Materi ajar
Tema 9 : Menjelajah Luar Angkasa
Subtema 2 : Benda Angkasa Luar fan Rahasianya
Pembelajaran : 3
Muatan Pembelajaran :
1. B.Indonesia : Alur Cerita dalam Teks Fiksi
2. IPA : Asteroid, Meteoroid, Meteor, Mteoroit
3. SBdP : Tari Kreasi Daerah
Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan
Rahasianya akan mempelajari tentang menjelaskan dampak modernisasi
terhadap kehidupan masyarakat, menceritakan kembali dengan alur yang
jelas dan mudah untuk dimengerti, dan menelaah dan mengidentifikasi
upaya peingkatan persatuan dan kesatuan dalam kaitannya dengan
pengamalan sila dalam Pancasila.
- Bagaimana manusia mengamati luar angkasa? (Manusia mengamati luar angkasa menggunakan teleskop)
- Tahukah kamu alat apakah ini? (telekop) Untuk apa? (mengamati benda luar angkasa)Mengapa? (Manusia ingin tahu lebih banyak tentang angkasa luar) Siapakah yang menemukanny? (Dalam sejarah, tercatat nama Thomas Digges dan putranya yaitu Leonard yang kemungkinan menjadi penemu teleskop pada 1450) Bagaimana cara menggunakannya?(Caranya adalah dengan mengarahkan teleskop ke benda angkasa yang akan diamati lalu atur lensa agar gambar tampak jelas)
- Bandingkan dengan gambar teleskop Hubble, apa perbedaan antara keduanya. (Orbit Hubble yang tinggi memungkinkan untuk menangkap gambar resolusi sangat tinggi dengan cahaya latar jauh lebih rendah daripada teleskop berbasis darat)
- Bagaimana data dan laporan mengenai luar angkasa bisa diterima dengan cepat oleh manusia?(Hubble menangkap gambar. Setelah diterima oleh teleskop, gambar tersebut akan diubah menjadi kode digital dan dikirimkan ke bumi)
Ayo Berdiskusi
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari
modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari
benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah.
Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda
apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu
menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman
dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan
menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang
menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku
dan pena seperti biasanya.
Bersama dengan teman
sebangkumu, tentukanlah kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu.
Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini
dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang
sama yang digunakan pada masa lalu. Apakah yang dapat kamu simpulkan
dari hasil diskusimu tersebut?
Tenologi Sederhana Masa Lalu | Teknologi Modern |
---|---|
|
|
Modernisasi memang telah memengaruhi gaya hidup masyarakat kita. Bagaimana modernisasi memengaruhi budaya masyarakat kita? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.Kesimpulan : Perkembangan teknologi terjadi karena kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat. Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak
Ayo Membaca
Modernisasi dan Budaya Masyarakat
Salah
satu ciri masyarakat modern adalah sikapnya yang lebih terbuka terhadap
sesuatu yang baru. Keterbukaan ini memberikan kesempatan kepada
masyarakat untuk menguji hal baru tersebut. Jika hal baru tersebut
sesuai dengan norma yang ada, maka hal baru tersebut dapat dengan mudah
diterima. Tetapi jika ada norma masyarakat yang tidak sesuai dengan hal
baru tersebut, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikannya.
Sikap
mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau
ditolaknya suatu perubahan sebagai bagian dari modernisasi. Sikap mental
yang dapat menjadi pendorong modernisasi antara lain adalah rajin,
tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur,
toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk
mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau
menyesuaikannya.
Modernisasi akan memengaruhi
masyarakat yang akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan
dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat digunakan
untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui
inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini
dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke
seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun
dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih masa kini tanpa
meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari budaya tersebut. Misalnya
seperti yang dilakukan pada Jember Fashion Carnaval (JFC) yang
melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan budaya daerahnya dalam
acara lokal yang bertaraf internasional. JFC digagas oleh salah satu
putra asli daerah, Dynand Fariz. Ia telah berhasil membuat mata
masyarakat nasional maupun internasional untuk mengarah ke Kabupaten
Jember. Sebelumnya, Kabupaten Jember hanya dikenal sebagai daerah
penghasil tembakau. Kehidupan agraris masyarakatnya ternyata tidak
menghalangi kreativitas warganya untuk mengembangkan daerahnya sebagai
salah satu kota wisata fesyen di Indonesia. Dynand bercita-cita
menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval tingkat dunia.
Festival
ini dikemas dalam nuansa masa kini tanpa meninggalkan budaya asli
bangsa Indonesia. Festival ini selalu mengusung tema-tema nusantara.
Tema-tema tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang keindahan
dan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Festival ini pun dapat dengan
mudah mengundang para pemuda dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam
kegiatan ini. Perserta karnaval yang sangat beragam, mulai dari pelajar
hingga ibu rumah tangga. Mulai dari petani hingga pegawai kantor, semua
turut serta memeriahkan festival ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk
festivalpun merupakan bahan yang murah dan mudah didapat di daerah
Jember.
Sumber gambar dan tulisan: www.koalisiseni.or.id dengan penyesuaian
Ayo Berdiskusi
Lakukan
kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan.
Membuat Ringkasan Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi
lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling
kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster, atau gambar.
Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
- Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
- Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
- Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik
Tulislah
kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh
modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.
Pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat Indonesia yaitu perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat..
Pengaruh
modernisasi memang nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat
kita tidak dapat menghindar dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang menjadi pendorong terjadinya modernisasi. Berbagai
bukti perkembangan teknologi ada di sekitar kita. Salah satunya adalah
tempat Observatorium Bosscha di Bandung. Pernahkah kamu mengunjunginya?
Simaklah sebuah cerita tentang pengalaman berkunjung ke Bosscha berikut ini.
Ayo Membaca
Berkunjung ke Observatorium Bosscha
Oleh: Diana Karitas
Hari
ini rombongan siswa kelas enam sekolah Rima tiba di lokasi
Observatorium Bosscha. Lokasi observatorium ini berada di Lembang,
Bandung, Jawa Barat. Mereka sangat beruntung karena cuaca cukup cerah.
Biasanya langit mendung dan gerimis sepanjang hari. Maklum, bulan
Oktober biasanya memang musim hujan. Observatorium hanya membuka
kunjungan pada bulan-bulan tertentu, yaitu bulan April hingga Oktober.
Menurut para astronom yang ada di sana, pada bulan-bulan tersebutlah
langit wilayah Indonesia cukup cerah untuk melihat gugusan bintang tanpa
tertutup awan.
“Selamat siang, adik-adik!
Selamat datang di Observatorium Bosscha,” sapa Kak Yani. Kak Yani adalah
seorang mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedang
melakukan penelitian di tempat itu. Wilayah observatorium memang wilayah
penelitian para astronom Indonesia. “Hari ini saya akan memandu kalian
untuk melihat-lihat benda-benda yang ada di sini,ya! Kakak meminta
kalian untuk tidak meninggalkan rombongan selama kegiatan ini. Selain
kelompok kalian, masih ada kelompok lain dari sekolah yang berbeda yang
berkunjung ke tempat ini pada hari ini,” jelas Kak Yani ramah.
Rima
dan teman-temannya mengangguk setuju lalu, mendengarkan semua
penjelasan yang diberikan dengan saksama. Rima dan teman-temannya
mengikuti rombongan dengan tertib. Ia dan teman-temannya mencatat halhal
menarik yang dijelaskan Kak Yani. Rima melihat beberapa teleskop yang
ada di observatorium itu dan mencoba melihat gugusan bintang melalui
salah satu teleskop. Rima berseru penuh kekaguman.
“Indah sekali! Tak kusangka ada bintang sebanyak itu di langit sana!” seru Rima kegirangan. Teman-teman Rima pun sangat senang.
Tiba-tiba
mereka mendengar suara seseorang menangis. Rima dan temantemannya
berhenti dan mencari asal suara itu. Setelah Rima berbicara kepada Kak
Yani tentang suara itu, rombongannya berhenti. Kak Yani menghampiri asal
suara itu. Kelihatannya suara itu berasal dari balik pintu. Kak Yani
membuka pintu itu dan menemukan seorang gadis kecil berseragam sama
dengan Rima, terduduk dan menangis tersedu-sedu.
“Agatha!”
seru Rima. “Mengapa kamu berada di sini? Bukankah seharusnya kamu
mengikuti rombongan Bu Tika?” tanya Rima kepada teman satu sekolahnya.
Agatha memang tidak sekelas dengan Rima, tetapi mereka samasama siswa
kelas enam. Agatha seharusnya ikut rombongan Bu Tika, wali kelas mereka.
“Oh,
Rima. Terima kasih telah menemukanku. Aku pikir aku tidak akan bisa
pulang kembali ke sekolah. Tadi aku pergi ke toilet dulu sebelum
rombonganku berangkat. Karena terburu-buru, aku tidak sempat memberitahu
Bu Tika dan teman-teman lainnya bahwa aku sedang ke toilet. Ketika aku
kembali lagi, mereka sudah tidak ada,” jelasnya sambil tersedu.
“Jangan
khawatir, Agatha. Kak Yani akan mengantarmu kembali ke rombonganmu, ya.
Kak Yani sudah menghubungi pemandu kelompokmu dan memberitahu kalau
kamu berada di sini. Di sini juga aman, kok. Kamu tidak perlu khawatir,”
hibur Kak Yani.
“Terima kasih, Kak Yani. Lain
kali aku harus memberitahu teman yang lain kalau aku sedang meninggalkan
rombongan untuk keperluan tertentu,” kata Agatha masih bersedih.
Rima
mengajak temannya itu ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya
agar Agatha tenang. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang. Dalam
hati, ia bersyukur karena diingatkan oleh peristiwa ini. Bisa saja Rima
melakukan kesalahan yang sama
Ayo Menulis
Berdasarkan
cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir.
Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian
awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu
buat. Gunakan diagram berikut ini.
- Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
- Pengarang : Diana Karitas
- Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
- Bagian tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari rombongan.
- Bagian AKhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur karena diperingatkan peristiwa ini.
B.
Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan
untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah?
Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk
menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya akan seperti di bawah ini :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak membantu masyakat
memecahkan masalahnya. Peluncuran satelit ke luar angkasa telah
dimanfaatkan manusia untuk menyebarkan informasi untuk meningkatkan
persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan rasa cinta tanah air
dan bangsa dengan berbagai cara yang kreatif dan masa kini.
Ayo Membaca
Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan berikut ini dengan saksama.
Tradisi Ngayah di Masyarakat Bali
Kehidupan
masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kebersamaan telah menjadi
norma yang diturunkan dari para nenek moyang. Persatuan dan kesatuan
diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat tradisional
yang tetap terpelihara dan dianggap penting hingga kini. Salah satunya
adalah tradisi ngayah yang dilakukan masyarakat Bali.
Ngayah
berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama.
Tidak hanya pada saat mempersiapkan kegiatan keagamaan, ngayah juga
dilakukan masyarakat dalam kehidupan keseharian. Saling berbincang dan
menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja, merupakan salah
satu kegiatan ngayah yang sering dilakukan.
Ngayah
dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat.
Ngayah juga berarti menyumbang. Tidak hanya menyumbang secara materi,
ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Di
setiap acara keagamaan yang dilakukan bersama-sama, setiap anggota
masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga
untuk menyukseskan acara tersebut.
Sumber bacaan dan gambar: www.bobo.grid.id dengan penyesuaian
Ayo Berdiskusi
Banyak
peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan
bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu
cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang
terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga
bagaimana peristiwa-peritiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam
Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu
bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil
diskusimu di papan tulis.
Beberapa peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam khidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
- Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila pertama adalah saling menghormati antar pemeluk agama..
- Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kedua adalah tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku, bangsa dan agama.
- Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila ketiga adalah memilih menggunakan produk-produk dalam negeri daripada produk impor.
- Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila keempat adalah tidak memaksakan pendapat kepada orang lain
- Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kelima adalah ikut memberikan sumbangan bagi korban bencana alam
Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar