Senin, 20 Februari 2023

Materi Ajar Tema 8 Subtema 2 Pembelejaran 6 kelas 6 , Selasa 21 Februari 2023


Tema 8                        : Bumiku

Subtema 2                  : Bumiku dan                                                     Musimnya

Pembelajaran               : 6

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Infografis

2. PKn: Menjaga kelestarian lingkungan

3. SBdP : Tari Kreasi

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- menyajikan informasi penting dalam bentuk infografis

- mengetahui peran warga negara dalam menjaga lelestariam lingkungan

- Meragakan tari kreasi daerah secara berkelompok

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 



Kisi kisi TO IPA
1. alat pernapasan pada mahluk hidup
2. rangkaian listrik
3. revolusi bumi
4. urutan sistem organ pada manusia 
"Mulut , kerongkongan , Lambung, pankreas , usus halus , usus besar , anus
5. benda yang berpidah panas , konduksi , konveksi dan radiasi 
(contoh konduksi yaitu membakas sendok maka akan menghantarkan panas)

Sabtu, 18 Februari 2023

Materi Ajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan KISI KISI TRY OUT (TO) BAHASA INDONESIA , SENIN 20 FEBRUARI 2023

Tema 8                        : Bumiku

Subtema 2                  : Bumiku dan                                                     Musimnya

Pembelajaran               : 5

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Peta Pikiran

2. IPA : Gerhana Bulan

3. SBdP : Tari Kreasi

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- menjelaskan informasi dari peta pikiran

- mengidentifikasi gerak bulan dan peristiwa gerhana bulan

- Meregakan tari kreasi daerah

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 

PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 

 KISI KISI TRY OUT (TO) TINGKAT SD/MI

TAHUN PELAJARAN 2022/2023 

 

PETUNJUK UMUM MENGERJAKAN TRY OUT (TO)

1. Mulailah dengan berdoa , sebelum mengerjakan ujian

2. Isi identitas anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B


KISI KISI TRY OUT (TO) BAHASA INDONESIA 

1. Kalimat utama, kalimat penjelas dan kesimpulan pada paragraf

2. tokoh utama dan latar tempat pada teks

3. amanat pada pantun 

4. Antonim, sinonim contoh : aktif sinonimnya adalah "berperan"

5. kata baku pada kalimat 

6. kesalahan ejaan contoh soal : 

"sudah hampir satu tahun yuri tidak bertemu nenek di bandung  "

"Sudah hampir satu tahun, Yuri tidak bertemu nenek di Bandung"

pada nama orang dan kota harus berhuruf KAPITAL 

7. Kata Kunci pada kalimat 

8. makna kata ANGKUH "SOMBONG"

9. Teknik penyampaian PIDATO, 

Unsur-unsur 1. salam pembuka pidato 2. penutup pidato 

10.  peribahasa "berat sama dipikul ,ringan sama di jinjing" 

artinya "bersama sama dalam suka maupun duka "

11. jenis jenis iklan : Niaga , layanan masyarakat , komersil  

12. sajak pada pantun : a-a-a-a , ab-ab-ab , a-b-b-a

13.


 


Kamis, 16 Februari 2023

Tema 8 Subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 kelas 6 , Jumat 17 Februari 2023

Tema 8                        : Bumiku

Subtema 2                  : Bumiku dan                                                     Musimnya

Pembelajaran               : 3 dan 4

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Peta Pikiran

2. IPS : Hubungan Kondisi Geografis dengan keadaan sosial

3. PKn : Kewajiban Menjaga Kelestarian Lingkungan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- membuat peta pikiran dari sebuah teks

- menganalisis hubungan kondisi geografis dengan keadaan sosial negara

- Menjalankan kewajiban menjaga kelestarian lingkungan

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 

Rabu, 15 Februari 2023

Materi ajar kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 2 dan matematika , kamis 16 februari 2023

 

 

MATERI AJAR
 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 2       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 2 dan Matematika
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia , IPA , SBdp
 

Tujuan Pembelajaran 

1. mengidentifikasi berbagai bentuk pola lantai tari. menjelaskan pengertian pola lantai. memperagakan pola lantai gerak tari kreasi daerah, peristiwa pada teks, 

2. menjelaskan tentang ketersediaan air bersih

3. membuat karya poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan.

 

Ayo Mengamati
Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari.(Tari Manipuren dari Jawa Tengah)
Tari Manipuren
1. Bagaimana formasi para penari saat melakukan gerak tari?
Gerakan tari ini awalnya dinamakan jogai yang berarti gerakan melingkar melambangkan gerakan planet yang mengelilingi matahari.
2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
Arah hadap penari adalah ke depan, ke samping kanan dan ke samping kiri
3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?
Garis imajiner yang dilalui penari adalah garis lengkung dan garis lurus
Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
Tari Manipuren Surakarta
Perubahan lingkungan juga memengaruhi budaya, termasuk tarian. Tarian daerah berkembang mengikuti perubahan. Namun, perkembangan itu juga masih mengikuti aturan dasar tari, termasuk pola lantai. Apa yang dimaksud pola lantai?

Ayo Membaca
Pola Lantai Gerak Tari
Pada saat menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner juga dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambar-gambar.berikut.
Pola Lantai
Bentuk pola lantai dari gerak yang dilalui penari
Pola Lantai
Tugas
Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.
Pola lantai tari adalah garis imajiner (khayal)yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari
2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.
Pola Lantai Tari Legong dan Saman
Ayo Berlatih
  1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah.
  2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian.
  3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakangerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar.
  4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari.

Gerak tari daerah satu dengan daerah lain memiliki karakter berbeda-beda. Tari Bali berkarakter lincah dengan rangkaian gerak patah-patah. Sebaliknya, tarian daerah Solo dan Yogyakarta cenderung berkarakter lembut dalam rangkaian gerak yang mengalir seperti aliran air yang tenang.

Ayo Membaca
Siklus Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang. Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

(Sumber: Scott Foresman. 2010. Science. Illinois)

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”?
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah
2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, yaitu dari laut, sungai, danau, dan genangan-genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.
3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Manusia biasa memanfaatkan air tanah dengan membuat sumur.
4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Air tanah lebih jernih dan bersih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Oleh karena itu manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari dengan membuat sumur
5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Air permukaan merupakan air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?
Saat musim kemarau panjang, air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.

Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”, buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada Pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.
Poster hemat air

 MATEMATIKA

 


 

 

 

Perhatikanlah gambar berikut ini!
Hasil dari operasi hitung yang ditunjukkan oleh garis bilangan di atas adalah. . .
A. 3
B. Dua
C. Negatif lima
D. Negatif empat

Selasa, 14 Februari 2023

MATERI AJAR TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 DAN MATEMATIKA KELAS 6, RABU 15 FEBRUARI 2023

 

MATERI AJAR
 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 2       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 1 dan Matematika
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8)
 
Tujuan Pembelajaran 
1. Setelah belajar diharapkan siswa dapat menjelaskan siklus tanah, 
2. Menjelaskan teks nonfiksi siklus tanah,

Pada Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan kta akan mempelajari tentang menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air, dan membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah dan air permukaan.. Tulisan ini hanya sebagai penduan saja saat mengikuti pembelajaran di kelas dengan Bapak/Ibu guru Anda. Simak pembelajaranya berikut ini.



Perhatikan gambar-gambar berikut ini kemudian jawablah pertanyaan atau perintah yang ada berdasarkan gambar yang diamati
Lingkungan subur dan Gersang
Perhatikan gambar-gambar di atas.
 
1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.
2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?
Lingkungan pada gambar A lebih enak dilihat
3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?
Lingkungan pada gambar A dapat berubah menjadi lingkungan seperti pada gambar B. Penyebabnya adalah manusia yang tidak peduli terhadap lingkungannya.
4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?
Lingkungan pada gambar B dapat perubah menjadi seperti gambar A. Caranya adalah dengan menjaga dan merawat lingkungan misalnya dengan reboisasi.
5. Sebutkan cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
Cara yang bisa saya lakukan untuk menjaga lingkungan rumah dan sekolah misanya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Perubahan lingkungan terjadi karena faktor alam dan kegiatan manusia. Ada perubahan yang menguntungkan, tetapi ada pula perubahan yang merugikan. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca
Siklus Air Tanah
Proses siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Selain masuk ke sungai dan mengalir ke laut, ada juga air yang tergenang membentuk danau.

Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air).

Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah resapan air terdapat di hutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur tanah. Saat hujan turun, air tidak langsung hanyut, tetapi air akan terserap dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah akan menjadi air tanah. Air akan lebih mudah meresap jika terdapat banyak tumbuhan. Air yang meresap akan diserap oleh akar tumbuhan tersebut. Adanya air dan akar di dalam tanah menyebabkan struktur tanah menjadi kukuh dan tidak mudah longsor.

Nah, menyimak uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan hutan sangat penting. Hutan berperan dalam penyimpanan air. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan.

Saat ini hutan banyak yang gundul akibat penebangan liar. Selain penebangan, hutan dapat rusak akibat pembakaran. Pepohonan di hutan ditebang atau dibakar dengan alasan tertentu. Seperti untuk membuka lahan pertanian, perumahan, atau industri. Kegiatan-kegiatan ini dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Akibatnya, pada saat hujan terjadi banjir dan pada saat kemarau banyak daerah mengalami kekeringan.

Pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton dapat menghalangi meresapnya air hujan ke dalam tanah. Akibatnya, pada saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan air menggenangi jalan-jalan.

Nah, apa akibatnya jika daerah resapan air semakin berkurang? Apabila daerah resapan air semakin berkurang, cadangan air di bumi ini semakin menipis. Hal ini dapat mengakibatkan sungai-sungai dan danau menjadi kering. Keringnya sungai dan danau menyebabkan proses penguapan semakin menurun. Menurunnya proses penguapan ini menyebabkan berkurangnya pengendapan titik-titik air di awan. Keadaan ini tentu mengurangi terjadinya hujan.

(Sumber: IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional)

Kamu telah membaca teks ”Siklus Air Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.
Diagram Siklus Air Tanah
  1. Peristiwa 1 :Air bergerak meninggalkan tanah ke udara kemudian turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan.
  2. Peristiwa 2 :Air yang turun ke tanah masuk dan bergerak ke dalam tanah kemudian menjadi air cadangan (sumber air)
  3. Peristiwa 3 :Tumbuhan berfungsi menyerap air air tanah melalui akar-akarnya, akhirnya menjadi air cadangan (sumber air).

Matematika 


 

 

Minggu, 12 Februari 2023

MATERI AJAR TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 DAN PENILAIAN HARIAN , SENIN 13 FEBRUARI 2023

 

MATERI AJAR
 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 6
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBDP (3.2), PPKn ( 3,2)
 
Tujuan Pembelajaran 
Setelah belajar diharapkan siswa dapat menjelaskan akibat revolusi bumi, mengidentifikasi interval nada, menjelaskan teks nonfiksi, dan menjelaskan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.


Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 6. Ayo kita simak video berikut ini :
 

 
Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan nyaring!
Ulang Tahun Udin
Udin:yang diundang ada tetangga, teman-teman, dan juga ibu guru. Acaranya dimulai pukul dua siang. Tapi, di mana ibu guru, ya? Bagaimana, kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?
Lani:Iya, sama-sama Udin. Kami juga berterima kasih telah diundang. Kami tadi naik sepeda. Siapa saja yang diundang Udin? Pukul berapa acaranya dimulai?
Udin:Selamat datang ya teman-teman. Aku senang dengan kehadiran kalian. Naik apa tadi ke sini?
Edo:Baiklah Udin. Sebelum minum, kita harus berdoa. Jangan lupa memegang gelas dengan hati-hati agar tidak pecah. Siapa yang mau memimpin doanya?
Beni:Biar aku saja. Sebelum minum mari kita berdoa menurut ajaran agama masing-masing. Berdoa, mulai!

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Udin dan teman-teman sedang membicarakan tentang acara ulang tahun Udin.

Ayo Membaca
Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
  1. Naik apa tadi ke sini?
  2. Siapa saja yang diundang Udin?
  3. Pukul berapa acaranya dimulai?
  4. Di mana ibu guru, ya?
  5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Kata Tanya
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!

Tuliskan menggunakan kata apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

Tuliskan pada kolom berikut dengan rapi!
Berikut ini contoh kalimat berdasarkan gambar :
  1. Apa saja bahan pembuat kue ulang tahun tersebut?
  2. Mengapa kue ulang tahun dihiasi dengan buah-buahan dan bunga?
  3. Kapan kue ulang tahun tersebut dibuat?
  4. Siapa yang membuat kue ulang tahun tersebut?
  5. Di mana kita dapat membeli kue ulang tahun?
  6. Bagaimana cara membuat kue ulang tahun?

Kamis, 09 Februari 2023

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 DAN MATEMATIKA , JUMAT 10 FEBRUARI 2023

MATERI AJAR
 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 5
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBDP (3.2), PPKn ( 3,2)
 
Tujuan Pembelajaran 
Setelah belajar diharapkan siswa dapat menjelaskan akibat revolusi bumi, mengidentifikasi interval nada, menjelaskan teks nonfiksi, dan menjelaskan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.


Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 5. Ayo kita simak video berikut ini :
 

 

Tugas Tematik
Setelah anak-anak menyaksikan video pembelajaran di atas, untuk mengetahui pemahaman kalian tentang materi pembelajaran hari in, kerjakan soal berikut!
 

 MATEMATIKA

 

Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru.
 Biasakan  ......
 
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


Materi ajar Kamis 18 September 2025

Hari/Tanggal : Kamis, 18 September 2025 Muatan Pembelajaran :   1. Pendidikan Pancasila (Aku Patuh Aturan 2. Bahasa Indonesia  Metode Penbel...