Hari : Rabu, 23 Oktober 2024
Fase/Kelas : C/5
Muatan Pembelajaran :
- Matematika : Bilangan Pecahan
- Bahasa Indonesia : Ekspresi diri melalui hobi
Media Pembelajaran : Video, Kartu Pecahan,
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?✨🌤️
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Bahasa Indonesia
Setelah itu kita akan memasuki materi baru, Hobi adalah kegemaran yang sering dilakukan untuk kesenangan. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda.
Beberapa contoh hobi adalah membaca, berolahraga, menulis, menggambar, bernyanyi, hingga bermusik.
Melakukan hobi bisa memberi rasa senang dan kebebasan sehingga membantu mengurangi rasa lelah.
Imbuhan Me
Imbuhan me- adalah awalan yang membentuk kata dasar menjadi kata kerja. Imbuhan me dapat berubah-ubah bentuknya sesuai dengan kata dasarnya, yaitu menjadi mem, men, meny, meng, dan menge. Fungsi utama awalan me adalah membentuk kata kerja baik transitif maupun intransitif.
Beberapa makna imbuhan me- adalah sebagai berikut.
a. Melakukan suatu pekerjaan
Contoh: membaca, melukis, menggambar, memasak, menulis
b. Membentuk atau menjadikan sesuatu
Contoh: membeku, mendidih, mengecil
c. Mengerjakan sesuatu dengan alat
Contoh: menggunting, mencangkul, memblender
Salinlah tabel ini pada buku kalian dan lanjutkan mengisinya. Nomor satu pada tabel dibuat sebagai contoh.
Matematika
PENJUMLAHAN PECAHAN
Penjumlahan pecahan biasa dan campuran bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.
PENGURANGAN PECAHAN
Pengurangan pecahan biasa dan campuran, caranya sama seperti penjumlahan yaitu bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.
Ayo Berlatih!
Setelah menyimak video di atas sekarang mari kita mencoba sejauh mana pemahaman materi yang sudah disampaikan
1. kerjakan soal 1-4 berikut dengan benar!
5. Kerjakan no 5-7 berikut!
8. Perhatikan soal berikut!
9. Bacalah soal berikut dengan saksama, lalu kerjakan dengan benar!
.Sebuah taman kota, 4/6 luas tanah ditanami bunga mawar dan 1/6 luas lainnya ditanami bunga melati. Berapa total bagian tanah yang ditanami bunga?
10. Vina mempunyai seutas tali masing-masing panjangnya 2 meter. Kemudian tali itu dipotong sebanyak 1/4 meter. Panjang sisa tali Vina adalah... meter
Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik dapat memhami materi operasi hitung pecahan dengan baik. Namun masih terdapat 4 peserta didik yang masih perlu bimbingan karena mendapat nilai di bawah KKTP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar