Tema 8 : Bumiku
Sub Tema 1 : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran : 2
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBdp (3.8)
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu
mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
2. Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
3. Dengan menyanyikan lagu “Air terjun”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.
Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu “Air Terjun”
hingga kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan
bersama teman-temanmu. Jika perlu, gunakan alat musik yang ada di
sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan suara dan musik (jika
kalian menggunakan alat musik).
- Apa judul lagu tersebut? Air Terjun.
- Siapa penciptanya? A.T. Mahmud.
- Tangga nada apa yang digunakan?Tangga nada do = C.
- Apa tanda tempo yang digunakan? Apa artinya? Tanda tempo yang digunakan adalah sedang, artinya lagu dinyanyikan dengan kecepatan seperti orang berjalan santai.
Berikut ini video lagu Air Terjun Karya AT Mahmud:
Lagu
yang kamu pelajari bercerita tentang air. Air sangat penting bagi
kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai
keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah
kegiatanmu menggunakan air mulai dari bangun pagi hingga saat ini.
Begitu seringnya kita menggunakan air sehari-hari. Dari mana asal air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?
Ayo Mengamati
Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut!
1. Ceritakan gambar di atas.
Gambar di atas menceritakan tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.
2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.
Proses yang terjadi pada siklus air antara lain penguapan, pengendapan, dan pengembunan
Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks “Siklus
air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri
untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk
menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di
depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.
Air
sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup
membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan
air. Bacalah cerita tentang air berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar