Selasa, 07 Februari 2023

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 DAN MATEMATIKA , Kamis 9 FEBRUARI 2023

 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 4 dan Mtematika
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPS ( 3.1 ) 
 
 
1. Perindustrian
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.
Usaha Masyarakat Indonesia
Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil.

2. Perdagangan
Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik. Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Tanpa adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Jasa
Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti misalnya industri konfeksi menghasilkan pakaian. Usaha jasa memberikan pelayanan kepada konsumen. Contoh pekerjaan yang menjual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dan sebagainya.

Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks “Jenis Usaha Masyarakat Indonesia”. Temukan pengertian dan ciri-ciri dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.
Jenis Jenis Usaha Masyarakat Indonesia
Jenis Usaha Masyarakat Indonesia
Perindustrian
Pengertian:
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.

Ciri-ciri:
Ciri-ciri usaha industri :
  1. Memiliki modal besar
  2. Memiliki tenaga kerja andal
  3. Mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi, 
  4. Berusaha menghasilkan produk yang berkualitas, 
  5. Menyediakan layanan purnajual.

Perdagangan
Pengertian:
Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli.

Ciri-ciri:
  1. Mempunyai tempat penyimpan barang yang dibeli dari produsen sebelum dijual lagi kepada pengguna (konsumen)
  2. Mengemas barang dagangan dengan baik dan menarik bagi konsumen
  3. Menyediakan kemudahan layanan bagi konsumen dalam memperoleh dan membayar barang dagangan

 

evaluasi ulangan harian MATEMATIKA


 

Materi Ajar Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan Matematika , Rabu 7 Februari 2023

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 3 dan Mtematika
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPS ( 3.1 ), PPKN ( 3.2 )
 
Tujuan Pembelajaran 
1. Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks non fiksi sebelum membaca
2. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah Asean
3. Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari
 
Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 3. Ayo kita simak video berikut ini : 


https://www.youtube.com/watch?v=TSnnh884OXk

Ayo Membaca
Cermati teks berjudul “Kawasan Asia Tenggara“ berikut ini! Sebelum mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
Bacalah judul bacaan dan perkirakan informasi yang mungkin kamu dapatkan dari bacaan.
Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format sebagai berikut.

Bacalah informasi di bawah ini dengan cermat!
Kawasan Asia Tenggara
Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis. Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Ayo Mengamati
Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara:
Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam
Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”. Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan
Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak), maupun demografis (keadaan penduduk)
Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara

Informasi penting yang didapatkan setelah membaca teks bacaan
Letak astronomis kawasan Asia Tenggara
Letak geografis kawasan Asia Tenggara
Kesamaan kawasan Asia Tenggara
Kawasan Asia Tenggara terletak di daerah tropis

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan?
Ada beberapa persamaan dan perbedaan perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks bacaan. Beberapa persamaan itu antara lain tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis (posisi/letak), Sedangkan perbedaannya antara lain adalah letak Asia Tenggara juga dibahas secara astonomis, sedang perkiraan sebelum membaca adalah secara demografis (keadaan penduduk), perbedaan lainnya adalah akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah. 


Ayo, kita cari informasi tentang keadaan alam Singapura.

Keadaan Alam Negara Singapura
Keadaan Alam Singapura
SINGAPURA
Ibukota Singapura Lagu Kebangsaan Majulah Singapura
Luas 622 km² Pemerintahan Republik
Kelompok Etnis Tionghoa , Melayu, India. Kepala Negara Presiden
Bahasa Melayu, Cina, Tamil, Inggris. Kepala Pemerintahan Perdana Menteri
Agama Tao, Buddha, Islam, Kristen. Mata Uang Dollar Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau Singapura dengan ukuran panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km merupakan pulau terbesar di negara itu. Hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah. Suhu udara di Singapura rata-rata 26ยบ C.

Republik Singapura terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.

Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu, antara lain Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan ketinggian 163,63 m.

Cagar alam yang terkenal terletak di Bukit Timah Nature Reserve. Ada pula taman botani yang terkenal, yaitu Singapore Botanic Garden.

Ayo Berkreasi
Dari informasi yang kamu peroleh, ditemukan fakta-fakta menarik tentang Singapura. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan. Olah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk kartu informasi tentang Singapura. Dalam kartu informasi tersebut, sajikan fakta-fakta yang menceritakan tentang kondisi alam Singapura dan fakta menarik lainnya.

SINGAPURA
No. Kondisi Alam Singapura
1. Pulau Singapura merupakan pulau terbesar
2. Hampir seluruh wilayahnya berupa dataran rendah
3. Singapura berbatasan dengan malaysia di Selat Johor
4. Memiliki 63 pulau kecil
5. Bukit Timah merupakan lokasi tertinggi
No. Fakta Menarik tentang Negara Singapura
1. Merupakan negara terbersih di kawasan Asia Tenggara
2. Negara kecil namun negara paling maju di Asia Tenggara
3. Walau negara kecil tapi memiliki cagar alam dan taman Botani
4. Singapura hanya memiliki 63 pulau kecil 
5. Lokasi tertinggi di Singapura hanya setinggi 163,63 m.

Ayo Membaca
Paman Alan menceritakan keadaan negara Singapura, salah satunya tentang kenyamanan dan kebersihannya. Singapura menjadi salah satu negara paling bersih di dunia.

Masyarakat Singapura sangat disiplin dalam menjaga kebersihan, baik lingkungan tempat tinggalnya maupun lingkungan sekitarnya.

Sebagai warga yang tinggal di negara yang kecil, rakyat Singapura sadar bahwa lingkungannya harus dijaga. Pemerintah Singapura pun menerapkan peraturan yang sangat ketat, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan negara. Peraturan yang ketat, kedisiplinan, dan kepedulian penduduk terhadap lingkungannya itulah yang menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Bacalah informasi singkat di bawah ini!
Negara Singapura
Singapura kini sudah menjadi negara maju dan sangat terkenal di dunia. Meskipun luas wilayahnya tidak seberapa, tetapi Singapura menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Selain perkembangannya yang pesat, negara Singapura ternyata juga mendapatkan predikat negara terbersih di dunia.

Rakyat dan pemerintah Singapura sangat sadar dan peduli akan kebersihan lingkungannya. Bahkan, untuk menjaga kebersihannya, pemerintah Singapura telah membuat peraturan ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Dari segala lingkup tentang aturan untuk kebersihan semuanya harus ditaati, bahkan tidak menyiram toilet saja akan dikenakan denda sangat tinggi.

Dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskan hal-hal positif yang dapat kita contoh dari negara Singapura.
Singapura negara kecil namun menjadi negara maju
Singapura menjadi negara salah satu tujuan wisata dunia
Singapura menjadi negara terbersih di dunia
Warga negara Singapura sangat patuh terhadap peraturan
Singapura merupakan negara dengan aturan yang ketat

2. Menurutmu, mungkinkah negara Indonesia menjadi salah satu negara terbersih di dunia seperti Singapura?
Indonesia bisa saja menjadi salah satu negara terbersih di dunia

3. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut?
Tingkat kesadaran warga Indonesia harus terus ditingkatkan
Tingkat pendidikan warga Indonesia harus terus ditingkatkan
Pemerintah Indonesia harus membuat aturan yang ketat
Pemerintah Indonesia harus adil dalam hukum, tidak tebang pilih.
Pemerintah harus menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang memadai
Warga Indonesia harus turut serta berperan aktif dalam menjaga fasilitas umum.

4. Menurutmu, apakah kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerja sama pemerintah dan warga negaranya?
Kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan warga negaranya. Warga negara Singapura mendukung program pemerintah dan pemerintah Singapura membuat aturan-aturan yang bermanfaat serta menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang.
.

Contoh :

Aksi Kecilku untuk Lingkungan Rumahku
Aksi Kecilku untuk Lingkungan Rumahku
 
MATEMATIKA

 

Senin, 06 Februari 2023

MATERI AJAR TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 , SELASA 7 FEBRUARI 2023

 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 2
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBdp (3.8)
 
Tujuan Pembelajaran 

1.    Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
2.    Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.

3.  Dengan menyanyikan lagu “Air terjun”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.

Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu “Air Terjun” hingga kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan suara dan musik (jika kalian menggunakan alat musik).
Not Angka Air Terjun AT Mahmud
  1. Apa judul lagu tersebut? Air Terjun.
  2. Siapa penciptanya? A.T. Mahmud.
  3. Tangga nada apa yang digunakan?Tangga nada do = C.
  4. Apa tanda tempo yang digunakan? Apa artinya? Tanda tempo yang digunakan adalah sedang, artinya lagu dinyanyikan dengan kecepatan seperti orang berjalan santai.
Berikut ini video lagu Air Terjun Karya AT Mahmud:
Lagu yang kamu pelajari bercerita tentang air. Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah kegiatanmu menggunakan air mulai dari bangun pagi hingga saat ini.

Begitu seringnya kita menggunakan air sehari-hari. Dari mana asal air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?

Ayo Mengamati
Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut!
 
Daur Air
1. Ceritakan gambar di atas.
Gambar di atas menceritakan tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.
2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.
Proses yang terjadi pada siklus air antara lain penguapan, pengendapan, dan pengembunan

Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.
Siklus Air
Air sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air. Bacalah cerita tentang air berikut.

Minggu, 05 Februari 2023

MATERI AJART TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS 6, SENIN 6 FEBRUARI 2023

 

Tema 8              : Bumiku
Sub Tema 1       : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 1
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8)
 
Tujuan Pembelajaran 
1.    Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
2.    Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.

Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1. Ayo kita simak video berikut ini :

 
Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!
Hal yang telah aku ketahuiHal yang ingin aku ketahui
  1. Jika siang ada matahari, jika malam ada bulan
  2. Jika siang pandangan terang benderang, jika malam pandangan gelap
  3. Jika siang terasa lebih panas daripada malam hari
  1. Mengapa matahari hanya muncul di siang hari?
  2. Mengapa malam hari tetap gelap meski ada bulan?
  3. Bagaimana proses terjadinya siang dan malam?
 
Ayo Mencoba
Kegiatan 1
Simulasi tentang gerak semu Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama untuk memahami tentang gerak semu Matahari. Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
  1. Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.
  2. Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar. A dan B berdiri di posisi sejajar
  3. A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.
  4. A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.

Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2
Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi. Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.
Rotasi Bumi

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan:
Senter, globe.

Langkah Kegiatan :
  1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang  globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.
  1. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.
 
Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.
ParagrafInformasi Penting
1
  1. Bumi berputar membentuk lingkaran 360 derajat membutuhkan waktu 24 jam. 
  2. Garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).
2
  1. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi.
  2. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).
3
  1. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.
  2. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT).
4
  1. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich.
  2. Greenwich Observatory di Kota London Inggris ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.
5
  1. Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit.
  2. Setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.


Rabu, 01 Februari 2023

MATERI AJAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6 DAN MATEMATIKA KELAS 6, JUMAT 3 FEBRUARI 2023


 

MATERI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal     : Jumat, 3 Februari 2023
Tema 7              Kepemimpinan
Sub Tema 3       Ayo jadi pemimpin
Pembelajaran    : 6
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.3), PKN (3.1), IPA (3.2)

Tujuan Pembelajaran 
1. Siswa dapat berpidato dgn baik dan percaya diri 
2. Siswa dapat mengidentifikasi sikap yg pantas ditiru dan sikap yg tidak pantas ditiru dari suatu cerita
3. Siswa dapat mempresentasikan peta pikiran tentang menghadapi masa pubertas dgn percaya diri

 Assalamualaikum wr. wb.

Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan

Diagram Frayer Kepemimpinan
Contoh Kepemimpinan yang baik :
Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya.
Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya.

Ciri-ciri pemimpin yang baik :
Menunjukkan sikap rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras, pantang menyerah, mendahulukan kepentingan bersama, mampu bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, dan bertanggung jawab.

Pengertian kepemimpinan yang baik :
Kepemimpinan yang baik adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk bisa memengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan.

Contoh kepemimpinan yang kurang baik :
Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau menerima nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.

 

 MATEMATIKA



        1. . Berikut adalah tabel data hasil ulangan matematika kelas 6 SD Maju Bersama.

Hasil nilai ulangan

Banyak siswa

75

5

80

12

85

15

87

3

90

8

100

2

         Nilai rata-rata dari data tersebut adalah...

  1. 82,24
  2. 82,42
  3. 84.42
  4. 84,24

 

MATERI AJAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 KELAS 6 , KAMIS 2 FEBRUARI 2023

 

MATERI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal     : Kamis, 2 Februari 2023
Tema 7              Kepemimpinan
Sub Tema 3       Ayo jadi pemimpin
Pembelajaran    : 5
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.3), PKN (3.1), IPA (3.2)

Tujuan Pembelajaran 
1. Siswa dapat berpidato dgn baik dan percaya diri 
2. Siswa dapat mengidentifikasi sikap yg pantas ditiru dan sikap yg tidak pantas ditiru dari suatu cerita
3. Siswa dapat mempresentasikan peta pikiran tentang menghadapi masa pubertas dgn percaya diri

 Assalamualaikum wr. wb.

EVALUASI
1. Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas?
Perubahan Laki-laki pada masa pubertas :
  • Suara berubah membesar
  • Tumbuh jakun
  • Tumbuh jangut, kumis dan jambang
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Perubahan Perempuan pada masa pubertas :
  • Suara jadi melengking
  • Payudara membesar
  • Pinggul membesar
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

2. Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas?
Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas antara lain sebagai berikut
  • Memakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari
  • Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju ke belakang, agar kuman yang terdapat pada anus tidak masuk ke dalam organ reproduksi
  • Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat agar menurunkan resiko penularan penyakit menular seksual serta menurunkan resiko kanker penis dan kanker leher rahim pada istrinya kelak.

3. Apa nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila?
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila antara lain :
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
  • Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • Menghormati hak orang lain
  • Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
  • Suka bekerja keras
  • Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

7. Apa saja bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan?
Kerja sama sektor pendidikan di ASEAN dilakukan oleh Komite ASEAN untuk pendidikan (ASEAN Committee on Education). Untuk mendukung pencapaian tersebut, negara-negara ASEAN melakukan kerja sama berikut.
  • Mendorong hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
  • Mendorong organisasi dan sekolah di tiap-tiap negara mencari mitra kerja sama di kawasan Asia Tenggara.
  • Mengikuti pertukaran pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Mengadakan lokakarya atau mengundang dosen untuk memberikan kuliah di universitas negara lain.
  • Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Hari ini kita akan belajar tematik. tema 7 Kepemimpinan, subtema 3 Ayo menjadi pemimpin pembelajaran 5. Ayo kita simak video berikut ini :



 MATEMATIKA

 

Sebelum kalian mengerjakan soal matematika dibawah ini, sebaiknya kalian simak video diatas, jika belum faham di ulang lagi sampai kalian faham 

Kerjakan latihan dengan caranya !

1. Hasil panen kakek selama 5 bulan dalam ton adalah 10, 6, 7, 9, 8.

    Mean (rata-rata) hasil panen kakek tiap bulan adalah .... ton.

2. Berikut ini adalah data hasil ulangan matematika kelas VI SD Budi Mulia

    5 6 9 8 8 7 7 9 5 9 8 9 9 8 7 7 8 6 6 8

    Nilai rata-rata ( mean ) data di atas adalah ...

3.  Perhatikan data hasil ulangan Matematika kelas VI berikut !
 

    Hitunglah  rata-rata (mean) data di atas adalah ...

Senin, 30 Januari 2023

MATERI AJAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4 KELAS 6, RABU 1 FEBRUARI 2023

 RINGKASAN MATERI KELAS 6

Hari/Tanggal :  Rabu, 1 Februari 2023
Tema 7          : Kepemimpinan
Sub Tema 3  : Ayo, Memimpin
Pebelajaran   : 3 dan 4
Muatan          : B. Indonesia, PPKN, IPS, SBDP

Ayo Membaca

Bacalah teks pidato berikut, kemudian lakukan perintah dari teks yang ada di bawahnya.

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Tugas
Dari teks pidato tersebut, tentukanlah bagian pembuka, inti dan penutup.
Berilah tanda di bagian tersebut dengan pensil

Ayo Berdiskusi1. Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?

  • Modal utama koperasi adalah kekeluargaan dan kebersamaan
  • Tujuan utama koperasi tidak mengejar keuntungan pribadi, tetapi mewujudkan kesejahteraan anggota koperasi
  • Keputusan koperasi diambil berdasarkan musyawarah
  • Anggota koperasi memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil koperasi
  • Kewajiban anggota koperasi adalah peduli terhadap jalannya usaha koperasi
2. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan (Sila ke-4)
  • Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah (Sila ke-4)
  • Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah (Sila ke-4)
  • Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan (Sila ke-4)
  • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (sila ke-5)
  • Menjaga antara hak dan kewajiban (Sila ke-5).
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.

Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama.
Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok.
Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia.
Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.
Coba, carilah informasi bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN.
Carilah informasi dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Jika kamu mencari informasi dari internet, mintalah Bapak/Ibu guru mendampingimu.

Kerjasama ASEAN dalam bidang Pendidikan :
  • Pembentukan 56 pusat studi ASEAN di berbagai perguruan tinggi di Indonesia
  • Implementasi ASEAN Credit Transfer System (ACTS)
  • Implementasi Plan of Action to Implement teh Phnom Penh Decalaration on the EAS Development Initiative, khususnya di bidang standarisasi mekanisme pengajaran, vocational dan technical training, mobilitas pelajar dan Interoperability mekanisme kualifikasi nasional dan regional
  • Implementasi inisiatif East Asia Vision Group II (EAVG II) diantaranya rencana pembentukan jaringan universitas di Asia Timur.


Sub Tema 3  : Ayo, Memimpin
Pebelajaran   : 4
Muatan          : B. Indonesia, PPKN, IPS


Dheda dan Lima Butir Kentang



Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda.
Dia hidup bersama istri dan ketiga anaknya.
Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk sederhana.
Sudah seminggu ini, turun hujan. Dheda pun tidak dapat pergi ke hutan
mencari kayu bakar.Istri Dheda berkata, “Suamiku, persediaan makanan kita hampir habis.
Di sini, hanya tersisa lima butir kentang. Itu pun tidak cukup untuk makan kita sekeluarga.”
“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok tidak hujan dan aku dapat pergi bekerja.
Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja,” kata Dheda.
Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda.
Setelah dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.
“Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan.
Bolehkah aku minta sedikit makanan?” tanyanya.
Dheda kasihan melihat si Pengemis. Tapi, dia juga tidak mempunyai banyak makanan.
Dheda bermusyawarah dengan istri dan anak-anaknya.
Akhirnya, mereka bersepakat untuk memberikan sisa makanan kepada si Pengemis.
“Baiklah, kami akan memberikan lima butir kentang itu kepadamu.
Kami sangat kasihan melihatmu,” kata Dheda kepada si pengemis.
“Tunggulah sebentar, aku akan memasaknya dulu,” kata istri Dheda.
Setelah matang, kentang pun dihidangkan. Si Pengemis makan empat butir kentang.
Kini, kentang yang tersisa tinggal satu. Sebelum pergi dia berpesan,
“Jika kalian mau makan, irislah kentang ini menjadi lima.
Pasti cukup untuk makan keluargamu.”
Dheda kemudian mengiris kentang itu menjadi lima. Ternyata,
kelima irisan kentang itu berubah menjadi lima butir kentang.
Jika sebutir kentang diiris lima lagi, maka tiap irisannya akan
menjadi lima butir kentang lagi. Begitu seterusnya.
Kini, Dheda dan keluarganya tidak pernah kekurangan makanan lagi.
Dheda juga membagi-bagikan kentangnya kepada tetangganya.



Bersama kelompokmu, identifikasilah penerapan nilai-nilai Pancasila yang ada pada cerita “Dheda dan Lima Butir Kentang” di atas.
Tuliskan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.


TUGAS HARI INI !
Buatlah patung dari bahan lunak di sekitarmu. Kamu dapat menggunakan tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun batang atau plastisin.
Buatlah bentuk yang kamu inginkan.
Berikut contoh membuat patung dari bubur kertas.
1. Siapkan kertas bekas
2. Rendam kertas kira-kira selama 24 jam sampai lunak
3. Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan denga

 

Matematika 

 


Berapakah rata rata nilai ulangan IPA siswa pada diagram diatas

a. 4,8

b, 5

c. 6,8

d. 7

Materi ajar Kamis 18 September 2025

Hari/Tanggal : Kamis, 18 September 2025 Muatan Pembelajaran :   1. Pendidikan Pancasila (Aku Patuh Aturan 2. Bahasa Indonesia  Metode Penbel...