Selasa, 22 Oktober 2024

Materi Ajar Rabu, 23 Oktober 2024

Hari : Rabu, 23 Oktober 2024

Fase/Kelas : C/5

Muatan Pembelajaran : 

  1. Matematika : Bilangan Pecahan
  2. Bahasa Indonesia : Ekspresi diri melalui hobi

Media Pembelajaran : Video, Kartu Pecahan,

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih/Sholihah?✨🌤️

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Bahasa Indonesia

Setelah itu kita akan memasuki materi baru, Hobi adalah kegemaran yang sering dilakukan untuk kesenangan. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda.

Beberapa contoh hobi adalah membaca, berolahraga, menulis, menggambar, bernyanyi, hingga bermusik.

Melakukan hobi bisa memberi rasa senang dan kebebasan sehingga membantu mengurangi rasa lelah.

Imbuhan Me

   Imbuhan me- adalah awalan yang membentuk kata dasar menjadi kata kerja. Imbuhan me dapat berubah-ubah bentuknya sesuai dengan kata dasarnya, yaitu menjadi mem, men, meny, meng, dan menge. Fungsi utama awalan me adalah membentuk kata kerja baik transitif maupun intransitif.

Beberapa makna imbuhan me- adalah sebagai berikut.

a. Melakukan suatu pekerjaan

Contoh: membaca, melukis, menggambar, memasak, menulis

b. Membentuk atau menjadikan sesuatu

Contoh: membeku, mendidih, mengecil

c. Mengerjakan sesuatu dengan alat

Contoh: menggunting, mencangkul, memblender

Salinlah tabel ini pada buku kalian dan lanjutkan mengisinya. Nomor satu pada tabel dibuat sebagai contoh.

Matematika

PENJUMLAHAN PECAHAN

 Penjumlahan pecahan biasa dan campuran bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.

PENGURANGAN PECAHAN

 Pengurangan pecahan biasa dan campuran, caranya sama seperti penjumlahan yaitu bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.

Ayo Berlatih!

Setelah menyimak video di atas sekarang mari kita mencoba sejauh mana pemahaman materi yang sudah disampaikan

1. kerjakan soal 1-4 berikut dengan benar!


5. Kerjakan no 5-7 berikut!

8. Perhatikan soal berikut!

9. Bacalah soal berikut dengan saksama, lalu kerjakan dengan benar!

.Sebuah taman kota, 4/6 luas tanah ditanami bunga mawar dan 1/6 luas lainnya ditanami bunga melati. Berapa total bagian tanah yang ditanami bunga?

10. Vina mempunyai seutas tali masing-masing panjangnya 2 meter. Kemudian tali itu dipotong sebanyak 1/4 meter. Panjang sisa tali Vina adalah... meter

Kesimpulan : Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik dapat memhami materi operasi hitung pecahan dengan baik. Namun masih terdapat 4 peserta didik yang masih perlu bimbingan karena mendapat nilai di bawah KKTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

matri ajar jumat 22 november 2024

   Hari/Tanggal                              : jumat, 22   e November 2024 Muatan  Pembelajaran              :   1.  IPAS                   ...