📚 Persiapan Sumatif Akhir Semester
Bahasa Indonesia Kelas 3 SD - Kurikulum Merdeka
BAB 1Permainan Tradisional
1Jenis Permainan Tradisional
Permainan tradisional adalah permainan yang diwariskan dari nenek moyang
🏃 Permainan Kelompok
- Petak umpet
- Gobak sodor
- Benteng-bentengan
- Tarik tambang
👤 Permainan Individual
- Layangan
- Congklak
- Egrang
- Gasing
2Penggunaan Huruf Kapital
- Awal kalimat
- Nama orang: Budi, Siti, Ahmad
- Nama tempat: Jakarta, Indonesia, Bandung
- Nama hari/bulan: Senin, Januari
- Kata sapaan: Ibu, Bapak, Pak
- Nama permainan: Gobak Sodor, Petak Umpet
✅ Benar: Aku bermain Gobak Sodor di Jakarta.
3Kosakata Permainan
4Tokoh dan Informasi Cerita
- Tokoh: Siapa yang ada dalam cerita (nama orang)
- Latar tempat: Di mana cerita terjadi
- Latar waktu: Kapan cerita terjadi
- Peristiwa: Apa yang terjadi
"Budi dan Ani bermain Petak Umpet di halaman sekolah saat jam istirahat. Budi bersembunyi di belakang pohon mangga."
• Tokoh: Budi dan Ani
• Tempat: Halaman sekolah
• Waktu: Jam istirahat
• Peristiwa: Bermain Petak Umpet
5Tanda Baca
❗ Tanda Seru (!)
Untuk kalimat perintah atau seruan
• Ayo bermain!
• Awas, ada lubang!
❓ Tanda Tanya (?)
Untuk kalimat pertanyaan
• Mau ikut bermain?
• Siapa pemenangnya?
⚫ Titik (.)
Untuk akhir kalimat berita
• Aku suka bermain.
• Mereka sangat gembira.
📍 Koma (,)
Untuk pemisah dalam kalimat
• Budi, Ani, dan Siti bermain.
• Kemarin, kami bermain bola.
6Cara Menggunakan KBBI
KBBI = Kamus Besar Bahasa Indonesia
Digunakan untuk mencari arti kata
- Cari kata berdasarkan huruf awal (urutan A-Z)
- Lihat huruf kedua, ketiga, dan seterusnya
- Baca arti kata yang tertulis
Mencari kata "fokus"
1. Buka halaman huruf F
2. Cari kata yang dimulai dengan fo
3. Temukan kata fokus
4. Baca artinya: memusatkan perhatian pada satu hal
BAB 2Kerja Sama dengan Teman
1Kalimat Berstruktur SPOK
SPOK = Subjek, Predikat, Objek, Keterangan
S: Budi P: bermain O: bola K: di lapangan
S: Kami P: membaca O: buku K: di perpustakaan
S: Ani P: menulis O: surat K: dengan rapi
2Aturan dalam Bermain
- Agar permainan tertib dan adil
- Semua pemain tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
- Menghindari perselisihan
- Permainan menjadi menyenangkan
1. Tentukan siapa yang jaga
2. Jaga hitung sampai 10 sambil tutup mata
3. Yang bersembunyi tidak boleh pindah tempat
4. Jaga mencari yang bersembunyi
5. Yang ditemukan menjadi jaga berikutnya
3Kalimat Fakta dan Fiksi
✅ Fakta
Kalimat yang berisi kebenaran dan dapat dibuktikan
• Gobak Sodor dimainkan oleh dua kelompok
• Layangan terbang karena angin
• Jakarta adalah ibu kota Indonesia
📖 Fiksi
Kalimat yang berisi cerita/khayalan, tidak nyata
• Burung bisa berbicara seperti manusia
• Ani terbang dengan sayap
• Budi menjadi raja hutan
- Fakta: Bisa dibuktikan, masuk akal, nyata terjadi
- Fiksi: Khayalan, tidak bisa dibuktikan, cerita karangan
BAB 3Semangat Pantang Menyerah
1Ide Pokok dan Pendukung
Ide Pokok = Gagasan utama dalam paragraf
Ide Pendukung = Kalimat yang menjelaskan ide pokok
- Baca seluruh paragraf dengan teliti
- Cari kalimat yang paling penting
- Biasanya di awal atau akhir paragraf
- Kalimat lain menjelaskan kalimat ini
"Budi adalah anak yang pantang menyerah. Ia selalu berlatih sepak bola setiap hari. Meskipun sering jatuh, ia tidak pernah menyerah. Akhirnya, Budi menjadi pemain terbaik di sekolahnya."
💡 Ide Pokok: Budi adalah anak yang pantang menyerah
📝 Ide Pendukung:
• Selalu berlatih setiap hari
• Tidak menyerah meskipun jatuh
• Menjadi pemain terbaik
2Struktur Cerita
Setiap cerita punya 3 bagian:
🌅 Awal (Pengenalan)
- Memperkenalkan tokoh
- Memperkenalkan tempat
- Memperkenalkan waktu
- Keadaan awal cerita
⚡ Tengah (Masalah)
- Muncul konflik/masalah
- Tokoh menghadapi tantangan
- Bagian paling menegangkan
- Tokoh berusaha mengatasi
🌟 Akhir (Penyelesaian)
- Masalah terselesaikan
- Ada solusi
- Cerita berakhir (bahagia/sedih)
- Pesan moral cerita
🌅 Awal: Ani ingin ikut lomba melukis di sekolah.
⚡ Tengah: Lukisan Ani rusak karena terkena air. Ani hampir menyerah.
🌟 Akhir: Ani tidak menyerah. Ia melukis lagi dan memenangkan lomba.
3Tanda Kutip Ganda (" ")
- Untuk ucapan atau dialog langsung
- Menandai kata-kata yang diucapkan seseorang
- Menunjukkan judul karangan/cerita
✅ Ibu berkata, "Jangan menyerah, Nak!"
✅ "Aku pasti bisa!" seru Budi dengan semangat.
✅ Guru bertanya, "Siapa yang mau maju?"
Contoh Judul:
✅ Kami membaca cerita "Si Kancil dan Buaya"
✅ Buku favorit saya berjudul "Petualangan di Hutan"
• Tanda kutip ada 2 (dua): di awal dan di akhir
• Tanda baca (!, ?, .) biasanya di dalam tanda kutip
• Huruf pertama dalam kutipan pakai huruf kapital
4Majas Hiperbola
Majas Hiperbola = Gaya bahasa yang melebih-lebihkan
- Menggunakan kata-kata berlebihan
- Membuat cerita lebih menarik dan ekspresif
- Sebenarnya tidak mungkin terjadi secara nyata
- Untuk menekankan sesuatu
• Suaranya menggelegar sampai ke langit
• Aku menunggu sampai kaki pegal
• Dia berlari secepat kilat
• Perutku lapar sekali
• Suaranya sangat keras
• Menunggu sangat lama
• Berlari sangat cepat
• Sangat lapar
BAB 4Profesi di Sekitarku
1Profesi dan Tugasnya
Profesi = Pekerjaan atau bidang pekerjaan seseorang
2Perbandingan Profesi Sejenis
🎣 Nelayan Tradisional
- Menggunakan perahu kecil
- Menangkap ikan dengan jala
- Di laut dekat pantai
- Hasil tangkapan sedikit
- Cara sederhana
🚢 Nelayan Modern
- Menggunakan kapal besar
- Menangkap dengan alat modern
- Bisa ke laut lebih jauh
- Hasil tangkapan banyak
- Lebih canggih
🏪 Pedagang Pasar Tradisional
- Tempat terbuka
- Harga bisa ditawar
- Barang fresh dari petani
- Suasana ramai
- Bayar tunai
🏬 Pedagang Supermarket
- Tempat tertutup, ber-AC
- Harga sudah pasti
- Barang dikemas rapi
- Suasana lebih tenang
- Bisa bayar non-tunai
Profesi yang sama bisa memiliki cara kerja berbeda tergantung alat dan tempat yang digunakan. Yang penting, semua profesi membantu kehidupan kita!
3Kalimat Aktif dan Pasif
✅ Kalimat Aktif
Subjek melakukan pekerjaan
- Kata kerja: me-, ber-
- Fokus pada pelaku
- Subjek aktif bekerja
✅ Kalimat Pasif
Subjek dikenai pekerjaan
- Kata kerja: di-, ter-
- Fokus pada objek
- Ada kata "oleh"
• Aktif: Lihat kata kerja (me-, ber-) → Subjek melakukan
• Pasif: Lihat kata kerja (di-, ter-) → Subjek dikenai
⭐ Poin-Poin Penting untuk Diingat
- Huruf kapital: awal kalimat, nama orang, tempat, hari/bulan
- Tanda baca: ! (seru), ? (tanya), . (titik), , (koma), " " (kutip)
- KBBI: Cari berdasarkan urutan A-Z
- SPOK: Subjek - Predikat - Objek - Keterangan
- Fakta: Benar dan bisa dibuktikan | Fiksi: Khayalan
- Ide pokok: Gagasan utama | Ide pendukung: Penjelasan
- Struktur cerita: Awal (pengenalan) - Tengah (masalah) - Akhir (solusi)
- Majas hiperbola: Melebih-lebihkan untuk menarik perhatian
- Kalimat aktif: me-, ber- | Pasif: di-, ter-
SOAL LATIHAN SUMATIF AKHIR SEMESTER
BAHASA INDONESIA KELAS 3
A. PILIHAN GANDA (35 SOAL)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5!
Bermain Gobak Sodor di Halaman Sekolah
Hari Minggu pagi, Andi dan teman-temannya berkumpul di halaman sekolah. Mereka sepakat untuk bermain gobak sodor. "Ayo kita bagi menjadi dua tim!" seru Budi dengan semangat. Tim pertama terdiri dari Andi, Siti, dan Roni. Sedangkan tim kedua beranggotakan Budi, Dina, dan Fajar.
Sebelum bermain, mereka membuat garis-garis di tanah menggunakan kapur. Gobak sodor adalah permainan tradisional yang membutuhkan kecepatan dan strategi. Pemain harus fokus agar tidak tertangkap oleh lawan. Mereka juga harus melakukan ancang-ancang sebelum berlari melewati garis pertahanan lawan.
Permainan dimulai dengan hompimpa untuk menentukan tim mana yang jaga lebih dulu. "Hompimpa alaihum gambreng!" teriak mereka bersama-sama. Akhirnya tim Budi yang kalah dan harus menjaga. Semua anak bermain dengan sportif dan gembira. Meskipun ada yang kalah, tidak ada yang marah atau sedih.
1. Siapa saja yang menjadi anggota tim pertama dalam permainan gobak sodor?
A. Budi, Dina, dan Fajar
B. Andi, Siti, dan Roni
C. Andi, Budi, dan Siti
D. Roni, Fajar, dan Dina
2. Apa yang dilakukan anak-anak sebelum memulai permainan gobak sodor?
A. Membeli peralatan di toko
B. Membuat garis-garis di tanah menggunakan kapur
C. Bermain permainan lain terlebih dahulu
D. Pulang ke rumah untuk istirahat
3. Kata "fokus" dalam teks di atas memiliki arti....
A. bermain dengan sembarangan
B. tidak memperhatikan permainan
C. memusatkan perhatian dengan baik
D. berlari sangat cepat tanpa henti
4. Berdasarkan teks, sikap yang ditunjukkan oleh anak-anak saat bermain adalah....
A. marah ketika kalah
B. bermain dengan sportif dan gembira
C. saling menyalahkan satu sama lain
D. tidak mau mengikuti aturan permainan
5. Kalimat yang menggunakan tanda seru pada teks di atas berfungsi untuk....
A. menunjukkan kalimat tanya
B. mengakhiri cerita
C. menunjukkan perasaan semangat atau antusias
D. memberikan perintah yang keras
6. Perhatikan penulisan nama permainan berikut!
- Petak Umpet
- congklak
- Lompat tali
- ENGKLEK
Penulisan nama permainan yang benar sesuai kaidah penggunaan huruf kapital adalah....
A. nomor 1 dan 3
B. nomor 2 dan 4
C. nomor 1 dan 2
D. nomor 3 dan 4
7. Kata "ancang-ancang" dalam kalimat "Pelari melakukan ancang-ancang sebelum melompat" berarti....
A. istirahat sejenak sebelum melanjutkan
B. gerakan awalan atau persiapan sebelum melakukan sesuatu
C. berhenti dan tidak melanjutkan lomba
D. berlari mundur ke belakang
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-12!
Belajar Bekerja Sama
Pada hari Selasa, Bu Ani memberikan tugas kelompok kepada siswa kelas 3. Setiap kelompok harus membuat poster tentang permainan tradisional Indonesia. Kelompok Dina terdiri dari empat orang, yaitu Dina, Rian, Sari, dan Bayu.
Mereka mulai berdiskusi untuk membagi tugas. Dina akan mencari informasi tentang permainan tradisional di perpustakaan. Rian bertugas menggambar ilustrasi permainan. Sari akan menulis penjelasan tentang cara bermain. Sedangkan Bayu bertugas mewarnai gambar dan menghias poster.
"Kita harus bekerja sama dengan baik agar poster kita bagus," kata Dina kepada teman-temannya. Mereka semua setuju dan bekerja dengan semangat. Dalam bekerja kelompok, ada aturan yang harus dipatuhi. Setiap anggota harus menghargai pendapat orang lain, tidak boleh mengerjakan tugas sendirian, dan harus bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing.
Setelah tiga hari bekerja keras, poster kelompok Dina akhirnya selesai. Hasilnya sangat memuaskan. Bu Ani memberikan pujian kepada kelompok Dina karena mereka telah bekerja sama dengan sangat baik.
8. Perhatikan kalimat: "Dina akan mencari informasi tentang permainan tradisional di perpustakaan."
Struktur kalimat tersebut adalah....
A. S: Dina, P: akan mencari, O: informasi tentang permainan tradisional, K: di perpustakaan
B. S: informasi, P: mencari, O: Dina, K: di perpustakaan
C. S: perpustakaan, P: mencari, O: informasi, K: Dina
D. S: akan mencari, P: Dina, O: informasi, K: di perpustakaan
9. Aturan penting dalam bekerja kelompok berdasarkan teks di atas adalah, KECUALI....
A. menghargai pendapat orang lain
B. mengerjakan semua tugas sendirian tanpa bantuan
C. tidak boleh mengerjakan tugas sendirian
D. bertanggung jawab dengan tugas masing-masing
10. Manakah kalimat berikut yang termasuk kalimat FAKTA?
A. Poster kelompok Dina adalah yang terindah di dunia
B. Setiap kelompok harus membuat poster tentang permainan tradisional
C. Dina adalah anak paling pintar di seluruh Indonesia
D. Bekerja kelompok adalah hal yang paling menyenangkan di dunia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar