Senin, 28 April 2025

Materi Ajar , Selasa 29 April 2025

Hari/Tanggal                              : Selasa, 22 April 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Bumiku Sayang Bumiku Malang

2. Bahasa Indonesia         : Sayangi Bumi

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : Video/PPT, LKPD   

Model Pembelajaran         : PJBL, Kooperatif

Metode Pembelajaran       : Simulasi/demonstrasi, Diskusi, 

                                             ceramah.                                                                                                                                                    

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik merefleksikan bagaimana perubahan kondisi alam di permukaan bumi terjadi akibat faktor alam maupun perbuatan manusia, mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan terjadinya permasalahan lingkungan serta memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, ekonomi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. membuat ringkasan, dan menjelaskan makna persatuan dan kesatuan.
    
  IPAS
                         
  Berikut adalah beberapa pola hidup yang menyebabkan masalah lingkungan:
  • Konsumsi Berlebihan:
    Pola hidup konsumtif, seperti pembelian barang-barang yang tidak perlu, penggunaan energi yang berlebihan, dan pemborosan makanan, meningkatkan beban lingkungan. 
  • Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya:
  • Penggunaan insektisida, pestisida, deterjen, dan bahan pembersih yang mengandung zat kimia berbahaya dapat mencemari tanah, air, dan udara, serta mengancam kesehatan manusia dan satwa liar. 
  • Pembuangan Sampah Sembarangan:
  • Pembuangan limbah plastik, limbah elektronik, dan sampah organik yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari tanah, air, dan udara, serta mengganggu ekosistem. 
  • Eksploitasi Sumber Daya Alam:
  • Penebangan liar, pertambangan yang tidak bertanggung jawab, dan pengambilan sumber daya alam secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hutan, erosi tanah, dan pencemaran air. 
  • Penggunaan Kendaraan Bermotor:
  • Asap kendaraan bermotor menjadi sumber utama pencemaran udara, terutama di daerah perkotaan. 
  • Perilaku Konsumtif:
  • Penggunaan plastik sekali pakai dan kurangnya pengelolaan limbah plastik telah menyebabkan pencemaran lingkungan, terutama di lautan, dan berdampak pada kehidupan laut dan keseimbangan ekosistem. 
  • Pola hidup yang tidak ramah lingkungan ini memiliki dampak yang luas, termasuk:
  • Pencemaran Udara:
    Asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan penggunaan bahan bakar fosil menyebabkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. 
  • Pencemaran Air:
  • Limbah industri, limbah rumah tangga, dan pestisida dapat mencemari sumber air, baik air permukaan maupun air tanah, sehingga mengancam kesehatan manusia dan ekosistem akuatik. 
  • Pencemaran Tanah:
  • Sampah plastik, limbah industri, dan bahan kimia berbahaya dapat mencemari tanah, mengurangi kesuburannya, dan merusak ekosistem daratan. 
  • Perubahan Iklim:
  • Emisi gas rumah kaca dari kegiatan industri, transportasi, dan deforestasi menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. 
  • Kerusakan Ekosistem:
  • Perusakan hutan, alih fungsi lahan, dan pencemaran lingkungan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, menyebabkan kepunahan spesies, dan mengancam keanekaragaman hayati. 
  • Untuk mengatasi masalah lingkungan, diperlukan perubahan pola hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti:
  • Mengurangi Konsumsi:
    Mengurangi pemborosan, menggunakan barang yang dapat digunakan kembali, dan memilih produk yang ramah lingkungan. 
  • Mengurangi Limbah:
  • Memilah sampah, mengolah sampah organik menjadi kompos, dan menggunakan kembali barang yang masih dapat digunakan. 
  • Menggunakan Energi Terbarukan:
  • Memilih sumber energi yang ramah lingkungan, seperti energi surya dan energi angin. 
  • Memilih Transportasi yang Ramah Lingkungan:
  • Menggunakan sepeda, berjalan kaki, atau transportasi umum untuk mengurangi emisi gas buang. 
  • Menjaga Kehutanan:
  • Tidak menebang pohon liar, mendukung program reboisasi, dan menghindari penggunaan produk kayu ilegal. Dengan perubahan pola hidup yang lebih ramah lingkungan, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. 
Kerjakan Latihan Berikut!
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas yang merupakan penyebab dari perubahan lingkungan yang terjadi secara perlahan yaitu gambar nomor. . .
A. 1 dan 2                           B. 1 dan 4           C.  2 dan 3                   D. 3 dan 4

Soal No.2
Perhatikan gambar di bawah!
Perubahan lingkungan yang terjadi akibat aktivitas manusia pada gambar di atas yaitu. . .
A. kualitas udara menurun                         B. pohon-pohon mudah tumbang
C. air laut menjadi tercemar                       D. pemukiman menjadi kumuh

Soal No.3
Perhatikan tabel berikut!
NoContoh Sampah
1Sisa makanan
2Daun kelapa kering
3Gelas Bambu
4Sedotan plastik bekas
Contoh sampah di sekitar kita yang memerlukan waktu yang lama untuk bisa terurai ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1                                 B. 2                      C. 3                   D. 4
Soal No.4
Seorang anak membuang beberapa kantong plastik bekas ke sungai. Tindakan tersebut dapat menyebabkan air sungai tercemar dan tidak dapat dimanfaatkan kembali karena air sungai mengandung . . .
A. mikroplastik                      B. hidrogen               C. belerang             D. nitrogen

Soal No.5
Air sungai mengalir menuju laut. Air sungai yang tercemar plastik akan menyebabkan plankton dan ikan di laut memakan zat berbahaya dari plastik. Apabila manusia memakan ikan tersebut, maka akan menyebabkan . . .
A. zat plastik berada di tubuh sementara            B. zat plastik mengendap di dalam tubuh
C. manusia sakit perut dan sembelit                   D. manusia sulit untuk bernapas

Soal No.6
Plastik sering digunakan sebagai bahan perlengkapan rumah tangga karena tidak mudah rusak dan ringan. Namun, sampah plastik memberikan dampak buruk bagi lingkungan karena. . .
A. sulit didaur ulang                     B. mudah didaur ulang
C. sulit diuraikan                          D. mudah diuraikan

Soal No.7
Pak Dedi mengolah daun-daun kering yang berserakan di halaman rumah menjadi suatu produk. Produk ini dapat menyuburkan tanah. Produk yang dimaksud yaitu . . .
A. polybag                B. kompos                  C. apotek hidup             D. ronce

Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!
Peristiwa pada gambar di atas terjadi akibat dari. . . .
A. menumpuknya sampah di TPA             B. selokan yang tersumbat sampah
C. curah hujan yang rendah                      D. sampah yang sulit diuraikan

Soal No.9
Upaya mengatasi masalah lingkungan karena sampah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik disebut . . .
A. reduce              B. reuse                    C. recycle                         D. replace

Soal No.10
Perhatikan gambar di bawah!
Gambar di atas menunjukkan salah satu upaya mengatasi masalah sampah yaitu dengan. . .
A. reduce                B. reuse                  C. recycle                     D. replace

  Bahasa Indonesia
  


Soal No.1
Pembayaran barang di toko Indimaret dapat dilakukan secara digital melalui QRIS.

Makna kata imbuhan pe-an pada kalimat di atas yaitu. . .. .
A. menyatakan proses
B. menyatakan tempat
C. menyatakan kumpulan
D. menyatakan waktu

Soal No.2
Ibu bersama Tini sedang menyiapkan peralatan memasak di dapur

Makna kata imbuhan pe-an pada kalimat di atas yaitu. . .. .
A. menyatakan proses
B. menyatakan tempat
C. menyatakan kumpulan
D. menyatakan waktu

Soal No.3
Rianto ditugaskan oleh Pak Guru untuk membuat ringkasan dari suatu teks. Langkah yang harus dilakukan oleh Rianto yaitu. . .
A. mengidentifikasi ide pokok
B. menentukan gagasan pendukung
C. menemukan kalimat penjelas
D. membandingkan kalimat tunggal

Soal No.4
Bu Tiyas menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya

Soal No.15
Perhatikan gambar berikut!
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan poster di atas yaitu. . .
A. masker bekas termasuk sampah organik
B. daur ulang sampah menghasilkan uang
C. menambah jumlah sampah di TPA
D. memilih sampah mempercepat pengelolaan sampah

 
Pendidikan Pancasila


Pilihan Ganda

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Perilaku anak-anak pada gambar di atas mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu . . .
A. nilai ketuhanan
B. nilai musyawarah mufakat
C. nilai keadilan
D. nilai kemanusiaan

Soal No.2
Siswa-siswi SD Sukamaju mengikuti upacara bendera pada hari senin dengan tertib. Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila ke. . .
A. dua
B. tiga
C. empat
D. lima

Soal No.3
Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke kantin. Mereka mengantri dengan tertib untuk membeli makanan. Namun, ada seorang siswa yang menerobos antrian. Perilaku siswa tersebut bertentangan dengan Pancasila sila ke. . .
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

Soal No.4
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Risky menunjukkan perilaku seperti pada gambar di atas. Dia selalu menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berprilaku. Bagi Rizky, Pancasila merupakan . . .
A. identitas bangsa
B. pandangan hidup
C. hukum yang mengikat
D. ideologi bangsa

Soal No.5
Pancasila merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan Pancasila sebagai. . .
A. ideologi bangsa
B. identitas bangsa
C. jati diri bangsa
D. pandangan hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi kisi Ipas Senin 2 Mei 2025

Hari/Tanggal             : Senin, 2 Juni 2025 Muatan SAS                : 1. IPAS  2. B. LAMPUNG                                            ...