Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan
Rahasianya akan mempelajari tentang menjelaskan dampak modernisasi
terhadap kehidupan masyarakat, menceritakan kembali dengan alur yang
jelas dan mudah untuk dimengerti, dan menelaah dan mengidentifikasi
upaya peingkatan persatuan dan kesatuan dalam kaitannya dengan
pengamalan sila dalam Pancasila.
Saat ini manusia
telah mampu mengamati luar angkasa dengan lebih detil dan cepat. Ini
merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang cepat dan
canggih. Sejak manusia meluncurkan teleskop bernama Hubble, informasi
yang didapatkan tentang keadaan di luar angkasa semakin jelas dan cepat.
Bagaimana manusia mengamati luar angkasa? (Manusia mengamati luar angkasa menggunakan teleskop)
Tahukah
kamu alat apakah ini? (telekop) Untuk apa? (mengamati benda luar
angkasa)Mengapa? (Manusia ingin tahu lebih banyak tentang angkasa luar)
Siapakah yang menemukanny? (Dalam sejarah, tercatat nama Thomas Digges
dan putranya yaitu Leonard yang kemungkinan menjadi penemu teleskop pada
1450) Bagaimana cara menggunakannya?(Caranya adalah dengan mengarahkan
teleskop ke benda angkasa yang akan diamati lalu atur lensa agar gambar
tampak jelas)
Bandingkan dengan gambar teleskop Hubble, apa
perbedaan antara keduanya. (Orbit Hubble yang tinggi memungkinkan untuk
menangkap gambar resolusi sangat tinggi dengan cahaya latar jauh lebih
rendah daripada teleskop berbasis darat)
Bagaimana data dan
laporan mengenai luar angkasa bisa diterima dengan cepat oleh
manusia?(Hubble menangkap gambar. Setelah diterima oleh teleskop, gambar
tersebut akan diubah menjadi kode digital dan dikirimkan ke bumi)
Ayo Berdiskusi
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari
modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari
benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah.
Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda
apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu
menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman
dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan
menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang
menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku
dan pena seperti biasanya.
Bersama dengan teman
sebangkumu, tentukanlah kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu.
Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini
dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang
sama yang digunakan pada masa lalu. Apakah yang dapat kamu simpulkan
dari hasil diskusimu tersebut?
Tenologi Sederhana Masa Lalu
Teknologi Modern
Kenthongan (alat komunikasi)
Pedati (alat transportasi)
Batu Sabak (untuk menulis)
Mesin ketik (untuk menulis)
Bajak sawah (membajak sawah)
Telepon Seluler (alat komunikasi)
Mobil (alat transportasi)
Buku (untuk menulis
Komputer (untuk menulis)
Traktor (membajak sawah)
Kesimpulan
: Perkembangan teknologi terjadi karena kebutuhan manusia yang semakin
beragam dan cepat. Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa
dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak
Modernisasi
memang telah memengaruhi gaya hidup masyarakat kita. Bagaimana
modernisasi memengaruhi budaya masyarakat kita? Bacalah bacaan berikut
ini dengan saksama.
Ayo Membaca
Modernisasi dan Budaya Masyarakat
Salah
satu ciri masyarakat modern adalah sikapnya yang lebih terbuka terhadap
sesuatu yang baru. Keterbukaan ini memberikan kesempatan kepada
masyarakat untuk menguji hal baru tersebut. Jika hal baru tersebut
sesuai dengan norma yang ada, maka hal baru tersebut dapat dengan mudah
diterima. Tetapi jika ada norma masyarakat yang tidak sesuai dengan hal
baru tersebut, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikannya.
Sikap
mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau
ditolaknya suatu perubahan sebagai bagian dari modernisasi. Sikap mental
yang dapat menjadi pendorong modernisasi antara lain adalah rajin,
tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur,
toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk
mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau
menyesuaikannya.
Modernisasi akan memengaruhi
masyarakat yang akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan
dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat digunakan
untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui
inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini
dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke
seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun
dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih masa kini tanpa
meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari budaya tersebut. Misalnya
seperti yang dilakukan pada Jember Fashion Carnaval (JFC) yang
melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan budaya daerahnya dalam
acara lokal yang bertaraf internasional. JFC digagas oleh salah satu
putra asli daerah, Dynand Fariz. Ia telah berhasil membuat mata
masyarakat nasional maupun internasional untuk mengarah ke Kabupaten
Jember. Sebelumnya, Kabupaten Jember hanya dikenal sebagai daerah
penghasil tembakau. Kehidupan agraris masyarakatnya ternyata tidak
menghalangi kreativitas warganya untuk mengembangkan daerahnya sebagai
salah satu kota wisata fesyen di Indonesia. Dynand bercita-cita
menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval tingkat dunia.
Festival
ini dikemas dalam nuansa masa kini tanpa meninggalkan budaya asli
bangsa Indonesia. Festival ini selalu mengusung tema-tema nusantara.
Tema-tema tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang keindahan
dan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Festival ini pun dapat dengan
mudah mengundang para pemuda dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam
kegiatan ini. Perserta karnaval yang sangat beragam, mulai dari pelajar
hingga ibu rumah tangga. Mulai dari petani hingga pegawai kantor, semua
turut serta memeriahkan festival ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk
festivalpun merupakan bahan yang murah dan mudah didapat di daerah
Jember.
Sumber gambar dan tulisan: www.koalisiseni.or.id dengan penyesuaian
Ayo Berdiskusi
Lakukan
kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan.
Membuat Ringkasan Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi
lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling
kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster, atau gambar.
Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
Menjelaskan
contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel.
Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
Tulisan
dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil
warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik
Ayo Menulis
Tulislah
kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh
modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.
Pengaruh
modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat Indonesia yaitu
perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju
yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat..
Pengaruh
modernisasi memang nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat
kita tidak dapat menghindar dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang menjadi pendorong terjadinya modernisasi. Berbagai
bukti perkembangan teknologi ada di sekitar kita. Salah satunya adalah
tempat Observatorium Bosscha di Bandung. Pernahkah kamu mengunjunginya?
Simaklah sebuah cerita tentang pengalaman berkunjung ke Bosscha berikut ini.
Ayo Membaca
Berkunjung ke Observatorium Bosscha
Oleh: Diana Karitas
Hari
ini rombongan siswa kelas enam sekolah Rima tiba di lokasi
Observatorium Bosscha. Lokasi observatorium ini berada di Lembang,
Bandung, Jawa Barat. Mereka sangat beruntung karena cuaca cukup cerah.
Biasanya langit mendung dan gerimis sepanjang hari. Maklum, bulan
Oktober biasanya memang musim hujan. Observatorium hanya membuka
kunjungan pada bulan-bulan tertentu, yaitu bulan April hingga Oktober.
Menurut para astronom yang ada di sana, pada bulan-bulan tersebutlah
langit wilayah Indonesia cukup cerah untuk melihat gugusan bintang tanpa
tertutup awan.
“Selamat siang, adik-adik!
Selamat datang di Observatorium Bosscha,” sapa Kak Yani. Kak Yani adalah
seorang mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedang
melakukan penelitian di tempat itu. Wilayah observatorium memang wilayah
penelitian para astronom Indonesia. “Hari ini saya akan memandu kalian
untuk melihat-lihat benda-benda yang ada di sini,ya! Kakak meminta
kalian untuk tidak meninggalkan rombongan selama kegiatan ini. Selain
kelompok kalian, masih ada kelompok lain dari sekolah yang berbeda yang
berkunjung ke tempat ini pada hari ini,” jelas Kak Yani ramah.
Rima
dan teman-temannya mengangguk setuju lalu, mendengarkan semua
penjelasan yang diberikan dengan saksama. Rima dan teman-temannya
mengikuti rombongan dengan tertib. Ia dan teman-temannya mencatat halhal
menarik yang dijelaskan Kak Yani. Rima melihat beberapa teleskop yang
ada di observatorium itu dan mencoba melihat gugusan bintang melalui
salah satu teleskop. Rima berseru penuh kekaguman.
“Indah sekali! Tak kusangka ada bintang sebanyak itu di langit sana!” seru Rima kegirangan. Teman-teman Rima pun sangat senang.
Tiba-tiba
mereka mendengar suara seseorang menangis. Rima dan temantemannya
berhenti dan mencari asal suara itu. Setelah Rima berbicara kepada Kak
Yani tentang suara itu, rombongannya berhenti. Kak Yani menghampiri asal
suara itu. Kelihatannya suara itu berasal dari balik pintu. Kak Yani
membuka pintu itu dan menemukan seorang gadis kecil berseragam sama
dengan Rima, terduduk dan menangis tersedu-sedu.
“Agatha!”
seru Rima. “Mengapa kamu berada di sini? Bukankah seharusnya kamu
mengikuti rombongan Bu Tika?” tanya Rima kepada teman satu sekolahnya.
Agatha memang tidak sekelas dengan Rima, tetapi mereka samasama siswa
kelas enam. Agatha seharusnya ikut rombongan Bu Tika, wali kelas mereka.
“Oh,
Rima. Terima kasih telah menemukanku. Aku pikir aku tidak akan bisa
pulang kembali ke sekolah. Tadi aku pergi ke toilet dulu sebelum
rombonganku berangkat. Karena terburu-buru, aku tidak sempat memberitahu
Bu Tika dan teman-teman lainnya bahwa aku sedang ke toilet. Ketika aku
kembali lagi, mereka sudah tidak ada,” jelasnya sambil tersedu.
“Jangan
khawatir, Agatha. Kak Yani akan mengantarmu kembali ke rombonganmu, ya.
Kak Yani sudah menghubungi pemandu kelompokmu dan memberitahu kalau
kamu berada di sini. Di sini juga aman, kok. Kamu tidak perlu khawatir,”
hibur Kak Yani.
“Terima kasih, Kak Yani. Lain
kali aku harus memberitahu teman yang lain kalau aku sedang meninggalkan
rombongan untuk keperluan tertentu,” kata Agatha masih bersedih.
Rima
mengajak temannya itu ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya
agar Agatha tenang. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang. Dalam
hati, ia bersyukur karena diingatkan oleh peristiwa ini. Bisa saja Rima
melakukan kesalahan yang sama
Ayo Menulis
Berdasarkan
cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir.
Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian
awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu
buat. Gunakan diagram berikut ini.
Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
Pengarang : Diana Karitas
Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
Bagian
tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang
menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari
rombongan.
Bagian AKhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi
rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur
karena diperingatkan peristiwa ini.
B.
Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan
untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah?
Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk
menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya akan seperti di bawah ini :
Rima
yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan
menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa
sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya
mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan
itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima
dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga
kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima
tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari
petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi
untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak membantu masyakat
memecahkan masalahnya. Peluncuran satelit ke luar angkasa telah
dimanfaatkan manusia untuk menyebarkan informasi untuk meningkatkan
persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan rasa cinta tanah air
dan bangsa dengan berbagai cara yang kreatif dan masa kini.
Ayo Membaca
Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan berikut ini dengan saksama.
Tradisi Ngayah di Masyarakat Bali
Kehidupan
masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kebersamaan telah menjadi
norma yang diturunkan dari para nenek moyang. Persatuan dan kesatuan
diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat tradisional
yang tetap terpelihara dan dianggap penting hingga kini. Salah satunya
adalah tradisi ngayah yang dilakukan masyarakat Bali.
Ngayah
berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama.
Tidak hanya pada saat mempersiapkan kegiatan keagamaan, ngayah juga
dilakukan masyarakat dalam kehidupan keseharian. Saling berbincang dan
menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja, merupakan salah
satu kegiatan ngayah yang sering dilakukan.
Ngayah
dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat.
Ngayah juga berarti menyumbang. Tidak hanya menyumbang secara materi,
ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Di
setiap acara keagamaan yang dilakukan bersama-sama, setiap anggota
masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga
untuk menyukseskan acara tersebut.
Sumber bacaan dan gambar: www.bobo.grid.id dengan penyesuaian
Ayo Berdiskusi
Banyak
peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan
bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu
cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang
terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga
bagaimana peristiwa-peritiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam
Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu
bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil
diskusimu di papan tulis.
Beberapa peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam khidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
Contoh
peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan
dengan sila pertama adalah saling menghormati antar pemeluk agama..
Contoh
peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan
dengan sila kedua adalah tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku,
bangsa dan agama.
Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan
dan kesatuan yang berhubungan dengan sila ketiga adalah memilih
menggunakan produk-produk dalam negeri daripada produk impor.
Contoh
peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan
dengan sila keempat adalah tidak memaksakan pendapat kepada orang lain
Contoh
peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan
dengan sila kelima adalah ikut memberikan sumbangan bagi korban bencana
alam
Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :
Tujuan Pembelajaran :
- Menyebutkan tokoh dan dalam alur cerita dalam teks fiksi
- Matahari sebagai bintang dalam tata surya
Perhatikan rangkuman materi hari ini :
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham abi berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini
Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?
Semoga selalu semangat ya. 👍😁
Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah
Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :
Tujuan Pembelajaran :
- Menjelaskan isi cerita berdasarkan percakapan tokoh
- Mengidentifikasi ciri ciri masyarakat modern
- Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan
Perhatikan rangkuman materi hari ini :
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini
Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?
Semoga selalu semangat ya. 👍😁
Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!
2. Menyebutkan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam teks fiksi
3. Menyanyikan lagu dengan Interval Nada
Ayo MembacaMengenal Tata Surya ;
Manusia
mempelajari sistem tata surya melalui penelitian. Mereka melakukannya
selama bertahun-tahun untuk menjawab misteri tentang ruang angkasa. Ada
apa di sistem tata surya kita? Sistem tata surya menjadikan Matahari
sebagai pusatnya. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat
panas seperti bola pijar. Di sekeliling bola berpijar, ada lingkar
cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu di permukaannya hampir
6000 derajat Celsius. Suhu inti Matahari mencapai 15.000.000 derajat
Celsius. Percikan panasnya dapat membakar segala sesuatu hingga 97
kilometer. Namun, Matahari hanya tergolong bintang sedang. Masih banyak
bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.
Planet
apa yang terdekat dengan Matahari? Planet ini bernama Merkurius. Planet
Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari.
Merkurius sulit terlihat di langit pada malam hari jika dilihat dari
Bumi. Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum
Matahari terbit. Keunikan dari Merkurius adalah melesat cepat
mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di
Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.
Planet
berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus merupakan planet terdekat
dari Bumi. Venus lebih panas dibanding Merkurius yang lebih dekat dengan
Matahari. Hal ini terjadi karena Plabet Venus memiliki lapisan atmosfer
tebal yang dilapisi awan. Oleh karena itu, pancaran sinar Matahari
terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah
satu keunikan planet ini. Awan tersebut terlihat indah karena
memantulkan cahaya Matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling
terang di antara planet-planet dalam sistem tata surya. Venus melakukan
rotasi dengan arah yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet
lainnya. Venus berotasi searah dengan jarum jam. Satu hari di Venus sama
dengan 243 hari di Bumi.
Planet ketiga adalah
Bumi yang disebut sebagai Planet Biru. Sebagian besar Bumi ditutupi oleh
lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang
disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari
Matahari sehingga tidak terbakar.
Planet
setelah Bumi adalah Mars. Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet ini
disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Satu hari di Mars sama dengan
24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki kutub yang diselimuti es. Suhu udara
di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu sekitar 63 derajat
Celsius di bawah nol, karena letak Mars yang lebih jauh dari Matahari
dibanding Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis
dibanding Bumi.
Planet kelima adalah planet
Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. Suhu di
planet ini pun sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat
Celsius. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri
atas gas. Letak inti planetnya pun jauh di tengah. Planet ini memiliki
bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa.
Planet
keenam dalam sistem tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus
terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Cincin tersebut
terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam
orbit mengelilingi planet tersebut. Saturnus merupakan gas raksasa yang
berputar sangat cepat. Hal ini menyebabkan bagian ekuatornya
menggembung. Oleh sebab itu, kutubnya tampak lebih datar dibanding
planet lainnya. Saturnus memiliki beberapa satelit yang lebih banyak
dibanding Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit yang paling
terkenal yang mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus
merupakan planet ketujuh dalam sistem tata surya.
Planet
Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan
orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat
Celsius.
Planet yang berada di urutan paling
jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna
biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan yang nyata. Sama
halnya dengan Jupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga terdiri
atas gumpalan gas. Atmosfernya dipenuhi dengan gas metana, dan sering
terjadi badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi
Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan
planet-planet lainnya.
Matahari
Suhu permukaan : ±6.000 °C
Suhu inti : ±15.000.000 °C
Diameter : ±1.3927 juta km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Materi penyusun : Hidrogen, Helium, dan Oksigen
Matahari merupakan pusat tata surya
Fakta Unik : Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar.
Planet Merkurius
Urutan Planet : Pertama
Jarak dari Matahari :;57 juta km
Diameter : ±4.879 km
Kecepatan rotasi : 59 hari
Kecepatan revolusi : 88 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik : Melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.
Planet Venus
Urutan Planet : Kedua
Jarak dari Matahari : 108 juta km
Diameter : ±12.104 km
Kecepatan rotasi : 242 hari
Kecepatan revolusi : 225 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik : Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain, dikelilimgi awan indah karena memantulkan cahaya Matahari
Planet Bumi
Urutan Planet : Ketiga
Jarak dari Matahari : 149,6 juta km
Diameter : ±12.742 km
Kecepatan rotasi : 1 hari
Kecepatan revolusi : 365 hari
Jumlah satelit :1 (Bulan)
Fakta Unik : Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru dan diselimuti atmosfer
Planet Mars
Urutan Planet : Keempat
Jarak dari Matahari : 227 juta km
Diameter : ±6.779 km
Kecepatan rotasi : 1,4 hari
Kecepatan revolusi : 687 hari
Jumlah satelit :2 (Phobos dan Demos)
Fakta Unik : Mars dijuluki sebagai Planet Merah.Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi
Planet Jupiter
Urutan Planet : Kelima
Jarak dari Matahari : 778,55 juta km
Diameter : ±139.820 km
Kecepatan rotasi : 10 jam
Kecepatan revolusi : 4.332 hari
Jumlah satelit :67
Fakta Unik : Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. dan merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas.
Planet Saturnus
Urutan Planet : Keenam
Jarak dari Matahari : 1,4 milyar km
Diameter : ±116.463 km
Kecepatan rotasi : 10,7 jam
Kecepatan revolusi : 10.832 hari
Jumlah satelit :56
Fakta Unik : Saturnus terlihat memiliki cincin yang terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbitnya
Planet Uranus
Urutan Planet : Ketujuh
Jarak dari Matahari : 2.870 juta km
Diameter : ±50.724 km
Kecepatan rotasi : 17,2 jam
Kecepatan revolusi : 30.799 hari
Jumlah satelit :27
Fakta Unik : Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius
Planet Neptunus
Urutan Planet : Kedelapan
Jarak dari Matahari : 4,5 milyar km
Diameter : ±49.530 km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Kecepatan revolusi : 60.190 hari
Jumlah satelit :8
Fakta Unik : Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari dan terbentuk dari gumpalan gas