Hari/Tanggal : Jumat, 11 April 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Kondisi perekonomian di Daerahku
Model Pembelajaran : Kooperatif
Metode Penbelajaran : Diskusi,tanya jawab, penugasan
Media Pembelajaran : video/PPT, LKPD, wordwall
Capaian Pembelajaran IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.
- Menjual pakaian
- Mengangkut barang dari pabrik
- Menyimpan barang di gudang
- Membeli gadget
- Menggunakan jasa perbankan untuk mengelola tabungan
- Menggunakan jasa transportasi
- Investasi saham, obligasi, maupun properti
- Melakukan jual beli barang dan jasa di internet melalui e-commerce
- Pertanian:
- Tanaman Pangan: Padi, jagung, ubi kayu. Lampung menjadi salah satu sentra penghasil padi di Indonesia.
- Perkebunan: Kelapa sawit, kopi, karet, kelapa, tebu, kakao, lada. Komoditas perkebunan Lampung menyumbang nilai ekspor yang tinggi.
- Perikanan: Lampung juga memiliki potensi perikanan yang perlu dikembangkan.
- Industri Pengolahan:
- Industri pengolahan hasil pertanian, seperti pengolahan kelapa sawit menjadi CPO, kopi, dan produk kelapa lainnya.
- Contoh Komoditas Unggulan di lampung:
- CPO (Crude Palm Oil): Salah satu komoditas unggulan Lampung yang diekspor.
- Kopi Robusta: Lampung dikenal sebagai penghasil kopi robusta.
- Nanas Kaleng: Lampung juga memproduksi nanas kaleng untuk ekspor.
- Karet: Karet merupakan komoditas perkebunan penting di Lampung.
- Kelapa: Kelapa merupakan salah satu komoditas andalan utama Lampung.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, antara lain:
- Pendidikan
- Pelatihan
- Studi banding
- Pembinaan
Misalnya, dilakukan pelatihan diversifikasi pengolahan ikan bagi nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan.
1. Bagaimana kondisi sumber daya yang dimiliki suatu tempat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan masyarakat?
a. Semakin sedikit sumber daya, semakin mudah pemenuhan kebutuhan
b. Semakin banyak sumber daya, semakin sulit pemenuhan kebutuhan
c. Semakin banyak sumber daya, semakin mudah pemenuhan kebutuhan
d. Sumber daya tidak berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan
2. Apa yang terjadi jika sumber daya alam suatu daerah berlimpah, namun kebutuhan masyarakat setempat sudah terpenuhi?
a. Sumber daya didistribusikan ke daerah lain
b. Sumber daya dijual ke luar negeri
c. Sumber daya disimpan tidak dimanfaatkan
d. Sumber daya tidak digunakan
3. Kapan suatu barang dapat dikategorikan sebagai produk kebanggaan daerah?
a. Ketika harganya murah
b. Ketika diproduksi di luar daerah
c. Ketika memiliki kualitas unggul dan diproduksi di daerah tersebut
d. Ketika terbuat dari bahan impor
4. Bagaimana aktivitas ekonomi dapat memengaruhi kondisi perekonomian suatu daerah?
a. Tidak memiliki pengaruh
b. Meningkatkan kepadatan penduduk
c. Meningkatkan tingkat pendidikan
d. Mempengaruhi pendapatan dan kegiatan ekonomi di daerah tersebut
5. Apa manfaat teknologi dalam konteks perekonomian daerah?
a. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
b. Mempercepat distribusi barang dan jasa
c. Menyediakan sumber daya alam
d. Meningkatkan kemampuan produktivitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar