia
Makna
dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan
kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah
air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan
demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.
4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Setiap
warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut
hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara
dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu
mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu
persoalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan
mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan,
tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya
musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat
kekeluargaan.
5. Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Kita
harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup
mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja
keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan
dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan
pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta
menolong dan menghargai orang lain.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan
dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.Berilah
tanda centang ( ✓) pada kolom yang sesuai.
No. | Sikap/Perilaku | Sesuai dengan Sila Ke ... |
---|
I | II | III | IV | V |
---|
1. | Gotong royong | - | - | ✓ | - | - |
2. | Rajin beribadah | ✓ | - | - | - | - |
3. | Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab | - | - | - | ✓ | - |
4. | Tidak membeda-bedakan antara yang kaya dengan yang miskin | - | ✓ | - | - | - |
5. | Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum | - | - | - | - | ✓ |
Ayo Menulis
Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Sila Pancasila | Sikap yang Sesuai |
---|
| - Taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
- Menghormati teman dari agama lain yang sedang beribadah
- Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan terhadap orang lain.
- Memberikan kesempatan kepada teman untuk menjalankan ibadah.
|
| - Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
- Berani membela kebenaran dan keadilan
- Mengakui persamaan derajat, hak, serta kewajiban antara sesama manusia
- Saling menolong dan menghormati antar sesama manusia.
|
| - Mempelajari
kesenian dari daerah lain.
- Ikut dalam kegiatan lingkungan seperti kerja bhakti dan siskamling.
- Senang dan bangga memakai bahasa pemersatu dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bahasa Indonesia
- Bangga menggunakan produk dalam negeri,
|
| - Bermusyawarah untuk menentukan tempat rekreasi
- Tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain
- Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan,
- Menghargai pendapat orang lain
|
| - Berlaku adil terhadap sesama
- Melaksanakan kewajiban dan menghormati hak orang lain
- Suka menabung dan tidak bergaya hidup mewah
- Menolong dan menghargai orang lain
- Menghukum kepada para pelanggar hukum meskipun kepada seorang
pejabat
|
Ayo Mengamati
Amatilah
perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di
sekolah, rumah, atau masyarakat. Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai.
No. | Sikap/Perilaku | Tidak Sesuai dengan Sila Ke ... |
---|
I | II | III | IV | V |
---|
1. | Malu menggunakan produk dalam negeri | - | - | ✓ | - | - |
2. | Memksakan agama kepada orang lain | ✓ | - | - | - | - |
3. | Memaksakan pendapat kepada orang lain | - | - | - | ✓ | - |
4. | Berteman dengan teman yang kaya saja | - | ✓ | - | - | - |
5. | Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama. | - | - | - | - | ✓ |
Ayo Mengamati
Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan
pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak
negara Indonesia. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut
Aspek | Keterangan |
---|
Luas dan letak Wilayah Indonesia Berdasarkan Peta | Indonesia
memiliki pulau sebanyak 17.504 buah. Pulau itu terhampar di wilayah
laut Indonesia yang memiliki luas 3.257.357 km². Luas daratan Indonesia
adalah 1.890.754 km². Indonesia memiliki batas wilayah yaitu :
- Sebelah
Utara: Benua Asia. Lebih jelasnya, Indonesia juga berbatasan dengan
selat Malaka, laut Andaman, samudra Pasifik, laut Cina Selatan, dan
Malaysia bagian timur.
- Sebelah Selatan: Benua Australia. Lebih jelasnya, Indonesia juga berbatasan dengan samudra Hindia Laut Timor, dan Laut Arafuru.
- Sebelah Barat: Samudra Hindia.
- Sebelah Timur: Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan Papua Nugini.
|
Ayo Mencoba
Setelah
mengetahui luas dan letak wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu
untuk mengetahui luas dan letak wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke
dalam sebuah peta sederhana.Untuk mendapatkan data dan informasi yang
akurat kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para
pengurus RT, RW, atau tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.
Adapun yang harus kamu tampilkan pada peta adalah sebagai berikut.
- Pertegas posisi rumahmu
- Batas-batas RT
- Rumah
- Jalan
- Ladang, kebun, sawah, bukit, atau hutan
- Sungai atau aliran air
Peta Wilayah Tempat Tinggalku
Ayo Menulis
Mengenali
wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai
lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah
kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?
Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.
Bacakan
ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu
bercerita tentang wilayah tempat tinggalnya, dengarkan dengan saksama
dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom
berikut.
Paragraf | Ide Pokok | Kalimat Pengembang |
---|
1. | Keluargaku tinggal di daerah pedesaan. | Keluargaku
tinggal di daerah pedesaan yang jauh dari kebisingan jalan raya. Di
sekitar tempat tinggalku masih banyak terdapat hutan, kebun, ladang dan
sawah. Lahan kosong digunakan untuk lapangan sepakbola dan taman. Karena
masih beberapa sawah, air selalu mengalir di selokan. |
2. | Di lingkunganku terdapat beberapa fasilitas umum | Di
lingkunganku terdapat beberapa fasilitas umum seperti Puskesmas,
sekolah, balai desa. Fasilitas-fasilitas tersebut digunakan oleh warga
masyarakat untuk melakukan beberapa kegiatan. Misanya saja balai desa
digunakan untuk pertemuan-pertemuan yang membahas kepentingan warga. |
3. | Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja. | Di
lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja.
Rumah-rumah tersebut masih terawat dengan baik. Sebagian penghuninya
adalah petani yang hidup sederhana. Keluargaku menempati rumah
peninggalan kakek yang masih kokoh berdiri. |
4. | Batas wilayah tempat tinggalku | Lingkungan
tempat tinggalku berbatasan dengan perbukitan di sebelah utara.
Sementara hutan menjadi batas lingkungan tempat tinggalku di sebelah
selatan. Sebelah barat dan timur berbatasan dengan wilayah desa yang
lain. |
Ayo Renungkan
Tuliskan
sikap dan perilakumu yang sudah sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila-sila Pancasila. Mintalah evaluasi kepada orang
tuamu.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama
orang tuamu, amatilah kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu.
Buatlah peta sederhana kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar