Kamis, 09 Maret 2023

MATERI AJAR TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 KELAS 6 , JUMAT 10 MARET 2023

 Materi ajar

Tema 9                        : Menjelajah Luar Angkasa

Subtema 2                  : Benda Angkasa Luar fan Rahasianya

Pembelajaran               : 3

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Alur Cerita dalam Teks Fiksi

2. IPA : Asteroid, Meteoroid, Meteor, Mteoroit

3. SBdP : Tari Kreasi Daerah

Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya akan mempelajari tentang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat, menceritakan kembali dengan alur yang jelas dan mudah untuk dimengerti, dan menelaah dan mengidentifikasi upaya peingkatan persatuan dan kesatuan dalam kaitannya dengan pengamalan sila dalam Pancasila.

Saat ini manusia telah mampu mengamati luar angkasa dengan lebih detil dan cepat. Ini merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang cepat dan canggih. Sejak manusia meluncurkan teleskop bernama Hubble, informasi yang didapatkan tentang keadaan di luar angkasa semakin jelas dan cepat.
teleskop bernama Hubble
  1. Bagaimana manusia mengamati luar angkasa? (Manusia mengamati luar angkasa menggunakan teleskop)
  2. Tahukah kamu alat apakah ini? (telekop) Untuk apa? (mengamati benda luar angkasa)Mengapa? (Manusia ingin tahu lebih banyak tentang angkasa luar) Siapakah yang menemukanny? (Dalam sejarah, tercatat nama Thomas Digges dan putranya yaitu Leonard yang kemungkinan menjadi penemu teleskop pada 1450) Bagaimana cara menggunakannya?(Caranya adalah dengan mengarahkan teleskop ke benda angkasa yang akan diamati lalu atur lensa agar gambar tampak jelas)
  3. Bandingkan dengan gambar teleskop Hubble, apa perbedaan antara keduanya. (Orbit Hubble yang tinggi memungkinkan untuk menangkap gambar resolusi sangat tinggi dengan cahaya latar jauh lebih rendah daripada teleskop berbasis darat)
  4. Bagaimana data dan laporan mengenai luar angkasa bisa diterima dengan cepat oleh manusia?(Hubble menangkap gambar. Setelah diterima oleh teleskop, gambar tersebut akan diubah menjadi kode digital dan dikirimkan ke bumi)

Ayo Berdiskusi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku dan pena seperti biasanya.

Bersama dengan teman sebangkumu, tentukanlah kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu. Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang sama yang digunakan pada masa lalu. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil diskusimu tersebut?
Tenologi Sederhana Masa LaluTeknologi Modern
Modernisasi
  1. Kenthongan (alat komunikasi)
  2. Pedati (alat transportasi)
  3. Batu Sabak (untuk menulis)
  4. Mesin ketik (untuk menulis)
  5. Bajak sawah (membajak sawah)
  1. Telepon Seluler (alat komunikasi)
  2. Mobil (alat transportasi)
  3. Buku (untuk menulis
  4. Komputer (untuk menulis)
  5. Traktor (membajak sawah)
Kesimpulan : Perkembangan teknologi terjadi karena kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat. Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak
Modernisasi memang telah memengaruhi gaya hidup masyarakat kita. Bagaimana modernisasi memengaruhi budaya masyarakat kita? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca
Modernisasi dan Budaya Masyarakat

Salah satu ciri masyarakat modern adalah sikapnya yang lebih terbuka terhadap sesuatu yang baru. Keterbukaan ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menguji hal baru tersebut. Jika hal baru tersebut sesuai dengan norma yang ada, maka hal baru tersebut dapat dengan mudah diterima. Tetapi jika ada norma masyarakat yang tidak sesuai dengan hal baru tersebut, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikannya.
Jember Fashion Carnival
Sikap mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan sebagai bagian dari modernisasi. Sikap mental yang dapat menjadi pendorong modernisasi antara lain adalah rajin, tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur, toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau menyesuaikannya.

Modernisasi akan memengaruhi masyarakat yang akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih masa kini tanpa meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari budaya tersebut. Misalnya seperti yang dilakukan pada Jember Fashion Carnaval (JFC) yang melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan budaya daerahnya dalam acara lokal yang bertaraf internasional. JFC digagas oleh salah satu putra asli daerah, Dynand Fariz. Ia telah berhasil membuat mata masyarakat nasional maupun internasional untuk mengarah ke Kabupaten Jember. Sebelumnya, Kabupaten Jember hanya dikenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kehidupan agraris masyarakatnya ternyata tidak menghalangi kreativitas warganya untuk mengembangkan daerahnya sebagai salah satu kota wisata fesyen di Indonesia. Dynand bercita-cita menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval tingkat dunia.

Festival ini dikemas dalam nuansa masa kini tanpa meninggalkan budaya asli bangsa Indonesia. Festival ini selalu mengusung tema-tema nusantara. Tema-tema tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang keindahan dan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Festival ini pun dapat dengan mudah mengundang para pemuda dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam kegiatan ini. Perserta karnaval yang sangat beragam, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga. Mulai dari petani hingga pegawai kantor, semua turut serta memeriahkan festival ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk festivalpun merupakan bahan yang murah dan mudah didapat di daerah Jember.

Sumber gambar dan tulisan: www.koalisiseni.or.id dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan. Membuat Ringkasan Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster, atau gambar. Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
  1. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
  2. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik
Modernisasi dan Budaya Masyarakat
Ayo Menulis
Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.
Pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat Indonesia yaitu perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat..
Pengaruh modernisasi memang nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat kita tidak dapat menghindar dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi pendorong terjadinya modernisasi. Berbagai bukti perkembangan teknologi ada di sekitar kita. Salah satunya adalah tempat Observatorium Bosscha di Bandung. Pernahkah kamu mengunjunginya?

Simaklah sebuah cerita tentang pengalaman berkunjung ke Bosscha berikut ini.

Ayo Membaca
Berkunjung ke Observatorium Bosscha
Oleh: Diana Karitas

Hari ini rombongan siswa kelas enam sekolah Rima tiba di lokasi Observatorium Bosscha. Lokasi observatorium ini berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Mereka sangat beruntung karena cuaca cukup cerah. Biasanya langit mendung dan gerimis sepanjang hari. Maklum, bulan Oktober biasanya memang musim hujan. Observatorium hanya membuka kunjungan pada bulan-bulan tertentu, yaitu bulan April hingga Oktober. Menurut para astronom yang ada di sana, pada bulan-bulan tersebutlah langit wilayah Indonesia cukup cerah untuk melihat gugusan bintang tanpa tertutup awan.

“Selamat siang, adik-adik! Selamat datang di Observatorium Bosscha,” sapa Kak Yani. Kak Yani adalah seorang mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedang melakukan penelitian di tempat itu. Wilayah observatorium memang wilayah penelitian para astronom Indonesia. “Hari ini saya akan memandu kalian untuk melihat-lihat benda-benda yang ada di sini,ya! Kakak meminta kalian untuk tidak meninggalkan rombongan selama kegiatan ini. Selain kelompok kalian, masih ada kelompok lain dari sekolah yang berbeda yang berkunjung ke tempat ini pada hari ini,” jelas Kak Yani ramah.

Rima dan teman-temannya mengangguk setuju lalu, mendengarkan semua penjelasan yang diberikan dengan saksama. Rima dan teman-temannya mengikuti rombongan dengan tertib. Ia dan teman-temannya mencatat halhal menarik yang dijelaskan Kak Yani. Rima melihat beberapa teleskop yang ada di observatorium itu dan mencoba melihat gugusan bintang melalui salah satu teleskop. Rima berseru penuh kekaguman.

“Indah sekali! Tak kusangka ada bintang sebanyak itu di langit sana!” seru Rima kegirangan. Teman-teman Rima pun sangat senang.

Tiba-tiba mereka mendengar suara seseorang menangis. Rima dan temantemannya berhenti dan mencari asal suara itu. Setelah Rima berbicara kepada Kak Yani tentang suara itu, rombongannya berhenti. Kak Yani menghampiri asal suara itu. Kelihatannya suara itu berasal dari balik pintu. Kak Yani membuka pintu itu dan menemukan seorang gadis kecil berseragam sama dengan Rima, terduduk dan menangis tersedu-sedu.

“Agatha!” seru Rima. “Mengapa kamu berada di sini? Bukankah seharusnya kamu mengikuti rombongan Bu Tika?” tanya Rima kepada teman satu sekolahnya. Agatha memang tidak sekelas dengan Rima, tetapi mereka samasama siswa kelas enam. Agatha seharusnya ikut rombongan Bu Tika, wali kelas mereka.

“Oh, Rima. Terima kasih telah menemukanku. Aku pikir aku tidak akan bisa pulang kembali ke sekolah. Tadi aku pergi ke toilet dulu sebelum rombonganku berangkat. Karena terburu-buru, aku tidak sempat memberitahu Bu Tika dan teman-teman lainnya bahwa aku sedang ke toilet. Ketika aku kembali lagi, mereka sudah tidak ada,” jelasnya sambil tersedu.

“Jangan khawatir, Agatha. Kak Yani akan mengantarmu kembali ke rombonganmu, ya. Kak Yani sudah menghubungi pemandu kelompokmu dan memberitahu kalau kamu berada di sini. Di sini juga aman, kok. Kamu tidak perlu khawatir,” hibur Kak Yani.

“Terima kasih, Kak Yani. Lain kali aku harus memberitahu teman yang lain kalau aku sedang meninggalkan rombongan untuk keperluan tertentu,” kata Agatha masih bersedih.

Rima mengajak temannya itu ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang. Dalam hati, ia bersyukur karena diingatkan oleh peristiwa ini. Bisa saja Rima melakukan kesalahan yang sama

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri. A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu buat. Gunakan diagram berikut ini.
Mengunjungi Observatorium Boscha
  1. Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
  2. Pengarang : Diana Karitas
  3. Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
  4. Bagian tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari rombongan.
  5. Bagian AKhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur karena diperingatkan peristiwa ini.

B. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya akan seperti di bawah ini :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak membantu masyakat memecahkan masalahnya. Peluncuran satelit ke luar angkasa telah dimanfaatkan manusia untuk menyebarkan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa dengan berbagai cara yang kreatif dan masa kini.

Ayo Membaca
Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan berikut ini dengan saksama.

Tradisi Ngayah di Masyarakat Bali
Kehidupan masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kebersamaan telah menjadi norma yang diturunkan dari para nenek moyang. Persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat tradisional yang tetap terpelihara dan dianggap penting hingga kini. Salah satunya adalah tradisi ngayah yang dilakukan masyarakat Bali.

Ngayah berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama. Tidak hanya pada saat mempersiapkan kegiatan keagamaan, ngayah juga dilakukan masyarakat dalam kehidupan keseharian. Saling berbincang dan menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja, merupakan salah satu kegiatan ngayah yang sering dilakukan.

Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat. Ngayah juga berarti menyumbang. Tidak hanya menyumbang secara materi, ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Di setiap acara keagamaan yang dilakukan bersama-sama, setiap anggota masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga untuk menyukseskan acara tersebut.

Sumber bacaan dan gambar: www.bobo.grid.id dengan penyesuaian 

Ayo Berdiskusi
Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peritiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.
Beberapa peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam khidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
  1. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila pertama adalah saling menghormati antar pemeluk agama..
  2. Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kedua adalah tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku, bangsa dan agama.
  3. Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila ketiga adalah memilih menggunakan produk-produk dalam negeri daripada produk impor.
  4. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila keempat adalah tidak memaksakan pendapat kepada orang lain
  5. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kelima adalah ikut memberikan sumbangan bagi korban bencana alam

 Matematika


 

Rabu, 08 Maret 2023

Materi Ajar tema 9 Subtema 2 pembelajaran 2 dan MTK, Kamis 9 Maret 2023

Tema 9                        : Menjelajah Luar Angkasa

Subtema 2                  : Benda Angkasa Luar fan Rahasianya

Pembelajaran               : 2

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Alur Cerita dalam Teks Fiksi

2. IPA : Asteroid, Meteoroid, Meteor, Mteoroit

3. SBdP : Tari Kreasi Daerah

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Menentukan alur cerita dalam teks fiksi

- Mengidentifikasi Asteroid, Meteoroid, Meteor, Mteoroit

- Mengenal Tari Kreasi Daerah

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 

Matematika 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini

Selasa, 07 Maret 2023

materi ajar tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 dan MTK , rabu 8 maret 2023

Tema 9                        : Menjelajah Luar Angkasa

Subtema 2                  : Benda Angkasa Luar fan Rahasianya

Pembelajaran               : 1

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Tokoh dan Alur dalam Teks Fiksi

2. IPA : Matahari

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Menyebutkan tokoh dan dalam alur cerita dalam teks fiksi

- Matahari sebagai bintang dalam tata surya

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham abi berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini

Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?

Semoga selalu semangat ya. 👍😁

Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat 

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah

Senin, 06 Maret 2023

Materi ajar kelaa 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 5 , selasa 7 maret 2023

Tema 9                        : Menjelajah Luar Angkasa

Subtema 1                  : Keteraturan yang menakjubkan

Pembelajaran               : 5

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Bagian Penting Teks

2. IPA : Planet luar dan Planet dalam

3. SBdP : Akor

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Menemukan bagian penting suatu teks

- Mengklasifikasikan planet luar dan planet dalam

- Mengetahui akor pada lagu

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 


Minggu, 05 Maret 2023

Materi Ajar tema 9 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 , senin 6 Februari 2023

ema 9                        : Menjelajah Luar Angkasa

Subtema 1                  : Keteraturan yang menakjubkan

Pembelajaran               : 3 dan 4

Muatan Pembelajaran :

1. B.Indonesia : Percakapan Tokoh

2. IPS : Masyarakat Modern

3. PKn : Makna Persatuan dan Kesatuan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Menjelaskan isi cerita berdasarkan percakapan tokoh

- Mengidentifikasi ciri ciri masyarakat modern

- Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan

Perhatikan rangkuman materi hari ini : 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini

Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?

Semoga selalu semangat ya. 👍😁

Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat 

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah

Rabu, 01 Maret 2023

MATERI AJAR (PEKERJAAN RUMAH )HARI JUMAT 3 MARET 2023

 

 


 Hari/ Tanggal : Jumat / 3 Maret 2023

Pelajaran         :Matematika

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan  duha.

Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan,  

dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.


Untuk pembelajaran hari ini Matematika

Ayo Berhitung!

Pekerjaan Rumah (PR)

1. Tuliskan factor persekutuan terbesar (FPB) dari bilangan 28, 70, dan 98 dalam bentuk faktorisasi prima…

2. Perhatikan table berikut data banyak bentuk kemasan makanan yang dijual Toko berkah berikut !

Bentuk Kemasan

 

Banyak kemasan

Kubus

35

Balok

25

Prisma segitiga

30

Tabung

20

Limas segi empat

15

Buatlah diagram batang yang sesuai dengan data di atas !

3. perhatikan table data banyak telur yang dihasilkan pertahun oleh lima peternakan berikut!

Peternakan

Banyak Telur (kuintal)

 

A

126

B

320

C

280

D

150

E

200

Hitunglah rata rata jumlah telur yang dihasilkan pertahun dari setiap peternakan sesuai data diatas !

 

NOTE : TULISKAN SOAL DAN JALAN SAAT MENJAWAB PERTANYAAN ...

KUMPULKAN DIHARI SENIN !

 

SELAMAT MENGERJAKAN ....

MATERI AJAR TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 KELAS 6 , KAMIS 2 MARET 2023

 

 MATERI AJAR

Tema 9                         :Menjelajah Angkasa Luar

Subtema 1                    : Keteraturan yang Menakjubkan 
 
Pembelajaran               :2 dan MTK

Muatan Pembelajaran : IPA (3.7), B.INDONESIA (3.9) , SBdp
 
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengenal galaksi dan sistem tata surya 

2. Menyebutkan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam teks fiksi 

3. Menyanyikan lagu dengan Interval Nada

 Ayo MembacaMengenal Tata Surya ;

Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian. Mereka melakukannya selama bertahun-tahun untuk menjawab misteri tentang ruang angkasa. Ada apa di sistem tata surya kita? Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusatnya. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Di sekeliling bola berpijar, ada lingkar cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu di permukaannya hampir 6000 derajat Celsius. Suhu inti Matahari mencapai 15.000.000 derajat Celsius. Percikan panasnya dapat membakar segala sesuatu hingga 97 kilometer. Namun, Matahari hanya tergolong bintang sedang. Masih banyak bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.

Planet apa yang terdekat dengan Matahari? Planet ini bernama Merkurius. Planet Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari. Merkurius sulit terlihat di langit pada malam hari jika dilihat dari Bumi. Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Keunikan dari Merkurius adalah melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

Planet berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus merupakan planet terdekat dari Bumi. Venus lebih panas dibanding Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi karena Plabet Venus memiliki lapisan atmosfer tebal yang dilapisi awan. Oleh karena itu, pancaran sinar Matahari terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah satu keunikan planet ini. Awan tersebut terlihat indah karena memantulkan cahaya Matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling terang di antara planet-planet dalam sistem tata surya. Venus melakukan rotasi dengan arah yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lainnya. Venus berotasi searah dengan jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

Planet ketiga adalah Bumi yang disebut sebagai Planet Biru. Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari Matahari sehingga tidak terbakar.

Planet setelah Bumi adalah Mars. Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet ini disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki kutub yang diselimuti es. Suhu udara di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu sekitar 63 derajat Celsius di bawah nol, karena letak Mars yang lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi.

Planet kelima adalah planet Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. Suhu di planet ini pun sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat Celsius. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Letak inti planetnya pun jauh di tengah. Planet ini memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa.

Planet keenam dalam sistem tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Cincin tersebut terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbit mengelilingi planet tersebut. Saturnus merupakan gas raksasa yang berputar sangat cepat. Hal ini menyebabkan bagian ekuatornya menggembung. Oleh sebab itu, kutubnya tampak lebih datar dibanding planet lainnya. Saturnus memiliki beberapa satelit yang lebih banyak dibanding Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit yang paling terkenal yang mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus merupakan planet ketujuh dalam sistem tata surya.

Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat Celsius.

Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan yang nyata. Sama halnya dengan Jupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga terdiri atas gumpalan gas. Atmosfernya dipenuhi dengan gas metana, dan sering terjadi badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.
 

Matahari
Matahari
Suhu permukaan : ±6.000 °C
Suhu inti : ±15.000.000 °C
Diameter : ±1.3927 juta km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Materi penyusun : Hidrogen, Helium, dan Oksigen
Matahari merupakan pusat tata surya
Fakta Unik :
Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar.
Planet Merkurius
Merkurius
Urutan Planet : Pertama
Jarak dari Matahari :;57 juta km
Diameter : ±4.879 km
Kecepatan rotasi : 59 hari
Kecepatan revolusi : 88 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik :
Melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.
Planet Venus
Venus
Urutan Planet : Kedua
Jarak dari Matahari : 108 juta km
Diameter : ±12.104 km
Kecepatan rotasi : 242 hari
Kecepatan revolusi : 225 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik :
Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain, dikelilimgi awan indah karena memantulkan cahaya Matahari
Planet Bumi
Bumi
Urutan Planet : Ketiga
Jarak dari Matahari : 149,6 juta km
Diameter : ±12.742 km
Kecepatan rotasi : 1 hari
Kecepatan revolusi : 365 hari
Jumlah satelit :1 (Bulan)
Fakta Unik :
Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru dan diselimuti atmosfer
Planet Mars
Mars
Urutan Planet : Keempat
Jarak dari Matahari : 227 juta km
Diameter : ±6.779 km
Kecepatan rotasi : 1,4 hari
Kecepatan revolusi : 687 hari
Jumlah satelit :2 (Phobos dan Demos)
Fakta Unik :
Mars dijuluki sebagai Planet Merah.Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi
Planet Jupiter
Jupiter
Urutan Planet : Kelima
Jarak dari Matahari : 778,55 juta km
Diameter : ±139.820 km
Kecepatan rotasi : 10 jam
Kecepatan revolusi : 4.332 hari
Jumlah satelit :67
Fakta Unik :
Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. dan merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas.
Planet Saturnus
Saturnus
Urutan Planet : Keenam
Jarak dari Matahari : 1,4 milyar km
Diameter : ±116.463 km
Kecepatan rotasi : 10,7 jam
Kecepatan revolusi : 10.832 hari
Jumlah satelit :56
Fakta Unik :
Saturnus terlihat memiliki cincin yang terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbitnya
Planet Uranus
Uranus
Urutan Planet : Ketujuh
Jarak dari Matahari : 2.870 juta km
Diameter : ±50.724 km
Kecepatan rotasi : 17,2 jam
Kecepatan revolusi : 30.799 hari
Jumlah satelit :27
Fakta Unik :
Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius
Planet Neptunus
Neptunus
Urutan Planet : Kedelapan
Jarak dari Matahari : 4,5 milyar km
Diameter : ±49.530 km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Kecepatan revolusi : 60.190 hari
Jumlah satelit :8
Fakta Unik :
Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari dan terbentuk dari gumpalan gas
 

Materi ajar Kamis 18 September 2025

Hari/Tanggal : Kamis, 18 September 2025 Muatan Pembelajaran :   1. Pendidikan Pancasila (Aku Patuh Aturan 2. Bahasa Indonesia  Metode Penbel...